5+ Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10, Ketahui Penyebabnya Agar Aman!

Nasikhun A. 14 Oct 2022 4 Menit 0

Bingung apa yang harus dilakukan saat laptop kamu not responding dan lemot? Tidak perlu panik. Ada, kok, cara mengatasi laptop lemot Windows 10.

Namun, kebanyakan dari kita ingin segera menemukan tutorial mengatasi laptop lemot Windows 10. Kita lupa, yang pertama harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya dulu.

Meski bisa dengan cara install ulang Windows 10, nambun install ulang itu tidak perlu dilakukan jika mengetahui penyebabnya.

Markimak. Mari kita simak 😉 ~

ADVERTISEMENT

A. Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Salah satu langkah untuk mengidentifikasi masalah di Windows 10 adalah dengan cara masuk Safe Mode Windows 10.

Namun cara tersebut kadang terbatas hanya dapat mengidentifikasi masalah yang ditimbulkan dari software atau driver yang baru dipasang. Maka coba saja cara berikut:

ADVERTISEMENT

1. Mengubah Power Setting

Masalah: salah satu kenapa Windows 10 sangat lambat adalah karena kamu mengaktifkan fitur Power Saver, baik sengaja atau tidak sengaja.

Fitur Power Saver memang berguna untuk menyimpan daya laptop, namun dampaknya mengurangi performa kecepatan laptop kamu.

Dengan mengubah settingan power plan dari Power Saver ke High performance atau Balanced dapat meningkatkan kecepatan laptop Windows 10.

Solusi: Mengubah Setting Power dengan cara…

…buka Control Panel > pilih Hardware and Sound > klik Power Options > pilih opsi Balanced (recommended) atau High performance.

Konsekuensi dari pemilihan opsi High performance adalah komputer akan mengkonsumsi daya lebih banyak. Jadi pastikan konsekuensi tersebut bukan masalah bagimu, ya.

ADVERTISEMENT

2. Menonaktifkan (Disable) Program Berjalan di Startup

Masalah: kadang yang membuat laptop Windows 10 terasa berat dan lemot adalah karena terlalu banyak program yang berjalan di background; program yang jarang digunakan.

Program yang berjalan di background atau latar belakang dalam sistem operasi Windows 10 tanpa disadari dapat mengganggu performa.

Contoh program yang berjalan di latar belakang dan mengganggu performa komputer seperti Antivirus, Mail, Facebook hingga Skype.

Solusi: Nonaktifkan program yang berjalan di background atau startup melalui cara…

…buka Task Manager dengan tekan tombol Ctrl + Shift + Esc > klik Startup > tentukan aplikasi yang ingin dinonaktifkan > klik kanan pada aplikasi tersebut > klik Disable.

Namun kamu tidak perlu menonaktifkan semuanya. Cukup melakukan disable terhadap aplikasi yang sekiranya kurang dibutuhkan.

ADVERTISEMENT

3. Menggunakan ReadyBoost untuk Meningkatkan Kecepatan

Masalah: bagi pengguna laptop dengan Windows 10 namun masih memakai Hardisk, bukannya SSD, kemungkinan akan lemot ketika sudah banyak menyimpan cache di hardisk.

Cache memang berfungsi untuk mempercepat kita ketika loading gambar di website atau aplikasi, hingga proses kita mengakses website.

Namun jika masih menggunakan hardisk, kemungkinan banyaknya data membuat komputer Windows 10 jadi berjalan lambat.

Solusi:Cara mempercepat Windows 10 agar tidak lemot adalah dengan memakai ReadyBoost. Caranya…

…siapkan flashdisk minimal kosong 500 MB dan colokkan ke PC > Kkik kanan pada flashdisk > klik Properties > klik ReadyBoost > pilih Dedicate this device to ReadyBoost > klik OK.

Namun jika laptopmu sudah menggunakan SSD, kamu tidak perlu memakai cara ini. Karena malah akan memperlambat performa.

4. Menonaktifkan Tips and Tricks di Windows 10

Masalah: notifikasi Tips and Tricks dari aplikasi ataupun dari pengirim lainnya di Windows 10 bisa menyebabkan lambatnya performa komputer.

Fitur Notifications memang fitur yang berguna dari Windows 10 yang bisa memberimu update tentang layanan terbaru.

Namun kadang terlalu banyak notifikasi dan tindakan otomatis dari Windows malah menjadi penyebab laptop kamu lambat loading.

Solusi: Menonaktifkan fitur Notifications & Actions di Windows 10 dengan cara…

…klik tombol Start > klik Settings > pada bagian System, klik Notifications & actions pada bagian Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows hapus centangnya.

Cara tersebut juga bisa diterapkan di Windows versi lainnya.

5. Menghentikan Sinkronisasi OneDrive

Masalah: sinkronisasi otomatis OneDrive di Windows 10 dapat memperlambat kinerja komputer kamu.

Windows 10 memiliki fitur penyimpanan cloud-based bernama OneDrive dari Microsoft, yang saat ini sudah built-in alias menjadi bawaan.

Kegunaanya sudah seperti Google Drive, memudahkan penyimpanan di sistem cloud. Sehingga bisa dibuka secara online.

Namun kekurangannya adalah, ketika sinkronisasi data terjadi, hal ini membuat komputer dengan Windows 10 kamu menjadi lambat.

Solusi: Menghentikan sinkronisasi OneDrive di Windows 10 dengan cara…

klik kanan ikon OneDrive yang berbentuk awan; biasanya di bagian kanan taskbar > klik More > klik Pause syncing > pilih 2 hours, 8 hours atau 24 hours.

Pause syncing berguna untuk menghentikan sinkronisasi otomatis untuk beberapa waktu. Kamu bisa memilih salah satu durasi lama penghentian yang kamu butuhkan.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *