OPPO Mendominasi Pasar Ponsel Indonesia di Q2 2022, Ungguli Samsung dan Brand Lain

Anisa Juniardi 23 Sep 2022 2 Menit 0

Pintar Tekno – Di tengah lesunya ekonomi pasar smartphone Indonesia, OPPO mendominasi pasar ponsel di Q2 2022. Hal tersebut diketahui usai Firma Analisis IDC (International Data Corporation) mengeluarkan laporan tentang kondisi pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua tahun ini.

IDC adalah sebuah penyedia layanan global berbasis intelijen yang memberikan ruang konsultasi, riset informasi, telekomunikasi, dan pasar teknologi dengan mengampu 1.300 lebih data konsumen dari seluruh negara di dunia.Menurut perwakilan IDC, penurunan minat masyarakat terhadap ponsel flagship disebabkan oleh gesernya tingkat kebutuhan imbas pandemi covid-19 sebelumnya.

“Pada Q2 2022 ini, pemerintah baru saja mencabut pembatasan Covid-19 yang membuat masyarakat ingin kembali ke kampung halaman mereka masing-masing (mudik) untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir.

Sebab, biaya transportasi mengalami kenaikan, sehingga mereka harus mengeluarkan biaya lebih sedikit guna membeli gadget atau barang elektronik dibandingkan tahun sebelumnya”, jelas Vanessa Aurelia, seorang Associate Market Analyst yang bekerja di IDC Indonesia.

Lebih lanjut Vanessa juga mengungkapkan “Kenaikan harga sejumlah barang juga menambah beban pendapatan yang dibelanjakan masyarakat, memaksa mereka harus memprioritaskan kebutuhan utama (primer) terlebih dahulu.”

Pernyataan tersebut tentunya sejalan dengan laporan dari Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker yang mencatat bahwa terjadi penurunan sebesar 10% di Q2 (kuartal kedua) 2022. Nilai tersebut berbanding terbalik dengan kenaikan minat konsumen di kuartal pertama yang meningkat menjadi 9.5 juta unit atau 6.9%.
Kendati demikian, Vanessa Aurelia mengaku kondisi tersebut cenderung wajar dan dianggap masih stabil.

IDC pun mengeluarkan hasil peringkat dari masing-masing brand. Lima teratas yang menguasai pasar HP flagship di Q2 2022 meliputi:

  1. Oppo (20.6%)
  2. Samsung (20.2%)
  3. Vivo (17.8%)
  4. Xiaomi (15.6%)
  5. Realme (12.1%)
  6. Brand lain (13.7%)

Nilai pasar berasal dari kontribusi OPPO yang memuncaki brand teratas karena telah menggeser pesaing lawasnya yakni Samsung dengan mengirimkan 2 juta unit ponsel pada Q2 2022 dan telah mendominasi pangsa pasar sebanyak 20.6%.

Baca Juga

Dalam sebuah kesempatan dirinya juga mengatakan kalau OPPO terus berusaha memperluas jangkauan portofolionya ke kelas menengah yang mampu membeli ponsel di harga 200 hingga 400 USD atau setara 3 hingga 5 jutaan rupiah.

Segmen tersebut menguasai 46.9% dari seluruh pengiriman OPPO pada kuartal kedua 2022 dan terbukti meningkat dari semester kedua tahun lalu yang hanya 18.1%.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Samsung yang mampu menguasai 20.2% pangsa pasar ponsel dengan Galaxy A dan Galaxy M 5G andalannya. Kemudian, di tahta ketiga diduduki oleh kompetitor bawannya yaitu Vivo dengan produk Y21 dan Y15S, serta Y01 sebagai pelengkap segmentasi pasar menggantikan eksistensi Y1S di harga 1.5 juta.

Berikutnya di posisi keempat masih dipertahankan oleh Xiaomi. Dengan membawa Redmi 10A dan Redmi 10C di rentang harga 200 USD atau 3 juta lebih, produsen asal Tiongkok ini masih percaya jika produknya akan terus menjadi pilihan konsumen. Disusul dengan perilisan Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro senilai 600 USD.

Peringkat kelima atau terakhir diisi oleh Realme lewat seri C35 dan C31 juga model lawas yang masih mendapat perhatian masyarakat di kelas menengah ke bawah. Segmentasi pasar Realme berhasil dipertahankan karena minat terhadap keluaran produk lamanya di harga 2 sampai 3 jutaan.

Sementara khusus kelas menengah ke atas menunjukkan ketertarikan mereka pada Realme 9, Narzo 50, GT Neo 3T, dan lainnya di harga 400 – 600 USD (Rp6 – Rp9 juta). Fakta tersebut ditutup oleh Vanessa “Pangsa pasar 5G Realme mengalami peningkatan secara signifikan berkat GT Neo, GT Neo 3T, dan Narzo 50 5G”.

Baca juga berita serta artikel menarik lainnya di Pintarjualan dari Anisa Juniardi. Untuk pertanyaan, komplain, dan hal-hal yang berakitan dengan konten ini, silakan tinggalkan komentar di bawah berikut atau bisa juga mengirim pesan ke operation@tonjoo.id. Artikel ini telah diterbitkan dan diperbarui pada tanggal 23 September 2022

Referensi:

OPPO dominates the Indonesian smartphone market in Q2 2022 – https://www.newslodge.com.ng/oppo-dominates-the-indonesian-smartphone-market-in-q2-2022/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Leave a Reply

Your email address will not be published.