Instagram Live Shopping Tutup, Ini Alternatif Platform Live Shopping Yang Ramai

Hanif 15 Feb 2023 2 Menit 0

Pintartekno.id – Instagram baru saja mengumumkan bahwa fitur “Live Shopping” akan tutup mulai 16 Maret 2023. Langkah ini diambil setelah sebelumnya Instagram menutup tab IG Shop.

Meta sebagai induk perusahaan Instagram dan Facebook sebelumnya juga menutup fitur live shopping di Facebook pada Oktober 2022.

“Mulai 16 Maret 2023, Anda tidak dapat memberi tag saat live broadcast di Instagram. Perubahan ini akan membantu kami fokus pada produk dan fitur yang memiliki nilai kepada pengguna kami,” ungkap Instagram melalui laman Facebook nya.

Meski tidak bisa live shopping, namun fitur lain ketika melakukan live broadcast tidak terdampak. Sehingga usaha dan bisnis masih bisa melakukan promosi melalui live broadcast.

Alternatif Instargam Live Shopping

Lalu, bagaimana jika ingin berjualan melalui live shopping? Ada beberapa platform selain live shopping Instagram yang sekarang sedang digandrungi masyarakat.

Mengutip databoks, TikTok Live Shopping menjadi favorit di Indonesia pada tahun 2022 dengan jumlah responden pengguna 27,5%. TikTok memang menjadi media social yang cukup fenomenal dengan keranjang kuningnya.

Sementara peringkat kedua diduduki oleh Shopee Live Shopping dengan pengguna 26,5%. Meski tergolong baru, namun Shopee Live Shopping berhasil menjadi sarana Live Shopping favorit di ASEAN pada tahun 2022.

Di ASEAN Sendiri, peringkat kedua diduduki Faecbook dengan capaian pengguna 25,5%. Namun seperti yang kita tahu, Facebook Live Shopping juga sudah gulung tikar.

Peringkat keempat disusul oleh Lazada dengan jumlah pengguna 15%. eCommerce ini cukup diminati karena biaya admin yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan platform lain.

Sebenarnya Instagram Live Shopping ada di peringkat ke-lima dengan capaian pengguna 7% responden. Meski Instagram memiliki basis pengguna yang cukup besar, rupanya hal tersebut tidak menjamin bahwa fitur Live Shopping nya bakal diminati.

Tidak ketinggalan, YouTube menempati peringkat terakhir pada ranking sarana live shopping favorit di ASEAN dengan 3%.

Keuntungan Live Shopping: Bisa Minta Spill Produk

Salah satu keuntungan live shopping dibandingkan dengan pembelian biasa adalah pembeli bisa langsung berkomunikasi dengan penjual secara langsung. Jadi, penjual bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut, dan pembeli bisa membeli barang seketika.

Karenanya, produk yang banyak dijual melalui live shopping adalah produk fashion dan makanan yang membutuhkan penjelasan dari penjual.

Keuntungan lainnya adalah ketersediaan diskon dan voucher, sehingga harga yang didapat bisa lebih murah.

Karena keuntungan tersebut, live shopping menjadi strategi pemasaran yang cukup menarik bagi penjual. Kamu juga tertarik untuk menjual melalui live shopping?


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Internet, atau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Lampaui TikTok, Shopee Jadi Sarana Live Shopping Favorit di ASEAN – https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/18/lampaui-tiktok-shopee-jadi-sarana-live-shopping-favorit-di-asean
  • Instagram Tutup Live Shopping Maret 2023 – https://tekno.kompas.com/read/2023/02/15/07484207/instagram-tutup-live-shopping-maret-2023/
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *