9 Merk VGA Terbaik NVIDIA Maupun AMD, Rekomendasi untuk Editing Hingga Game

Hanif 13 Jan 2023 5 Menit 0

Ketika membangun sebuah PC, VGA (Visual Graphics Array) menjadi salah satu pertimbangan. Ada beberapa merk VGA terbaik yang beredar di pasaran untuk di pilih.

Perangkat ini juga kepar disebut GPU (Graphics Processing Unit). Meski sebenarnya istilah tersebut merujuk pada chip yang digunakannya. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk Graphics Card, alias kartu grafis.

Sebelum membeli VGA, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, misalnya masa garansi, desain dan ketahanan. Ada juga yang mencari VGA dengan performa dan kemampuan pendinginan yang lebih baik. Dengan mengetahui hal tersebut, VGA yang cocok untuk kamu gunakan bisa dipilih.

Rekomendasi di bawah ini bisa menjadi patokan ketika mencari merk VGA terbaik untuk mining, gaming, desain, maupun edit video.

Apa saja Merk kartu grafis terbaik untuk GPU NVIDIA maupun AMD? ikuti terus artikel ini:)

ADVERTISEMENT

1 Asus – Jaringan Authorized Service yang Luas

merk vga terbaik - asus rog strix

Sering melihat brand ini di toko komputer, kan?

Asus adalah salah satu produsen perangkat keras terbesar dan paling dikenal dalam daftar ini. Selain kartu grafis, perusahaan Taiwan ini juga membuat laptop, monitor, motherboard, smartphone, serta berbagai perangkat keras komputer dan aksesoris lainnya.

Ketika bicara VGA terbaik, Asus paling dikenal dengan merek Republic of Gamers-nya. Kartu grafis Asus ROG Strix dikenal karena pendinginannya yang efisien, desain yang agresif dan penuh RGB, serta harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan kompetisinya.

Tentu saja, mereka juga memiliki beberapa seri lain yang fokus pada solusi yang lebih terjangkau, seperti seri Turbo yang dilengkapi blower tambahan dan seri Dual dan TUF yang lebih sederhana dan hemat biaya.

Jadi, pada dasarnya, Asus adalah produsen yang multifungsi yang dapat memenuhi kebutuhan baik gamer yang mengutamakan performa maupun gamer rata-rata, meskipun model ROG Strix-nya mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan beberapa model kompetitor.

Dan yang membuat Asus unggul adalah jaringan service yang relatif mudah ditemui di Indonesia. Dengan begitu, ketika klaim garansi maupun menemukan produknya, merk Asus lebih mudah didapatkan.

ADVERTISEMENT

2. MSI – Value Terbaik

merk vga terbaik - MSI gaming z trio

Meski tidak sepopuler Asus, namun MSI juga memiliki tempat di kalangan PC builders.

MSI adalah produsen perangkat keras yang populer lainnya yang berbasis di Taiwan. Perusahaan ini juga menjual laptop, motherboard, monitor, perangkat keras lainnya.

Tidak hanya laptop gaming MSI yang memiliki kualitas unggulan, kartu grafis dari brand dengan logo tameng merah ini juga menawarkan berbagai varian mulai dari solusi hemat biaya hingga yang high-end. Jadi, tidak diragukan lagi brand ini menarik perhatian banyak penggemar.

Lineup kartu grafis MSI yang paling populer adalah seri Gaming X yang saat ini memiliki desain eksterior yang sangat ramping dan bagus, serta pendinginan yang efisien dan senyap.

Pabrikan berlogo naga merah ini juga memiliki pilihan kartu yang lebih terjangkau yang akan menarik bagi mereka yang tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan pada kartu grafis.

yang membuat MSI unggul adalah value to performance nya. Jadi, bagi kalian yang mencari kartu grafis dengan harga terbaik, MSI bisa jadi pilihan.

ADVERTISEMENT

3. Gigabyte – VGA dengan Desain Sederhana

merk vga terbaik - Gigabyte Eagle

Ketika pertama kali mendengar brand ini, PC builders pasti tahu kalau Gigabyte merupakan produsen motherboard termana. Tapi sebenarnya brand ini juga merupakan salah satu produsen kartu grafis di dunia yang paling dominan.

Secara umum, Gigabyte berusaha menawarkan nilai yang lebih baik dengan kartu mereka, setidaknya di rentang harga rendah dan menengah. Meskipun mereka tidak memiliki pendinginan yang spektakuler, harga yang lebih terjangkau menjadi daya tarik bagi gamer dengan anggaran terbatas.

Sementara di seri high-end nya, brand Aorus Gigabyte juga tidak kalah keren ketika bicara soal desain. Kartu grafis Gigabyte Aorus dirancang dengan shroud yang besar dan sudut-sudut dan pencahayaan RGB pesaing sengit dari produk Asus ROG.

ADVERTISEMENT

4. ASROCK – Alternatif VGA dengan Nilai Harga yang Baik

merk vga terbaik - asrock challenger amd radeon rx 6700 xt

Mirip seperti Gigabyte, Asrock sebenarnya lebih terkenal sebagai produsen motherboard. Tetapi sebenarnya perusahaan perangkat keras komputer berbasis Taiwan ini juga memproduksi berbagai komponen komputer lain seperti kartu grafis.

Kartu grafis yang ditawarkan tersedia baik dari AMD dan NVIDIA. Produk kartu grafisnya dikenal dengan kualitas baik, pendinginan yang efisien dan kinerja yang handal.

Lineup kartu grafis mereka tidak seluas beberapa produsen lain dalam daftar ini, tetapi mereka masih menawarkan berbagai produk yang cocok untuk berbagai kebutuhan dan anggaran.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *