Cara Membersihkan VGA, Bersih Luar Dalam Performa Optimal

Hanif 21 Dec 2023 4 Menit 0

Graphics card atau kerap dissebut juga VGA ini adalah komponen vital, karenanya pemiliki PC perlu emngetahui bagaimana cara membersihkan VGA.

Heatsink VGA yang tertumpuk debu bisa menghambat pelepasan panas. Tentunya ini akan menghambat performa yang bisa dikeluarkannya.

Karenanya, VGA perlu dibersihkan secara rutin untuk menjaganya dari tumpukan debu yang membandel.

Sebenarnya masing-msaing VGA memiliki bentuk yang berbeda, namun secara umum cara membukanya mirip-mirip. Terutama untuk seri NVIDIA GTX 4000 series, membukanya perlu hati hati.

ADVERTISEMENT

Mengapa VGA Perlu Dibersihkan?

Membersihkan VGA (Video Graphics Array) atau kartu grafis merupakan langkah penting dalam pemeliharaan komputer. Sama seperti motherboard, VGA juga perlu dibersihkan secara rutin.

Debu yang menumpuk pada heatsink VGA tidak hanya mengurangi kemampuan heatsink untuk melepas panas, tetapi juga dapat menyebabkan overheating pada kartu grafis. Overheating ini, jika tidak ditangani, dapat menyebabkan penurunan kinerja grafis, bahkan kerusakan permanen pada komponen.

cara membersihkan vga

Debu yang menumpuk pada heatsink bisa mengurangi kemampuannya untuk melepas panas. Sementara debu yang menumpuk pada kipas bisa mengurangi efektiftasnya.

Dengan rutin membersihkan VGA, kita dapat menjaga kartu grafis bekerja pada performa optimalnya. Pembersihan ini mencakup penghilangan debu pada heatsink dan kipas, serta memastikan bahwa tidak ada hambatan aliran udara yang bisa menghambat proses pendinginan.

Jadi, mungkin PC Anda belum tentu membutuhkan upgrade GPU, siapa tahu hanya perlu dibersihkan saja.

ADVERTISEMENT

Peralatan yang Diperlukan untuk Membersihkan VGA

Sebelum mulai membersihkan GPU, siapkan peralatan berikut

  • obeng
  • kuas atau sikat halus
  • lap
  • Isopropil alkohol
  • Cotton bud
  • Kompresor, vacuum, atau kaleng udara bertekanan
  • Sarung tangan anti static
  • Thermal paste baru (jika membongkar heatsink GPU)
cara membersihkan vga

Pabrikan anda memiliki mata obeng yang sesuai untuk baut/skrup graphics card. Pabrikan, umumnya jenis yang digunakan adalah phillips head, namun ada juga yang menggunakan Torx atau Allen (hexagon).

Isopropil Alkohol 90% dianjurkan karena kemampuannya untuk mengangkat kotoran tanpa bekas dan laju penguapannya yang tinggi, sehingga tidak ada bekas air tersisa, menjadikannya sebagai cairan terbaik untuk membersihkan peralatan elektronik.

Jangan lupa untuk menyiapkan thermal paste baru jika berencana untuk membonkar hingga heatsinknya terlepas. Setelah heatsink terlepas, thermal paste lama perlu dibersihkan dan kemudian dibubuhkan themrmal paste baru.

ADVERTISEMENT

Langkah Membersihkan VGA

Setelah berbagai alat untuk membersihkan VGA dipersiapkan, Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Pastikan komputer sudah dalam keadaan tidak menyala dan tidak terhubung ke sumber listrik sebelum membongkar pc
  2. Buka casing PC dan lepaskan graphics card dari motherboard
    Perhatian: pastikan kartu grafis sudah dilepas dari pengunci dan pin power (jika ada)
  3. Jika membutuhkan akses untuk membersihkan sisi dalam, lepas heatsink/plate dari motherboard
    Perhatian:
    – kendurkan baut heatsink GPU dengan pola menyilang secara perlahan
    – lakukan pasta ulang jika membuka heatsink chip gpu.
  4. Berishkan debu yang menempel,
    Gunakan isopropil alcohol untuk debu yang membandel
  5. Setelah bersih, rangkai kembali seperti semula.
cara membersihkan vga

Mungkin terdengar sederhana, tapi jika Anda ingin membersihkannya luar dalam hingga seperti baru, proses ini bisa membutuhkan waktu seharian.

Terutama jika Anda juga membersihkan bagian heatsinknya. Membersihkan heatsink kartu grafis membutuhkan usaha yang lebih karena banyak nya lipatan dan celah sempit.

Oh iya, jangan sampai lupa untuk menempelkan kembari thermal pad ke memory VRAM sebelum kembali merakit kartu grafis kesayanganmu!

ADVERTISEMENT

Tips Membersihkan Graphics Card

Agar proses membersihkan kartu grafis bisa berjalan dengan baik,ada beberapa tips membersihkan VGA yang bisa Anda perhatikan.

  • Lepaskan diri Anda dari listrik statis dengan menyentuh permukaan logam, seperti casing komputer.
  • Gunakan kain yang lembut dan bebas serat
  • Hindari penggunaan aliran udara yang kuat, seperti kompresor udara, karena dapat merusak komponen PCB atau bilah kipas.
  • Berhati-hatilah saat membuka kartu untuk menghindari sobeknya thermal pad.
    Gunakan kesempatan ini untuk melakukan repasta pada chip graphics card
  • Jika tidak memiliki pengganti thermal pad, cukup berishkan debu yang menempel pada sisi thermal pad VRAM
  • Jangan lupa untuk mengembalikan thermal pad pada pada proses perakitan ulang

Tidak kalah penting, pastikan untuk mengendurkan baut dengan perlahan dan hati-hati dengan pola menyilang.

Saat melakukan perawatan atau perbaikan pada perangkat elektronik, seperti komputer, mengendurkan baut merupakan langkah yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan metodis, terutama menggunakan teknik menyilang.

cara membersihkan vga

Ini berarti, ketika Anda menghadapi beberapa baut, mulailah mengendurkan satu baut, kemudian lanjutkan ke baut yang berseberangan, bukan yang berdekatan, untuk memastikan bahwa tekanan dan stres pada komponen disebar secara merata.

Penting untuk menggunakan obeng yang sesuai dengan ukuran dan jenis kepala baut untuk mencegah kerusakan pada baut. Proses ini harus dilakukan secara perlahan dan sabar, tanpa terburu-buru atau menggunakan kekuatan berlebih, agar tidak merusak ulir baut atau komponen perangkat.

Selain itu, catat posisi dan urutan baut saat melepasnya untuk memudahkan proses pemasangan kembali. Periksa kondisi baut selama proses ini; ganti baut yang aus atau rusak untuk menjaga keamanan dan integritas perangkat.

Dengan demikian, penggunaan teknik menyilang dan kehati-hatian dalam mengendurkan baut akan meminimalisir risiko kerusakan dan memastikan perawatan yang tepat terhadap perangkat elektronik Anda.

Terakhir, jika mengalami error grafis lakukan refresh VGA di Windows. Dengan langkah di atas, VGA bisa bersih dan berjalan dengan lancar.

FAQ

Langkah langkah perawatan VGA Card?

Untuk pembersihan maksimal, lepaskan VGA dari motherboard dengan hati-hati, kemudian lepaskan juga plate & heatsink untuk dibersihkan. Berikan pasta baru & rakit ulang.

Bagaimana cara merawat VGA?

VGA bisa dirawat dengan pembersihan debu dan pasta ulang. Proses ini memungkinkan pembuangan panas berjalan baik,
sehingga VGA bisa kembali beroperasi dengan optimal.

Bisakah 70% isopropil alkohol digunakan untuk membersihkan VGA?

Isopropil alkohol 70% bisa digunakan untuk membersihkan VGA. Pastikan bahwa VGA sudah dilepas dari sumber lsitrik dan sudah kering sebelum dipasang ulang.

Apakah VGA harus diberishkan?

Ketika debu yang menumpuk sudah terlalu tebal hingga mengganggu kinerja pelepasan panas dari heatsink dan menganggu aliran udara kipas, maka VGA harus dibersihkan.

Bisakah membersihkan kartu grafis dengan air?

Membersihkan dengan air mungkin dilakukan dengan syarat VGA sudah tidak mengandung listrik dan sudah dikeringkan hingga benar-benar kering sebelum dipasang ulang.

Akhir Kata

Sebagai penutup, membersihkan VGA PC merupakan langkah vital untuk memastikan kinerja grafis yang optimal dan menjaga kesehatan perangkat Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pastikan PC sudah dimatikan dan terlepas dari sumber listrik sebelum memulai, dan gunakan alat yang sesuai untuk menghindari kerusakan pada komponen sensitif VGA.

Jika Anda ragu atau belum berpengalaman, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari teknisi profesional.

Dengan perawatan yang benar dan rutin, VGA PC Anda akan beroperasi secara efisien dan memiliki umur yang lebih panjang.

Selalu utamakan kehati-hatian dan kecermatan dalam setiap langkah pemeliharaan hardware komputer Anda.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan di kolom komentar. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintartekno.id seputar PC&Laptop, Hardware, atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silahkan hubungi kami via admin@pintartekno.id


Referensi

  • Things to Consider Before Upgrading Your Graphics Card – https://techinspection.net/know-before-upgrading-graphics-card/
  • What To Do When Installing A New GPU – https://robots.net/tech/what-to-do-when-installing-a-new-gpu/
  • How To CORRECTLY Deep-Clean Your Graphics Card – https://www.youtube.com/watch?v=DujnvdhGphk&t=174s
  • Deep cleaning a GPU – Complete Teardown! – https://www.youtube.com/watch?v=4JMBfdbOcB8&t=151s
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *