Apa Itu MidJourney? Pelajari Bagaimana AI Bisa Membuat Gambar

Hanif 10 Sep 2023 4 Menit 0

Sebagai salah satu tools AI yang sedang ngehits, pasti banyak ingin tahu apa itu Midjourney. Ya, Tools AI ini bisa mengubah text menjadi gambar.

Berbeda dengan menggunakan chaiNNer untuk meningkatkan resolusi gambar, Tools AI dengan logo kapal ini bisa membuat image baru. Karenanya, Midjourney ini disebut generative AI.

Pasti pernah kan membayangkan suatu gambar, tapi ketika mencoba menorehkannya dengan tangan, ternyata hasilnya tidak sesuai ekspektasi.

Kini, ketika membayangkan sebuah gambar, tuliskan saja sebagai prompt di midjourney, dan biarkan tools AI ini membuatkan gambarnya untukmu.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui apa itu MidJourney sebenarnya dan prinsip dasar bagaimana AI ini bekerja.

ADVERTISEMENT

Apa Itu MidJourney?

“Midjourney adalah laboratorium penelitian independen yang mengeksplorasi media pemikiran baru dan memperluas kekuatan imajinatif manusia.” Begitulah yang disebutkan pada laman remsi Midjourney.

Bisa dibilang, Midjourney adalah sebuah platform berbasis teknologi AI Generatif yang memiliki kemampuan untuk mengubah input teks menjadi gambar unik.

logo midjourney

Karena pernah memberikan kesempatan untuk generate image secara gratis dan memberikan nilai artistik yang tinggi, MidJourney menjadi pilihan banyak orang untuk generate image. Alternatif lain yang memiliki kemampuan serupa adalah Dall-E dan Leonardo AI.

Sebagai salah satu AI Generatif di pasar, Midjourney menawarkan keuntungan yang sangat menarik, terutama bagi para content creator. Salah satunya adalah gambar yang dihasilkan oleh Midjourney tidak terikat hak cipta. Jadi, bebas menggunakan gambar tersebut untuk berbagai keperluan tanpa khawatir tentang isu copyright.

Namun, bagaimana Midjourney dapat menghasilkan gambar yang begitu detail dan unik? Rahasianya terletak pada cara pelatihannya. Gambar-gambar yang dihasilkan oleh Midjourney sebenarnya dirangkai dari basis data gambar-gambar yang telah dilatih.

Teknik yang digunakan oleh Midjourney ini disebut sebagai ‘diffusion‘. Teknik ini memungkinkan AI untuk “menyebarkan” ide-ide dari input teks dan menggabungkannya dengan database gambar yang telah ada, menghasilkan kreasi yang sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

Dengan kemampuan dan teknologi yang dimilikinya, Midjourney tentu membuka peluang baru dalam dunia digital, memudahkan setiap orang untuk merealisasikan imajinasi mereka menjadi sebuah gambar tanpa harus memiliki keahlian menggambar.

ADVERTISEMENT

Cara Menggunakan MidJourney

Untuk bisa menggunakan MidJourney ada beberapa persyaratan.

  • Akun Discord
  • Berlangganan Midjourney
  • Atau akses ke discord dengan MidJourney Bot

MidJourney menggunakan platform discord untuk bisa bekerja. Untungnya, discord bisa diakses melalui website.

Setelah masuk ke discord dengan akun MidJourney, masuk ke kanal yang umumnya digunakan untuk generate image.

Misalnya, pada discord MidJourney, generate image di channel newbie. Bisa juga dm langsung ke bot MidJourney, Atau ikuti panduan yang telah ditetapkan oleh group discord.

bot midjourney

Kemudian, untuk membuat gambar, ketikkan /imagine dan spasi, secara otomatis maka discord akan menampilkan text box khusus untuk memasukkan prompt.

  1. Masuk ke channel discord untuk pembuatan gambar
  2. Ketikkan “/imagine” dan spasi diikuti dengan text deskripsi iamge yang diinginkan
    memasukkan prompt midjourneyTunggu midjourney membuat gambar
  3. Pilih “u” untuk upscale, atau “v” untuk membuat variasi lain.

Cek parameter Midjourney untuk mengatur resolusi gambar dan keterangan lainnya.

ADVERTISEMENT

Bagaimana MidJourney Bekerja?

Singkatnya, Midjourney menggunakan pendekatan yang mirip dengan cara otak manusia mengolah informasi visual.

ADVERTISEMENT

1. Memahami Prompt Text

Pertama-tama, ketika Anda memasukkan teks atau prompt, Midjourney akan menganalisisnya untuk memahami esensi dan detilnya. Ini mirip dengan bagaimana kita, sebagai manusia, membaca dan memahami sebuah kalimat.

Jika Anda meminta seseorang untuk menggambarkan “sebuah pemandangan matahari terbenam di pantai dengan burung-burung terbang”, otak mereka akan mengambil rujukan dari kenangan atau pengalaman visual yang pernah mereka lihat. Midjourney melakukan hal serupa, namun dengan data dan algoritma.

2. Mencari Gambar yang sesuai di Database

Setelah memahami prompt, Midjourney akan mengakses database gambar yang telah dilatih. Database ini bukan hanya kumpulan gambar, tapi juga pemahaman tentang apa yang membuat suatu gambar unik, seperti bentuk, warna, tekstur, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
3. Teknik Diffusion...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *