Tips & Trick ChaiNNer App, Makin Ahli Meningkatkan Resolusi Gambar

Hanif 17 Jul 2023 4 Menit 0

Jangan mengaku jago chaiNNer kalau belum mengetahui Tips & Trick chaiNNer app berikut!

Sebelumnya kita sudah membahas ChaiNNer untuk upscale image. Aplikasi ini memudahkan penggunaan pretrained model untuk dirangkai menggunakan node. Sehingga kamu tidak harus menguasai coding untuk bisa menggunakan machine learning untuk meningkatkan resolusi gambar/foto.

Namun, sebenarnya ada beberapa tips supaya bisa melakukan batch upscale, select multiple nodes, dan menampilkan inline nodes untuk dipilih.

ADVERTISEMENT

5 Tips & Trick cHaiNNer App Pilihan Kami

ADVERTISEMENT

1. Select Multiple Nodes

Ketika merangkau nodes yang cukup rumit, tidak jarang kita ingin menggeser banyak node sekaligus. Unutk itu, kamu bisa menekan tombol shift pada keyboard agar bisa menyeleksi banyak node sekaligus. Dengan begitu, memindah banyak node sekaligus jadi lebih mudah.

Shift = select banyak node sekaligus.
Del dan Backspace = hapus node

Selain itu, jika ingin menghapus node yang sudah terpilih, tekan tombol “Del” atau backspace pada keyboard.

Tips & Trick ChaiNNer App - select node

ADVERTISEMENT

2. Batch Upscale

Untuk melakukan batch upscale, kamu bisa menggunakan fitur image iterator. Image iterator ini memungkinkan untuk load image dalam satu folder, sehingga upscale banyak gambar sekaligus dapat dilakukan.

Setelah membuat node image iterator, tarik node-node yang ingin keamu gunakan ke dalam window node iterator. Rangkaiannya mirip seperti ketika melakukan upscale satu gambar saja. Bedannya, node load model tetap ditempatkan di luar iterator.

Agar node-node tersebut muat dimasukkan ke iterator, kmau bisa memperbesar window node iterator editor. Jadi, misalnya sebelumnya kamu sudah merangkai node untuk upscale satu gambar, seret saja supaya masuk ke dalam iterator.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat gambar di bawah.

Tips & Trick ChaiNNer App - batch atau bulk upscale

Setelah node dirangkai seperti gambar di bawah, kamu bisa menjalankan proses upscale chaiNNer seperti biasa. Namun, kini chaiNNer secara otomatis akan melakukan proses upscale pada setiap gambar yang ada di folder tersebut.

ADVERTISEMENT

3. Menu Node Inline dan Koneksi Otomatis

Selain menyeret node dari panel node di sebelah kiri window, kamu juga bisa memunculkan dropdown pilihan node melalui klik kanan pada jendela/editor viewport.

Dropdown ini disebut Menu Node Inline, dan mampu menampilkan daftar node secara langsung yang dapat dipilih.

Tips & Trick ChaiNNer App - klik kanan untuk memunculkan node

Selain itu, kamu juga dapat mengakses menu ini dengan cara menyeret sebuah koneksi ke dalam editor tanpa menghubungkannya ke node. Dengan melakukan ini, menu akan muncul dan menampilkan node-node yang kompatibel untuk membuat koneksi secara otomatis.

Fitur ini sangat berguna karena memungkinkanmu untuk dengan cepat memilih node yang dibutuhkan tanpa harus mencarinya di panel node. Dengan sekali klik atau melalui koneksi otomatis, kamu dapat membangun rantai (chain) secara efisien dalam Image Iterator. Hal ini akan mempercepat proses upscale pada seluruh gambar dalam batch dengan lebih mudah dan praktis.

Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan Menu Node Inline dan koneksi otomatis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam melakukan batch upscale menggunakan Image Iterator.

4. Sesuaikan Tile Size

Selain pretrained model yang digunakan, Tile Size juga mempengaruhi lama render dan resource yang digunakan.

Pada chaiNNer, kamu memiliki kemampuan untuk mengatur ukuran tile (potongan gambar) yang digunakan dalam proses pengolahan.

Tile size mengacu pada ukuran potongan gambar yang diproses secara terpisah dalam algoritma upscale. Dalam beberapa kasus, ketika gambar berukuran sangat besar, memproses seluruh gambar secara sekaligus bisa menjadi sulit atau memakan banyak sumber daya. Dengan menggunakan tile size, gambar dapat dibagi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil untuk diproses secara terpisah.

Dalam chaiNNer, kamu dapat mengatur tile size sesuai dengan kebutuhan proyekmu. Dengan menyesuaikan ukuran tile, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan memori dan waktu proses. Misalnya, jika kamu memiliki gambar yang sangat besar, memilih tile size yang lebih kecil dapat membantu dalam mengurangi beban memori dan meningkatkan efisiensi proses.

Namun, perlu diingat bahwa dalam mengatur tile size, terdapat trade-off antara kualitas dan efisiensi proses. Tile size yang terlalu kecil dapat menyebabkan potongan gambar yang lebih kecil memiliki detail yang kurang akurat. Sebaliknya, tile size yang terlalu besar dapat mengurangi keuntungan dari pengolahan terpisah.

Dengan demikian, chaiNNer memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengatur ukuran tile sesuai dengan kebutuhan mereka, memungkinkan penggunaan sumber daya yang lebih efisien dalam proses pengolahan gambar.

5. Daftar Template chaiNNer

Jika kamu masih baru dalam menggunakan chaiNNer, terdapat koleksi template rantai yang berguna dan dapat memulai kamu dengan cepat. Template-template ini dapat membantu dalam memahami dan menggunakan chaiNNer dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa contoh template rantai yang berguna:

A. Upscale Sederhana

template upscale sederhana - chainner by kim

Template ini dirancang untuk melakukan peningkatan kualitas gambar secara sederhana. Kamu dapat menggunakannya sebagai langkah awal dalam melakukan upscale gambar tanpa banyak penyesuaian yang rumit.

Halaman Selanjutnya
B. Simple Comparison...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *