Instagram Mematikan Fitur Belanja, Apakah Ini Akhir Bisnis Online di Platform itu?

Nasikhun A. 11 Jan 2023 2 Menit 0

Instagram mengumumkan bahwa mereka bakal menghapus shortcut fitur Toko atau Shop dari navigasi utama aplikasi milik Meta tersebut. Hal ini disampaikan melalui situs Pusat Bantuan (Help Centre) Instagram.

Keputusan ini cukup mengejutkan bagi beberapa pihak, terutama mereka yang berjualan Instagram Shop. Pasalnya ikon tas belanja sudah menjadi bagian dari navigasi utama Instagram sejak November 2020 silam.

Menurut pernyataan dari Instagram, mereka ingin lebih fokus menyediakan ruang untuk pengguna berbagi momen serta berkreasi membuat konten, alih-alih untuk tujuan komersial seperti jualan dan belanja.

Seperti yang diberitakan oleh The Information, perusahaan media sosial milik Meta ini berencana untuk bertolak dari fitur-fitur e-commerce dan kembali fokus ke fitur yang berhubungan dengan periklanan.

Alhasil, tombol Shop yang biasanya bisa kamu lihat di halaman awal Instagram mulai Februari 2023 mendatang bakal dihapuskan. Meski begitu, bagi pemilik toko atau bisnis tetap bisa berjualan di Instagram.

Bisnis di Instagram tetap dapat dijalankan melalui berbagai fiturnya.

“Kamu akan masih bisa menjalankan toko atau bisnis di Instagram, karena kami terus mendukung pengalaman belanja yang membantu orang dan bisinis melalui fitur seperti feed, stories, reels, ads, dan lainnya.” Tulis Instagram dalam postingan blog resminya.

Oleh karenanya, tombol Create untuk membuat konten nantinya akan diletakkan di bagian tengah bawah aplikasi. Sementara tombol Reels digeser ke samping kanan.

Jadi, bagi para pengusaha yang jualan di Instagram tidak perlu khawatir. Karena ini berarti fitur Shoping masih tetap ada di Instagram. Hanya saja fiturnya tidak menjadi prioritas, sehingga tombol Shop dihilangkan dari tampilan utama.

Sebelumnya, Instagram telah mengeluarkan biaya cukup besar untuk meningkatkan fitur e-commerce di dalam aplikasi tersebut, di beberapa tahun terakhir.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menandai merek atau brand pada sebuah foto dan pengguna lain dapat melakukan pembelian produk melalui obrolan dalam aplikasi.

Namun kemudian Instagram merubah prioritasnya karena perusahaan induk Instagram, Meta, mengalami kerugian investasi cukup besar dalam Metaverse yang hingga kini belum membuahkan keuntungan.

Menurutmu, seberapa berpengaruh sih kebijakan Instagram tersebut terhadap kehidupan kamu? Apakah kamu juga termasuk yang memiliki bisnis jualan di Instagram?

Jika ada pendapat, masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke meninggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di contact@tonjoo.com.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Media Sosial, Instagramatau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Instagram is reportedly removing its shopping page amid a move to drive more direct ad revenue – https://www.businessinsider.com/instagram-removing-shopping-page-and-features-2022-2023
  • Instagram to Remove Shopping Tab, Focusing Again on Content Creation – https://petapixel.com/2023/01/09/instagram-to-remove-shopping-tab-focusing-again-on-content-creation
  • Instagram navigation is changing in February
Bagikan ke:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *