Cara Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast, Mudah!

Moch. Nasikhun Amin 12 Jan 2023 4 Menit 0

Bosan melihat konten di layar smartphone yang kecil? Dengan cara menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast, kamu bisa menonton Netflix di TV meski TV tersebut bukanlah smart TV, loh.

Bahkan, AnyCast tidak hanya dapat digunakan untuk menonton Netflix atau YouTube. Ada berbagai aktivitas lain yang dapat kamu lakukan jika dapat mengkoneksikan Android ke TV menggunakan AnyCast.

Lantas, bagaimana cara menggunakan AnyCast untuk menghubungkan Android ke TV? Memangnya apa itu AnyCast? Simak informasi dan tutorialnya berikut ini.

Markimak. Mari kita simak 😉 ~

AnyCast Buat Apa?

Cara Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast

Sumber: Canva

AnyCast adalah perangkat yang dapat membantu mirroring atau memproyeksikan layar smartphone, laptop, tablet, ataupun komputer ke televisi atau monitor.

Mirroring adalah proses menampilkan layar perangkat seluler seperti smartphone atau tablet ke layar televisi yang lebih besar. Proses ini tidak hanya membantu untuk menonton video, namun juga bisa untuk presentasi.

Perangkat AnyCast ini mendukung konektifitas nirkabel, sehingga untuk menghubungkan ponsel dengan dengan layar televisi tidak harus menggunakan kabel.

Oleh karena itu, penggunaan AnyCast nantinya harus menggunakan WiFi untuk menghubungkan perangkat Android. Jika tidak memiliki instalasi WiFi, bisa juga, kok, dengan cara berbagi hotspot lewat iPhone maupun Android.

Berbagai jenis TV dapat dihubungkan dengan smartphone menggunakan AnyCast, asal TV tersebut memiliki port HDMI di mana AnyCast dicolokkan.

Apabila jenis TV yang ingin disambungkan tidak terdapat port HDMI, kamu bisa coba pakai adapter yang bisa mengkonversi RCA ke HDMI agar dapat menggunakan AnyCast.

Nah, jika kamu sudah memiliki AnyCast namun masih kebingungan bagaimana cara memasang dan menyambungkan dengan HP, silakan baca tutorialnya di bawah ini:

Cara Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast

Sebelum menyambungkan semua perangkat, pastikan bahwa WiFi atau tethering HP kamu sudah menyala, ya! Ini sebagai pra syarat agar nantinya tidak ada kendala.

Selanjutnya, silakan ikuti cara menyambungkan HP Android, baik Samsung, Oppo, Xiaomi dan yang lainnya, ke TV dengan AnyCast berikut:

  1. Pasang AnyCast pada port HDMI di TV kamu;
  2. Sambungkan AnyCast dengan daya;
  3. Lihat pada layar TV > buka pengaturan input > pilih HDMI di mana AnyCast dipasang;
  4. Ketuk tombol pada AnyCast untuk pilih menu Miracast Mode bagi pengguna Android (pengguna iPhone bisa memilih AirPlay & DLNA);
  5. Pada HP Android kamu, unduh aplikasi Miracast (aplikasi AnyCast) di PlayStore;
  6. Pada HP Android kamu, buka WiFi dan hubungkan ponsel dengan WiFi;
  7. Buka aplikasi Miracast > ketuk CONNECT > hubungkan dengan Cast TV yang tersedia;
  8. Selesai, kamu sudah berhasil menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast.

Itulah cara menyambungkan AnyCast ke HP Oppo, Samsung, Xiaomi, dan jenis smartphone Android lainnya yang dapat kamu coba.

Kamu bisa menyimak tutorial menghubungkan layar HP ke monitor TV menggunakan HDMI Dongle AnyCast pada video berikut ini:

Berapa Harga AnyCast?

Harga AnyCast berbeda-beda. Mulai dari yang murah Rp90.000-an hingga mahal Rp2 jutaan pun ada. Untuk yang murah, biasanya datang dari Google Chromecast. Untuk yang mahal, bisa menggunakan Apple TV 4K.

Salah satu jenis AnyCast yang banyak digunakan untuk menghubungkan Android dengan TV adalah HDMI Dongle AnyCast. Namun, apakah itu AnyCast yang terbaik? Coba simak beberapa rekomendasi AnyCast dari kami di poin selanjutnya.

Rekomendasi Alat Penyambuh HP ke TV Tanpa Kabel Terbaik

Ada banyak produk AnyCast atau penyambung HP ke TV tanpa kabel yang dapat kamu gunakan. Namun, di sini kamu merekomendasikan beberapa AnyCast yang banyak digunakan.

1. Google Chromecast

Rekomendasi pertama adalah Google Chromecast, yakni sebuah AnyCast produk dari Google. Produk ini bisa membantu kamu streaming dari HP ke TV tanpa kabel dengan mudah.

Google Chromecast menawarkan resolusi yang cukup tinggi, yakni mencapai 1920 x 1080 pixel. Sementara itu, dari segi memori, AnyCast ini memiliki kapasitas RAM cukup besar, yakni 512 MB.

Namun, bukan berarti perangkat ini tidak memiliki kekurangan. Google Chromecast memiliki waktu boot aplikasi yang relatif lambat. Untuk yang generasi ke tiga ini, harga Google Chromecast mulai dari Rp500.000 an.

2. Dongle AnyCast HDMI

Rekomendasi selanjutnya adalah Dongle AnyCast HDMI, sebuah alat untuk screen mirrorin ke TV atau perangkat besar lainnya dengan input HDMI dan resolusi full HD, hingga 1080p/60 fps.

Namun sayangnya kapasitas RAM Dongle AnyCast HDMI ini kecil, yakni 128MB. HDMI Dongle AnyCast harganya lebih murah daripada AnyCast milik Google, yakni berkisar antara Rp100.000 an.

3. Apple TV 4K

Apple TV 4K adalah perangkat untuk menonton beragam layanan streaming seperti Apple TV+. Dari segi memori, Apple TV 4K memiliki varian RAM 2 GB dan 4 GB.

Harga dari Apple TV 4K ini cukup mahal, yakni sekitar Rp2 jutaan. Namun memang kualitas dan fiturnya lebih banyak daripada AnyCast sebelumnya.

4. Microsoft Wireless Display

Rekomendasi produk AnyCast selanjutnya adalah Microsoft Wireless Display. Produk buatan Microsoft ini bisa untuk screen mirroring bisa untuk sistem operasi Windows 10, 8.1 hingga Android 4.

Dari segi harga, Microsoft Wireless Display dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp1 jutaan.

5. Dongle Mirascreen

Dongle Mirascreen adalah AnyCast terakhir yang kami rekomendasikan dan banyak yang menggunakannya. Produk ini dijual seharga Rp100.000 hingga Rp150.000 an di pasaran.

Sudah Berhasil Menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast?

Demikian tutorial cara menyambungkan Android ke TV dengan AnyCast. Dapat diketahui bahwa penggunaan AnyCast membutuhkan WiFi agar Android dapat terkoneksi dengan TV.

Selain tutorial tersebut, bagi kamu yang masih mempertimbangkan untuk belu AnyCast, bisa juga melihat beberapa dekomendasi AnyCast yang kami sediakan di atas.

Jika ada pendapat, masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke meninggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di contact@tonjoo.com.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Tutorial Android, iOSatau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • What is Anycast? | How does Anycast work? – https://www.cloudflare.com/learning/cdn/glossary/anycast-network/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Moch. Nasikhun Amin
Ditulis oleh

Moch. Nasikhun Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.