Suno AI, Membuat Lagu Semudah Klik Saja

Hanif 23 May 2024 5 Menit 0

Teknologi kecerdasan buatan semakin berkembang, salah satunya adalah dengan hadrinya Suno AI yang bisa membuat lagu.

Sebagai musisi mungkin pernah mengalami mind block ketika membuat lagu. Kini, Suno AI bisa membantu musisi ketika mengalami kebuntuan dalam merangkai musik.

Namun ini juga bisa menjadi ancaman, karena orang awam pun bisa membuat musik cukup dengan beberapa klik saja.

Cukup dengan memberikan deskripsi lagu yang diinginkan, Suno AI bisa membuat lagu hingga siap dirilis.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Aplikasi Suno AI?

Aplikasi Suno AI, termasuk salah satu produk inovasi berbasis kecerdasan buatan, yang bahasa kerennya adalah artificial intelligence alias AI. Ini adalah sebuah solusi kreatif yang dapat membantu Kalian menyelesaikan persoalan tentang kehidupan Kalian sehari-hari.

Melalui penggunaan teknologi AI ini, aplikasi berbasis kecerdasan buatan ini bisa memahami sekaligus dapat merespons instruksi manusia secara akurat. Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi oleh kamampuan dalam belajar secara mandiri. Karenanya, aplikasi ini selalu mengikuti perkembangan masa kini.

Menariknya lagi, Suno AI memiliki kemampuan dalam beradaptasi sesuai kebutuhan para penggunanya, termasuk dari segi preferensi pribadi, tugas dan bahasa. Melalui Suno AI, membuat aktivitas kehidupan Kalian menjadi semakin mudah.

ADVERTISEMENT

Membuat Musik dengan Bantuan AI di Aplikasi Suno AI

Perkembangan teknologi yang semakin canggih juga ternyata ikut berpengaruh dalam dunia musik. Hal ini lantaran, kini banyak karya musik luar biasa yang dihasilkan melalui aplikasi kecerdasan buatan, yakni Suno AI.

Dengan aplikasi Suno AI, tentu saja memberikan peluang untuk Kalian yang ingin menciptakan sebuah lagu sesuka hati. Walaupun demikian, Kalian memerlukan pengetahuan secara mendasar mengenai cara untuk membuat prompt, dengan demikian teknologi kecerdasan buatan dapat mengerjakan perintah yang Kalian buat.

Paling tidak, ada beberapa pengetahuan yang mendasar mengenai genre musik serta cara untuk membuat lirik yang luar biasa agar enak didengar. Selain itu, orang mungkin tidak menyangka jika musik tersebut adalah hasil karya dari teknologi AI. Lantas, bagaimana cara membuat musik menggunakan aplikasi Suno AI? Ini dia langkah-langkahnya :

1.Akses Situs Web Suno AI

Jika Kamu ingin membuat sebuah lagu, maka pertama yang mesti dilakukan yaitu akses web Suno AI. Di sini Kalian bisa membuat akun menggunakan media sosial atau akun Google Kalian.

2. Mulai Buat Lagu

Setelah itu, Kalian tinggal membuat lagu di aplikasi ini dengan cara tekan tombol Create.

Nah, dari sini aka nada beberapa indikator yang bisa diisi, seperti jenis AI untuk proses pembuatan lagunya.

Jika ingin memasukkan lirik, tekan Custom Mode, maka akan muncul kotak di mana Anda bisa memasukkan lirik.

3. Tunggu Proses Pembuatan Lagu

Jika Kalian sudah memasukkan seluruh informasi beserta tambahan lainnya, selanjutnya cukup tekan Create, lalu tunggu sampai pembuatan lagu selesai menggunakan bantuan AI.

4. Extend

Hasil musik yang dibuat umumnya hanya 1,2 hingga 2 menit, jadi untuk membuat lagu dengan durasi 3 atau 5 menit, maka hasil lagi sebelumnya perlu di-extend.

Caranya klik titik tiga pada hasil lagu yang ingin di-extend, kemudian pilih menu extend. Setelah diextend, lagu bisa disambung.

5. Lakukan Preview Lagu dan Save

Selanjutnya yaitu lakukan preview lagu yang sudah dibuat terlebih dulu. Jika vocal, nada dan irama yang telah dibuat sudah cocok sesuai selera Kalian, jangan lupa Save hasilnya. Tapi jika belum cocok, ulangi lagi dari awal sampai Kalian menemukan musik yang cocok sesuai keinginan.

Tips untuk

ADVERTISEMENT

Dua Elemen Utama Pembuatan Musik di Suno AI

Ada dua elemen utama dalam pembuatan musik menggunakan aplikasi berbasis kecerdasan buatan ini, antara lain :

1. Bark Menghasilkan Suara Asli Manusia

Bark biasanya mengkhususkan diri untuk menciptakan sebuah suara nyanyian sekaligus pertunjukkan liris. Sehingga, Kalian bisa menghasilkan suara musik yang lebih realistis, dapat menyesuaikan kinerja seperti timbre, melode, kontrol ritme dan juga membuat lirik lagu yang asli.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *