Mirip Twitter, Intip Cara Pakai Fitur Notes Instagram yang Baru Saja Dirilis Meta!

Anisa 14 Dec 2022 2 Menit 0

Pintartekno.id – Lewat media sosial resminya, hari Selasa (13/12/2022) Meta pun akhirnya mengumumkan telah merilis fitur Notes Instagram yang dapat digunakan pengguna untuk membagikan kutipan, status, dan emoji sekaligus.

Notes adalah sebuah fitur di dalam halaman DM yang memungkinkan pengguna untuk membuat catatan-catatan pendek melalui Instagram dan dibagikan pada followers yang saling mengikuti satu sama lain serta daftar close friend saja.

“Selama tahap pengujian, kami belajar bahwa masyarakat menyukai sesuatu yang ringan, mencari cara yang mudah untuk membagikan apa yang sedang mereka pikirkan dan mulai membicarakannya. Mulai dari menanyakan berbagai rekomendasi hingga berbagi tentang apa yang sedang mereka lakukan, fitur Notes diharapkan mampu menyuguhkan cara yang santai serta spontan untuk mengekspresikan diri mereka masing-masing dan terhubung dengan satu sama lain,” tulis perwakilan pihak Meta.

Walaupun namanya “Notes” yang berarti catatan, fitur ini agaknya terbatas karena pengguna hanya dapat menuliskan maksimal 60 karakter seperti fitur Tweet milik Twitter.

Uniknya lagi, fitur Notes di Instagram tidak muncul pada deretan Story pengguna, melainkan di posisi teratas dalam kolom DM, sehingga jika ingin melihat notes milik orang lain, pengguna harus membuka fitur pesan instant terlebih dahulu.

Sebaliknya, ketika ada pengguna lain yang membalas Notes tersebut, maka jawaban akan secara otomatis masuk ke dalam chat atau DM seperti ketika mereka membalas Story IG.

tutorial pakai fitur notes instagram

source: about.fb.com

Lalu apa yang membedakan dengan cuitan di Twitter? Fitur Notes ini sama persis dengan ketentuan Story, yakni dalam 24 jam akan hilang, akan tetapi pengguna hanya bisa memperbarui atau menambahkan catatan satu kali dalam sehari. Tidak bisa menambahkan beberapa catatan sekaligus seperti IG Story maupun WhatsApp Story.

Jika ingin update Notes yang terbaru, pengguna dapat mengklik Tinggalkan Catatan Baru tanpa harus menghapus Notes sebelumnya. Oleh karena itu, Notes yang sebelumnya pun akan otomatis hilang atau terhapus sendiri dan digantikan oleh yang baru.

Selain itu, balasan dari Notes juga termasuk privasi karena hanya dapat diakses antar pengguna saja, tidak ada pengaturan publik seperti halnya Twitter yang kini dinahkodai oleh Elon Musk.

Bagi pengguna yang ingin memeriahkan fitur Notes Instagram dapat mengikuti tutorialnya berikut ini!

  1. Buka aplikasi Instagram dan buka DM
  2. Fitur Notes akan langsung muncul di bawah kolom Cari dan kamu bisa mengkliknya langsung
  3. Ketika catatan pada kolom Bagikan apa yang Anda pikirkan
  4. Pilih Bagikan dengan seluruh followers atau teman dekat saja
  5. Terakhir, klik Bagikan yang ada di layar pojok kanan bagian atas dan catatan pun akan muncul di kolom DM milik pengguna lain

Bukan hanya Notes di Instagram, Meta juga terpantau telah menambahkan fitur Avatar di aplikasi WhatsApp Messenger. Pengguna yang ingin membuat avatar 3D seperti di Instagram dapat mengaksesnya melalui menu Pengaturan.

bagaimana cara menggunakan fitur notes Instagram

source: about.fb.com

Setelah ini, Meta juga berencana akan menambah fitur Profil Grup agar pengguna dapat menciptakan sebuah kelompok atau keanggotaan tanpa harus membuatnya secara manual melalui DM.

Pengguna Instagram juga akan dimanjakan oleh fitur Candid Story yang dapat dipakai untuk membagikan momen-momen secara real time. Fitur-fitur tersebut juga kabarnya masih dalam tahap uji coba dan hampir saja rampung. Wah, menarik ya!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintartekno on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintartekno.id seputar media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • New Sharing Features on Instagram: Notes, Group Profiles and More – https://about.fb.com/news/2022/12/sharing-features-on-instagram-notes-group-profiles-and-more/
  • Instagram Debuts Group Profiles, Twitter-Like ‘Notes’ Feature for Sharing Text and Emojis – https://www.macrumors.com/2022/12/13/instagram-group-profiles-notes/
  • Instagram now supports text updates with launch of Notes, adds other new sharing features – https://techcrunch.com/2022/12/13/instagram-now-supports-text-updates-with-launch-of-notes-adds-other-new-sharing-features/
Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.