7 Cara Cek SSD Laptop, Ketahui Kapasitas dan Tipenya

Hanif 24 Jul 2023 5 Menit 0

Jika kamu ingin melakukan cek SSD laptop untuk melihat kapasitas penyimpanan, kondisi kesehatan, dan serinya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Melakukan cek SSD umum dilakukan misalnya ketika ingin membeli laptop. Tenang saja, kamu tidak harus membongkar laptop untuk melihat SSD yang terpasang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menggunakan software bawaan Windows hingga menggunakan software pihak ketiga.

ADVERTISEMENT

Mengenal Apa itu SSD dan HDD

SSD dan HDD adalah dua jenis perangkat penyimpanan data (Storage device) yang umum digunakan pada komputer atau laptop.

SSD (Solid State Drive) adalah teknologi penyimpanan data yang menggunakan flash memory, mirip seperti memory card atau USB flash drive. Keunggulan utama SSD adalah kecepatan akses data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. SSD tidak memiliki bagian-bagian mekanik yang bergerak, sehingga lebih tahan terhadap goncangan dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

ssd vs hdd - waktu booting windows

Sementara itu, HDD (Hard Disk Drive) adalah teknologi penyimpanan yang lebih lama dan menggunakan piringan magnetik berputar (disk) untuk menyimpan data, mirip seperti CD/DVD. Meski kecepatannya lebih pelan, HDD biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan SSD. perangkat penyimpanan ini rentan terhadap kerusakan fisik karena memiliki komponen yang bergerak.

Nah, jika kamu ingin tahu apakah laptop kamu menggunakan SSD atau HDD, kamu bisa simak cara di bawah.

ADVERTISEMENT

1. Menggunakan “Disk Management” untuk Cek SSD Laptop

Windows sudah membekali Tools untuk mengelola hardware yang digunakan sebagai storage drive. Salah satunya adalah Disk Management.

Dengan Tools ini, kamu bisa cek SSD hingga mengatur hard disk dan storage lainnya yang terhubung ke komputer atau laptop kamu. Bagini caranya,

  1. Buka Disk Management dengan cara menekan tombol Windows + X dan pilih “Disk Management” dari menu yang muncul.
    Cara Cek SSD Laptop - Disk Management
  2. Di sini, Anda akan melihat daftar semua drive yang ada di sistem Anda.Cara Cek SSD Laptop - Windows Disk Management
  3. Klik Kanan, dan buka “Properties
    Cara Cek SSD Laptop - Windows Disk Management properties
  4. Kemudian buka Tab “Hardware
    cara cek ssd laptop
  5. Selesai, disinitu kamu bisa melihat seri hard drive yang digunakan.

Catatan: kamu juga bisa membuka Properties Drive ini melalui Windows Explorer dengan klik kanan pada drive > klik properties.

Mengingat fungsionalitasnya yang luas, Disk Management menjadi alat yang cukup berguna, termasuk dalam hal mengecek SSD laptop.

Sebagai tools utility dari Windows, Disk Management memiliki beberapa fitur penting, seperti mengatur partisi, Mengubah huruf drive, Formating dan cleaning drive, Mengubah status drive (aktif/inaktif), Membuat disk mirroring: Ini adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat salinan dari disk kamu, yang bisa berguna untuk tujuan backup.

ADVERTISEMENT

2.Menggunakan “Device Manager” untuk Melihat Tipe Storage Drive

Tools bawaan Windows lain yang bisa kamu gunakan untuk melihat tipe storage yang digunakan adalah Device Manager. Beberapa fungsi dari Device Manager adalah untuk melihat dan mengontrol perangkat keras yang terpasang di komputer. Dengan menggunakan Device Manager, pengguna dapat melihat status perangkat, menginstal atau memperbarui driver, mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat, dan menyelesaikan konflik perangkat.

Untuk melihat SSD yang terpasang dengan menggunakan Device Manager, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Windows + X kemudian pilih “Device Manager” dari menu yang muncul.
    Cara Cek SSD Laptop - start device manager
  2. Buka “Disk Drives
    Cara Cek SSD Laptop - device manager - drive

Catatan: kamu juga bisa mengecek di tab “Details” untuk mengetahui lebih jauh. Misalnya di Property “Hardware ID” ini ditunjukkan kalau SSD yang digunakan adalah SSD NVMe 512GB.

ADVERTISEMENT

3. Menggunakan “System Information” untuk Melihat seri SSD

Sama- sama tools utilitas bawaan Windows, System Information menyediakan gambaran umum tentang sumber daya sistem komputer Anda, komponen perangkat keras, dan perangkat lunak. Dengan alat ini, informasi detail tentang sistem operasi, prosesor, memori, drive penyimpanan, kartu grafis, dan berbagai komponen lainnya dapat ditampilkan.

Fitur ini sangat berguna ketika Anda perlu mencari tahu spesifikasi sistem Anda, termasuk jenis dan model perangkat keras tertentu seperti SSD. Caranya seperti ini

  1. Buka “System Information” dengan cara menekan tombol Windows + R, ketikkan “msinfo32” dan tekan Enter.
    Cara Cek SSD Laptop - device manager - system information msinfo32
  2. Di dalam “System Information”, carilah “Components” di panel sebelah kiri dan expand bagian tersebut untuk menemukan “Storage” dan “Disks”. Di sini, Anda akan melihat detail dari semua drive yang terhubung dengan sistem Anda.
    Cara Cek SSD Laptop - device manager - system information storage disk
  3. Cari model drive Anda dan kemudian Anda dapat mencarinya di internet untuk mengetahui apakah itu adalah SSD atau tidak.

Mirip seperti Device Manager ya. Namun bedanya di sini hanya ditampilkan informasi saja, dan informasi disks nya lebih lengkap.

4. Menggunakan “Task Manager” untuk Cek SSD

Kalau Task Manager mungkin sudah lebih familiar, kan? Selain digunakan untuk melihat proses dan software yang berjalan, Task manager juga bisa digunakan untuk melihat Cek SSD hingga melihat performa penggunaan disk oleh Windows. Tidak hanya itu, di sini juga tertera tipe drive, dan kapasitas yang bisa digunakan.

Ikuti langkah berikut untuk membukanya.

  1. Buka “Task Manager” dengan menekan tombol Windows + x, kmeudian pilih Task Manager.
    Cara Cek SSD Laptop - task manager buka
  2. Buka Tab “Performance” dan pilih “Disk”
    Cara Cek SSD Laptop - task manager - performance - disk
  3. Cek pada bagian kanan atas untuk melihat seri
    sementara untuk melihat tipe memori dan kapasitas, perhatikan bagian bawah jendela.

Kamu juga bisa memantau performa dan kecepatan storage drive yang kamu gunakan secara langsung.

5. Crystal Disk Info

Jika sebelumnya menggunakan software bawaan Windows, Crystal Disk Info ini dikembangkan oleh Crsyal Dew. Software ini bisa digunakan untuk memantau kesehatan dan performa drive di sistem operasi Microsoft Windows.

Halaman Selanjutnya
Berikut System Requirement nya...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *