Microsoft 365 Gantikan Ms. Office, Hadirkan Integrasi Cloud Computing!

Hanif 11 Jan 2024 3 Menit 0

Microsoft berencana untuk secara penuh me-rebrand Microsoft Office menjadi Microsoft 365. Setelah lama mengeluarkan brand Microsoft 365, perusahaan raksasa software ini berencana untuk memperbarui nama paket bundle software-nya.

Perusahaan yang juga mengembangkan Sistem Operasi Windows ini akan merombak total brand yang sudah digunakan sejak 2 dekade.

Sebelumnya, dua tahun lalu Microsoft menamai ulang Office 365 menjadi Microsoft 365, sementara Microsoft Office kini menjadi nama perusahaan.

ADVERTISEMENT

Microsoft Office akan Direbrand Menjadi Microsoft 365

Microsoft 365 adalah platform produktivitas dan pengolahan dokumen yang termasuk Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Teams, Outlook, dan masih banyak lagi. Dengan rebranding ini, Microsoft akan memperkenalkan ikon baru, tampilan baru, dan beberapa fitur baru.

Pengguna bisa memulai dengan versi web dan mobile secara gratis. Tetapi untuk mengakses aplikasi Microsoft 365 dan fitur premiumnya, maka pengguna harus berlangganan.

Hal ini secara resmi dibagikan di FAQ website resmi Microsoft pada bagian “Apa yang berubah?”.

Setelah beberapa tahun terakhir, Microsoft 365 telah berevolusi menjadi produk unggulan untuk produktivitas, sehingga kamu membuat pengalaman baru untuk mendapatkan yang terbaik dari Microsoft 365.

Dalam beberapa bulan ke depan, Office.com, Office mobile app, dan Office App untuk Windows akan menjadi Microsoft 365 app, dengan ikon baru, tampilan baru, dan bahkan beberapa fitur baru.

ADVERTISEMENT

Kapan Update akan Berlangsung?

Perubahan ini akan diterapkan pada semua yang menggunakan Microsoft Office untuk sekolah, bekerja, dan penggunaan personal. Perubahan ini sudah mulai diterapkan pada November 2022. Sementara untuk Office App Windows dan Office App Android dan iOS sudah diterapkan pada January 2023.

Menurut Microsoft, tidak akan ada perubahan pada akun, profil, pengguna yang berlangganan, maupun files pengguna. Ketika update tersebut dirilis, Microsoft Office App akan secara otomatis memperbarui dengan nama baru dan ikon baru.

Microsoft Office tidak akan sepenuhnya hilang. Perusahaan ini masih akan melanjutkan “one-time purchases” kepada pelanggan melalui Office 2021 dan Office LTSC.

Pelangganan yang sudah berlangganan Office 365 plan juga tidak ada perubahan. Setelah rebranding ini, Microsoft Office akan menjadi warisan. Semua fitur barunya akan diperkenalkan ke Microsoft 365, alih-alih ke Microsoft Office.

ADVERTISEMENT

Apa itu Microsoft 365

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Microsoft 365 adalah platform produktivitas dan pengolahan dokumen secara cloud yang termasuk apps seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, One Drive, Team, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa memulai dari App gratis dan versi web atau upgrade ke premium plan untuk mengakses lebih banyak aplikasi, storage, dan fitur premium.

ADVERTISEMENT

Apa Perbedaan Microsoft 365 dengan Microsoft Office?

Salah satu perbedaan utama antara Microsoft 365 dengan Microsoft Office adalah fitur cloud yang digunakan. Kedua aplikasi memang bisa terhubung ke Microsoft OneDrive. Tetapi, Office 2019 tidak memiliki storge space di OneDrive.

Selain itu, pengguna Office juga tidak mendapatkan akses ke versi web dari Microsoft 365. Jadi, Office hanya bisa digunakan melalui aplikasi.

Lalu, Microsoft Office 2019 juga tidak menyertakan seluruh Software Microsoft Office, melainkan hanya beberapa software inti saja, seperti Word, Excel, PowerPoint, Access, One Note, dan Skype. Sementara Microsoft 365 menyertakan semua aplikasi Microsoft yang terbaru, seperti Microsoft Teams, Editor, dan Money in Excel.

Namun, mengingat Microsoft Office akan mendapatkan update ke 365, Microsoft akan berhenti menyediakan Microsoft Office dan pengguna akan diarahkan untuk menggunakan Microsoft 365.

Namun tidak perlu khawatir, bagi yang sebelumnya sudah berlangganan paket bisnis dari Microsoft Office 365, paket secara otomatis diupdate ke Microsoft 365. Paket yang tersedia tetap sama dan hanya nama paket yang diperbarui.

Apakah Bisa Mengakses File Meskipun Offline?

File yang sebelumnya sudah dibuka bisa diakses Microsoft 365 meskipun Offline. bahkan, Perubahan yang dibuat ketika offline akan secara otomatis diupdate ke cloud.

Jadi, tidak perlu khawatir, pengguna Microsoft 365 masih memiliki akses terhadap file meskipun offline. Ketika online, secara otomatis perubahan akan disimpan.

Dimana Bisa Mendapatkan Microsoft 365?

Untuk merasakan pengalaman dengan Microsoft 365, bisa mencoba versi web di website resmi nya, Versi online nya bisa dibuka di Microsoft Office Online Gratis | Word, Excel, PowerPoint.

Selain itu, bisa juga aplikasinya di Apple App Store, Google Play, maupun Microsoft Store. Ada berbagai pilihan paket yang bisa digunakan, mulai dari personal, family, bisnis, dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menggunakan pembaruan dari Microsoft ini? Fitur Cloud nya tentu akan sangat memudahkan penggunanya untuk bekerja kapan pun dan dimanapun.

Berkolaborasi dengan team pun juga jadi lebih mudah.

Jika ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke email kami di contact@tonjoo.com atau meninggalkan pesan di kolom komentar.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Aplikasi atau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id


Artikel ini telah diupdate pada tanggal 11 Januari 2024

Sumber:

  • Microsoft 365, Sebelumnya Office 365 – https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365
  • Microsoft 365 FAQ – https://www.microsoft.com/en/microsoft-365/business/compare-all-microsoft-365-business-products
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *