Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), Laptop Pelajar Harga Wajar

Tim Tonjoo Media 23 Dec 2023 3 Menit 0

Vivobook Go 14 (E1404F) adalah laptop yang pas untuk pelajar karena desainnya ringan sehingga cocok bagi Anda dengan mobilitas tinggi. Selain itu, dengan performanya yang dapat diandalkan, harganya pun cukup terjangkau. Laptop harga Rp 6 jutaan ini juga memiliki spesifikasi yang unggul dikelasnya.

ADVERTISEMENT

Review ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)

Laptop untuk pelajar ini memiliki beberapa keunggulan, yakni seperti desainnya yang kompak (compact), baterai tahan lama, layar full HD, dan adanya fitur keamanan ganda. Dengan perpaduan prosesor terbaru dan kapasitas memori yang besar, menjadikan laptop ini mampu bekerja multitasking dengan lancar. Jika Anda penasaran seperti apa spesifikasi lengkapnya, simak review Vivobook Go 14 di bawah ini :

ADVERTISEMENT

1. Desain Ringan

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Laptop dari ASUS ini memiliki desain yang simple namun tetap terlihat modern. Bobotnya pun ringan dan ringkas dikelasnya, yakni hanya 1,3 kg saja dengan tebal 17,9 mm.

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Meskipun ringan, namun laptop ini sangat kokoh karena telah lolos uji ketahanan militer Amerika Serikat dan mengantongi sertifikasi MIL-STD 810H. Dengan memiliki sertifikasi tersebut, maka laptop ini telah berhasil melewati berbagai pengujian ketat, termasuk uji tekanan, temperature, retensi terhadap benturan, dan juga kelembaban.

Dimensinya yang ringan juga memudahkan laptop ini dimasukkan ke dalam tas dan dibawa kemana-mana. Laptop ini juga dilengkapi dengan desain clamshell sehingga memiliki engsel yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan sudut pandang layar.

Keyboard yang digunakan pada laptop ini dibekali dengan fitur keyboard ASUS ErgoSense sehingga dapat mengurangi kelelahan pada jari dan mampu meningkatkan produktivitas. Fitur pada keyboard lainnya adalah Backlit Keyboard yang dapat menghindari typo meskipun Anda mengetik dalam pencahayaan yang redup.

ADVERTISEMENT

2. Port dan Koneksi Lengkap

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Laptop ini memiliki berbagai port yang memudahkan Anda dalam mengkoneksikan dengan perangkat lain, yakni

  • USB 2.0
  • USB-C 3.2 Gen 1
  • USB-A 3.2 Gen 1
  • HDMI
  • 3.5 mm audio combo jack
  • DC-IN
Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Untuk koneksi internet yang lebih cepat, laptop ASUS ini dilengkapi dengan WiFi 6E dan Bluetooth 5

ADVERTISEMENT

3. Layar Jernih

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

ASUS Vivobook Go 14 ini memiliki layar dengan ukuran 14 inci dengan panel TN sehingga hemat daya. Kelebihan lainnya dari laptop ini adalah resolusi layarnya sudah full HD, yakni 1920 x 1080 pixel dengan kecerahan 250 nits yang terbilang jarang ditemui pada laptop dikelasnya.

Dengan dibekali dengan layar full HD, maka tidak heran jika laptop ini memiliki layar yang jernih dan tajam. Anda juga bisa melihat tampilan visual dengan lebih detail dan imersif.

Tidak sampai disitu, laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi Nano Edge Bezel sehingga bezel layar bisa sangat tipis dan membuat tampilan laptop menjadi lebih elegan. Ad juga fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TUV Rheinland yang mampu meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata Anda.

4. Performa Tangguh

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 3 7320U sehingga laptop ini hemat daya dan efisien. Performanya juga baik karena dipadukan dengan RAM LPDDR5 8GB sehingga cocok digunakan untuk komputasi harian maupun kegiatan multitasking lainnya.

Selain itu, laptop dari ASUS ini juga dibekali dengan kartu grafis terintegrasi Radeon 610 M dengan TGP 15 W dan frekuensi dasar 1500 MHz serta frekuensi maksimal 1900 MHz. Itulah mengapa laptop ini memiliki performa yang cukup baik untuk menjalankan berbagai aplikasi grafis ringan maupun untuk bermain game casual.

Soal kecepatan, laptop ini memiliki penyimpanan 256 GB dengan tipe SSD M2 NVMe PCle 3.0 sehingga kecepatannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD. Dengan begitu, laptop ini mampu membuka aplikasi dan booting lebih cepat.

5. Baterai Awet

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Kapasitas baterai laptop ini adalah 42 Wh dengan tipe Li-Ion sehingga daya tahannya cukup lama. Apalagi ditambah dengan prosesor dan juga layar yang juga hemat daya. Baterai pada laptop ini mendukung fitur fast charging sehingga mampu mengisi daya dari 0% ke 60% hanya dalam waktu 49 menit.

Menurut pengujian, laptop ini bisa bertahan hingga 8 jam jika Anda gunakan untuk browsing dan 7 jam untuk kegiatan mengetik. Sementara untuk menonton video, laptop ini awet hingga 6 jam.

6. Tersedia Fitur Keamanan

Review ASUS Vivobook Go 14
gambar oleh asus.com

Keunggulan dari laptop ini adalah adanya fitur keamanan biometrik dengan pengenalan sidik jari yang terletak di touchpad. Dengan adanya fitur ini, Anda kan lebih mudah membuka kunci laptop tanpa perlu memasukkan password.

Fitur ini juga terintegrasi dengan Windows Hello sehingga bisa Anda gunakan untuk login ke akun Microsoft dan aplikasi pendukung lainnya. Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah Privacy Shield pada bagian atas layar yang memastikan kamera tidak aktif ketika Anda sedang belajar online atau video call.

Itulah ulasan yang menarik tentang spesifikasi ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Namun, jika Anda mencari laptop yang pas untuk pelajar dengan spesifikasi lengkap, performa yang baik, desain yang kompak dengan harga yang terjangkau, laptop ini adalah jawabannya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *