Contoh Hasil Upscale di ChaiNNer dengan Berbagai Pretrained Model

Hanif 23 Aug 2023 4 Menit 0

Setelah sebelumnya menjelaskan berbagai pretrained model dalam chaiNNer, mungkin kalian banyak yang bingung dengan banyaknya pilihan pretrained model yang tersedia.

Seiring pengembangan lebih lanjut, pretrained model yang lebih baru dan hasil lebih baik terus bermunculan. Karenanya, pada kesempatan kali ini berikut adalah beberapa pretrained model yang menjadi rekomendasi serta contoh gambar hasil upscale nya.

ADVERTISEMENT

1. Foto dengan Wajah

Memperjelas dan meningkatkan kualitas foto, khususnya yang menampilkan wajah, adalah salah satu tugas yang paling umum dalam upscaling. Seiring berkembangnya teknologi, chaiNNer telah menyediakan beberapa node khusus yang dirancang untuk mengoptimalkan hasil upscaling pada foto wajah.

ADVERTISEMENT

Menggunakan Node ‘Upscale Image’ dan ‘Upscale Face’

Ketika bekerja dengan foto yang memiliki subjek wajah, kombinasi antara node ‘Upscale Image’ dan ‘Upscale Face’ adalah pilihan tepat.

Node ‘Upscale Image’ akan memperhatikan keseluruhan gambar, sementara ‘Upscale Face’ akan fokus pada detil wajah. Sehingga wajah yang seringkali menjadi pusat perhatian dalam foto akan mendapatkan perlakuan khusus untuk meningkatkan kualitasnya.

Untuk itu, rangkai node seperti gambar di bawah ini.

pretrained model dan hail upscale nya - face upscale

rangkaian node untuk face upscale

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Model: Menggabungkan “SwinIR-L” dengan “CodeFormer”

Model “SwinIR-L” adalah salah satu model terbaru yang telah menunjukkan hasil yang mengesankan dalam upscaling gambar. Model ini dirancang untuk mengidentifikasi dan meningkatkan detil gambar dengan cara yang sangat efisien.

Untuk hasil yang lebih optimal, khususnya pada wajah, menggabungkannya dengan “CodeFormer” sangat direkomendasikan. “CodeFormer” memiliki kemampuan untuk memahami struktur dan tekstur wajah dengan lebih mendalam, sehingga ketika dikombinasikan dengan “SwinIR-L”, hasilnya akan lebih tajam, alami, dan mendetail.

Contohnya seperti foto artis di bawah ini.

contoh foto hasil upscale chainner face upscalediansastro - grid[dot]id

Jadi, jika kamu memiliki foto potret atau foto diri yang ingin di-upscale dengan kualitas terbaik, pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi node dan model di atas. Hasilnya tidak hanya akan meningkatkan resolusi gambar, tetapi juga mempertahankan atau bahkan meningkatkan kealamian wajah yang ada di foto.

ADVERTISEMENT

2. Foto Pemandangan / Landscape

Pemandangan alam dengan keindahan alaminya kerap menjadi objek favorit fotografi. Meningkatkan resolusi foto jenis ini membutuhkan kehati-hatian agar tidak kehilangan detil-detil kecil yang ada di dalamnya. Tentu, kita semua menginginkan foto landscape yang terlihat tajam dan detil, terutama pada bagian-bagian seperti tekstur daun, permukaan air, atau pola awan di langit.

– Model yang Dianjurkan: Real_HAT_GAN_SRx4

Untuk menghadirkan hasil upscale yang memuaskan pada foto pemandangan, model Real_HAT_GAN_SRx4 adalah pilihan yang sangat tepat. Model ini dirancang khusus untuk menangani kompleksitas detail pada foto landscape. Dengan algoritma yang canggih, Real_HAT_GAN_SRx4 mampu meningkatkan resolusi gambar tanpa mengorbankan kualitas asli dari foto tersebut.

Berikut contoh foto yang di-upscale dengan menggunakan pretrained model ini.

foto bali pretrained model chainnerpretrained mdol upscale image hasil upscale chainner

Apa yang membuat Real_HAT_GAN_SRx4 berbeda? Salah satunya adalah kemampuannya mempertahankan dan bahkan meningkatkan micro detail dalam gambar. Micro detail seperti serpihan daun, butiran pasir, dan detil lainnya pada foto landscape akan tetap terjaga dan terlihat lebih hidup. Dengan demikian, model ini sangat cocok untuk foto-foto yang menuntut preservasi detail secara maksimal, seperti foto pemandangan.

Jadi, bagi kamu yang memiliki koleksi foto pemandangan dan ingin meningkatkan kualitasnya, pertimbangkan untuk menggunakan model Real_HAT_GAN_SRx4. Hasil akhir yang diberikan bukan hanya resolusi yang lebih tinggi, tetapi juga gambar yang lebih tajam, detil, dan tentunya, lebih memukau.

Selain pretrained model di atas, ada juga beberapa pretrained modl lain yang bisa digunakan untuk upscale foto pemandangan.

– classicalSR_DF2K_s64w8_SwinIR-Mx4
– lightweightSR_DIV2K_s64w8_SwinIR-Sx4
– realSR_BSRGAN_DFO_s64w8_SwinIR-M_x4_GAN
– realSR_BSRGAN_DFOWMFC_s64w8_SwinIR-L_x4_GAN
– real_HAT_GAN

hasil upscale di chainnertonjoomediaoperation_a_photo_of_kolibri_and_a_cherry_blossom_fl_73ef3e43-8f68-420a-9911-1c3e7126f7b1

hasil upscale di chainnerhasil upscale di chainner

3. Gambar Anime

Anime, dengan gaya seni dan desain karakternya yang unik, memerlukan pendekatan khusus saat di-upscale. Untuk menjaga integritas visual dan detail seni yang ada, memilih model yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang optimal.

– Model Umum yang Dianjurkan: RealESRGAN_x4plus_anime_6B

Bagi kamu yang mencari solusi upscale untuk gambar anime dengan peningkatan kualitas signifikan, RealESRGAN_x4plus_anime_6B adalah model yang sangat dianjurkan. Model ini dikhususkan untuk mengolah gambar anime, memastikan bahwa detail-detail halus seperti garis kontur wajah, mata, dan rambut tetap terjaga dengan baik. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan nuansa asli dari gambar tersebut.

tokoh-anime-doraemoncontoh hasil upscale chainner

Untuk Upscale 2x: 2x_Bubble_AnimeScale_SwinIR_Small_v1

Jika tujuan kamu hanya meningkatkan resolusi gambar sebanyak 2x dari ukuran aslinya, maka 2x_Bubble_AnimeScale_SwinIR_Small_v1 bisa menjadi pilihan yang ideal. Model ini dirancang khusus untuk memberikan hasil yang tajam dan detail pada skala 2x tanpa mengorbankan karakteristik gambar anime.

contoh hasil upscale menggunakan chainnertokoh-anime-doraemon

Saat Background Anime Memiliki Efek Bokeh: 4x-animesharp

Efek bokeh, atau latar belakang yang kabur, sering ditemukan dalam gambar anime untuk memberikan kedalaman dan fokus pada subjek utama. Jika gambar anime yang kamu miliki memiliki efek bokeh, menggunakan 4x-animesharp sangat disarankan. Model ini mampu mempertahankan efek bokeh tersebut sambil meningkatkan kualitas subjek utama, sehingga hasil upscale-nya akan terlihat lebih natural dan memukau.

Dengan berbagai pilihan model yang ada, penting untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan gambar anime kamu. Setiap model memiliki keunggulan masing-masing, jadi pastikan kamu memilih yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Gambar yang Dihasilkan oleh AI (AI Generated Image)

Dalam era digital saat ini, gambar yang dihasilkan oleh AI, atau yang sering kita kenal dengan AI Generated Image, semakin populer dan kerap digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari desain grafis, seni digital, hingga industri game. Namun, meningkatkan kualitas dari gambar jenis ini memerlukan pendekatan yang berbeda dari gambar tradisional, terutama untuk menjaga agar detail tetap tajam dan tidak buram.

– Model yang Dianjurkan: Remacri

Remacri merupakan model yang sangat direkomendasikan untuk tugas ini. Sebagai hasil kreasi dari BSRGAN, model ini dirancang khusus untuk menangani AI Generated Image dengan mengedepankan keberadaan detail dan mengurangi penghalusan. Hal ini berarti, saat meng-upscale gambar, detail seperti tekstur kulit, rambut, atau elemen lainnya akan tetap terjaga dengan baik, mencegahnya menjadi lembek atau buram.

Apa yang membuat Remacri unik adalah metodenya yang menginterpolasi berbagai model IRL populer, termasuk Siax, Superscale, Superscale Artisoft, Pixel Perfect, dan lainnya. Proses interpolasi ini memungkinkan model untuk mengambil keunggulan dari setiap model IRL tersebut, sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas yang optimal.

Bagi para pelaku industri kreatif atau siapa pun yang sering bekerja dengan AI Generated Image, memilih model upscale yang tepat seperti Remacri dapat meningkatkan kualitas pekerjaan Anda ke level yang lebih tinggi. Dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkannya, tidak heran jika Remacri menjadi salah satu model favorit di kalangan profesional.

contoh hasil upscale image menggunakan chainnercontoh hasil upscale image di chainner

Penutup

Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, kebutuhan untuk meningkatkan kualitas gambar dengan hasil yang memuaskan menjadi sangat penting, terutama di era digital saat ini. Melalui artikel ini, kita telah mengeksplorasi berbagai model dalam chaiNNer yang bisa digunakan untuk berbagai jenis gambar, mulai dari wajah, pemandangan, anime, hingga gambar hasil ciptaan AI. Dengan pemilihan model yang tepat, kita tidak hanya memperoleh gambar dengan resolusi yang lebih tinggi, tapi juga mempertahankan detail dan esensi dari gambar aslinya.

Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu kalian, terutama para pelajar dan mahasiswa usia 18-25 tahun, untuk memahami dan memaksimalkan potensi alat upscale seperti chaiNNer. Tetap eksplorasi, eksperimen, dan kembangkan kreativitas kalian dalam dunia digital!


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan PC & Laptopatau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *