Menguak Fakta Sebenarnya Mengapa Apple Pakai Logo Apel Digigit

Anisa 23 Sep 2022 2 Menit 0

Pintartekno.id – Perusahaan gadget multinasional, Apple dikenal sebagai brand menterang yang kerap menghadirkan terobosan baru cukup sensasional. Termasuk soal makna logo desain pada setiap produknya. Sebenarnya mengapa Apple pakai logo Apel digigit?

Banyak teori yang bertebaran di tengah warganet dunia. Tak sedikit yang menyatakan bahwa dalam logo bergambar apel digigit tersebut menyimpan segudang konspirasi dan makna berbeda.

Sebagai produsen HP, Laptop, dan barang elektronik, Apple selalu lekat dengan unsur kemewahan serta eksklusif. Perusahaan yang berdiri sejak 1976 ini merupakan hasil karya Steve Jobs, Steve Wozniak, serta Ronal Wayne. Ketiganya membawa misi dan visi yang sama, yakni ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap sebuah perangkat, terutama komputer.

Sampai pada tahun 2007, Apple sukses usai merilis iPhone dan menjadikannya sebagai produk unggulan di antara yang lain. Bahkan sejak saat itu, beragam seri pun diperkenalkan ke publik.

iPhone pun akhirnya menjadi terobosan sekaligus pintu pembuka bagi Apple pada masyarakat, khususnya kelas menengah ke atas. Lewat produksi iPhone, logo Apple digigit mulai menjadi topik perbincangan yang menuai teka-teki di tengah masyarakat.

Dalam sebuah pemberitaan, CNN menyebutkan jika desain logo buah digigit tersebut merupakan bentuk penghargaan pada Alan Turing, seorang ahli matematika dari Inggris yang mampu memecahkan sejumlah kode perang Jerman di masa lampau serta meneliti sebuah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Sebagian yang lain menghubungkannya dengan cerita Adam dan Hawa yang memakan buah khuldi. Serta mengkaitkannya dengan Isaac Newton yang menemukan teori gravitasi bumi.

Namun rupanya semua teori dan cocoklogi tersebut dimentahkan oleh fakta yang diungkapkan oleh desainer logo Apple, Rob Janoff pada 2009 lalu melalui wawancaranya bersama CreativeBits. Menurut pengakuannya, Rob Janoff mendesain logo Apple digigit secara sederhana atas permintaan Steve Jobs lewat serangkaian outline atau gambar mentahan.

Baca Juga

Mengutip dari Majalah Forbes, fakta Apple pakai logo apel digigit mulai tersibak usai Rob Janoff melakukan wawancara mendalam dengan Will Burns dari Fiverr. Burns bertanya tentang rumor yang beredar mengenai gigitan yang terdapat pada logo Apple.

“Ya, cerita yang lucu. Bentuk buah apel itu sendiri sebenarnya tidak ada kaitannya dengan komputer. Hal ini untuk membuktikan pada masyarakat bahwa perangkat komputer Apple bukanlah sekadar potongan logam keras yang tidak ada artinya di rumah Anda dan membuat anak-anak Anda enggan berada di dekatnya. Banyak sekali bentuk buah yang berbeda tetapi memiliki batang, berwujud bulat disertai daun yang menjuntai di sekitarnya. Sehingga sedikit gigitan di logo Apple menunjukkan bahwa buah tersebut memang apel dan bukan yang lain. Juga dalam sebuah metamorfosis, gigitan tersebut mempresentasikan adanya keinginan menggigit atau penyerapan ilmu pengetahuan yang akan diperoleh oleh pengguna lewat komputer ini”, jelas Rob Janoff .

Desainer ini pun juga menambahkan jika Steve Jobs tidak menuntutnya agar membuat logo yang terlalu sulit. Terpenting, logo tersebut tidak menggambarkan sebuah ikon yang tampak menggemaskan dan cenderung membuat brand komputer seperti lelucon.

Namun Rob Janoff sadar kalau dirinya tetap harus memberikan yang terbaik, sehingga American Graphic Designer ini berpikir untuk membuat logo di komputer dengan sepotong buah. Kemudian, muncullah ide berbentuk apel digigit tersebut.

Steve Jobs pun meminta Rob Janoff agar menambahkan gigitan pada buah apel yang dibuatnya agar publik tidak melihatnya sebagai buah ceri. Usai banyak ide yang bermunculan, Rob Janoff menyadari sesuatu.

“Coba tebak, Rob. Anda baru saja merancang sesuatu yang tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Kata ‘byte’ berasal dari bahasa komputer dan Anda memberinya gigitan (bite).” Ungkap Apple’s Creative director yang dikutip dari Majalah Forbes, 2018.

Baca juga berita serta artikel menarik lainnya di Pintarjualan dari Anisa Juniardi. Untuk pertanyaan, komplain, dan hal-hal yang berakitan dengan konten ini, silakan tinggalkan komentar di bawah berikut atau bisa juga mengirim pesan ke operation@tonjoo.id. Artikel ini telah diterbitkan dan diperbarui pada tanggal 23 September 2022.

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *