5 Merk HP Terbaik dan Terlaris di Indonesia Tahun 2022 versi IDC

Nasikhun A. 22 Dec 2022 3 Menit 0

International Data Corporation (IDC) merilis merk HP terbaik dan terlaris di Indonesia akhir tahun 2022 (15/11/2022).

Penentuan terbaik dan terlaris tersebut didasarkan pada tiga variabel utama; penjualan, market share (pangsa pasar) dan pertumbuhan tahunan.

Menurut Vanessa Aurelia, market analyst IDC Indonesia, market share HP ultra low-end dan low-end di Indonesia secara keseluruhan menurun, dari 81% di 3Q 2021 menjadi 75% di 3Q 2022 ini.

Sementara itu, Vanessa menambahkan bahwa untuk pangsa pasar ponsel kelas mid-range keadaannya masih stabil. Hal ini karena adanya strategi diskon dan cashback yang ditawarkan.

Pangsa pasar ultra low-end dan low-end sendiri adalah HP dengan kisaran harga 100 – 200 dolar AS (sekitar Rp1.5 – Rp3 jutaan).

Sedangkan mid-range adalah smartphone untuk kelas di 200-400 dolar AS (sekitar Rp3 – Rp6 jutaan).

Lantas, berdasarkan tiga kriteria di atas, mana merk HP terbaik dan terlaris di Indonesia tahun ini? Berikut ulasan selengkapnya.

ADVERTISEMENT

Merk HP Terbaik dan Terlaris di Indonesia Tahun 2022

Tahun ini Samsung masih berada di urutan ke dua. Peringkat satu disabet oleh OPPO. Apa saja faktor yang mempengaruhi?

ADVERTISEMENT

5. realme

realme berada di urutan ke 5 smartphone terbaik dan terlaris di Indonesia. Keberhasilan ini utamanya disokong oleh produk C series dan Narzo seperti realme C30, Realme C33, hingga Narzoi 50i Prime untuk kelas low-end.

Untuk kelas mid-range, realme diselamatkan ole GT Neo3 dan GT2 Pro yang berada di kisaran harga Rp6 jutaan. Jadi bisa lebih unggul daripada merksmartphone lainnya seperti Huawei dan Infinix.

ADVERTISEMENT

4. Xiaomi

Di posisi ke empat diduduki oleh Xiaomi yang berhasil menumbuhkan market share untuk ponsel 5G menjadi 14.9% dibanding 3Q21 yang berada di angka 13%.

Penetrasi 5G ini berhasil berkat sokongan dari ponsel low-end dan mid-range Xiaomi. Mereka yang berperan penting adalah Poco F4, Redmi Note series, Redmi 10 5G dan Mi 12 Lite.

Sementara itu, untuk ultra low-end, Xiami mengandalkan Redmi 10A dan 10C, dan juga versi sebelumnya, yakni 9A dan 9C. Strategi Xiaomi untuk menyasar pasar entry level cukup berhasil.

ADVERTISEMENT

3. vivo

Berada di urutan ke tiga, vivo berhasil meningkatkan pangsa pasar dua kali lipat untuk kelas mid-range menjadi 14.8%. Kunci keberhasilan ini dipengaruhi oleh ponsel barunya Y35 dan V25.

Namun, mereka berdua tidak sendirian. Karena T1 dan V23 juga ikut andil dalam meningkatkan performa pangsa pasar vivo di kelas harga 200-400 dolar AS.

Sementara itu, untuk segmen pasar di atas 400 dolar AS, vivo berhasil meningkatkan penjualan 42.4% tahun ini. Ini didukung oleh versi X80, X80 Pro, dan V25 Pro.

2. Samsung

Posisi ke dua diduduki oleh Samsung, merk asal Korea Selatan yang sedang gencar dengan seri Fold dan Flip ini berhasil meningkatkan penetrasi 5G di level 24.4% dibanding tahun sebelumnya 8.7% saat 3Q21.

Hal ini menjadikan Samsung termasuk salah satu pemain 5G terbaik di Indonesia. Samsung sudah cukup menelurkan seri A untuk misi 5G-nya, yakni melalui Samsung Galaxy A23 hingga A33.

Dari segi market share, segmen low-end meningkat menjadi 64.6% dibanding tahun sebelumnya yang di angka 50.6%. Produk low-end Samsung yang banyak digandrungi adalah Galaxy A13 dan A03.

1. OPPO

Peringkat pertama dipimpin oleh OPPO di 3Q22. Hal ini bukan menjadi kejutan mengingat OPPO sempat mendominasi pasar ponsel di Indonesia di Q2 2022, utamanya didukung oleh A57 di segmen low-end.

OPPO Reno8 5G berhasil mendongkrak segmen mid-range, karena meningkatan penjualan di 3Q22 cukup drastis, yakni di angka 44.1% dibanding tahun sebelumnya 15.5% saat 3Q21.

Dari segi penetrasi 5G, Reno8 5G juga turut mendorong peringkatnya. Karena berhasil naik di angkat 19.1% daripada tahun sebelumnya yang hanya 6.5%.

Mana Merk HP Terbaik Andalanmu?

Bagi kamu yang menggunakan salah satu merk di atas, bisa banget komen di bawah, ya, terkait dengan pendapatmu sebagai user. Nggak ada salahnya sharing, kan?

Jika ada pendapat, masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke meninggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di contact@tonjoo.com.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Gadgetatau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Indonesia’s Smartphone Market Declined 12.4% YoY in 3Q22, IDC Reports – https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP49848422
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *