Vivo Y100 5G Rilis Indonesia, Wajah Baru Y Series – MantapY

Hanif 03 Feb 2024 3 Menit 0

Mengawali tahun 2024, Vivo secara resmi merilis ponsel terbarunya, Vivo Y100 5G di Indonesia pada Kamis, 25 Januari lalu.

Ponsel ini sedikit mengejutkan, karena seri yang sedikit loncat dari urutan nomor seri sebelumnya. Kemudian, slogan Mantap Y juga seolah menegaskan bahwa ini adalah wajah baru Vivo Y series.

Seri Y terbaru ini tetap sejalan dengan lini seri Y Vivo yang dikenal sebagai ponsel dengan desain yang stylish. Tidak hanya soal desain, VivoY100 5G memiliki kamera dan spesifikasi yang oke punya.

Seperti apa spesifikasi Vivo Y1005G? Simak ulasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

Desain Fresh dan Stylish

Ponsel Vivo sudah terkenal dengan desain yang anggun, tidak terkecuali juga Vivo Y100 5G ini. Vivo menggunakan bahan kulit fiber sebagai material body belakangnya.

Meskipun menggunakan kulit, tidak perlu cemas terkena noda. Bahan kulit di ponsel ini memiliki lapisan stainfree yang membuatnya mudah dibersihkan jika terkena tumpahan kopi.

vivo y100 5g
sumber foto: channel youtube Gadgetin

Sementara bezelnya menggunakan bahan polikarbonat dengan kilatan metalik yang memebrikan kesan classy.

Bezel tipis ini membungkus layar AMOLED 6,67 inch yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixeks, refresh rate puncak 120 Hz, dan tingkat kecerahan hingga 1200 nits. Pada layar ini juga dibekali dengan fingerprint on screen, fitur yang dipionirkan oleh Vivo.

Pada layar 2K ini bertengger poni kecil dengan kamera selfie 8 MP (wide). Secara keseluruhan, ponsel ini tampil elegan dan stylish.

Tidak hanya nampak cantik, ponsel Vivo Y100 5G ini juga tangguh. Standar rating IP 54 menjadi jaminan bahwa ponsel ini tahan terhadap debu dan percikan air.

ADVERTISEMENT

Kamera 50 MP dengan Anti Flicker

Beralih ke kamera, Vivo membekali kamera belakang dengan 2 kamera dengan resolusi 50 MP (wide) dan 8 MP (ultrawide). Mungkin banyak yang mengira bahwa ponsel ini memiliki 3 kamera.

Namun sebenarnya yang nampak seperti lensa kamera pada bagian bawah camera block ini adalah sensor flicker.

Sesuai namanya, sensor ini mampu medeteksi apakah objek yang di foto mengalami flicker atau kedip. Hal ini umumnya terjadi ketika menggunakan lampu LED.

Tanpa sensor flicker, hasil foto bisa memiliki kedipan, seperti ketika memfoto layar. Namun dengan sensor flicker ini, hasil foto bisa lebih jelas dan jernih tanpa kedip/artefak.

vivo y100 5g
sumber: : Website resmi Vivo

Selain itu, kamera ponsel ini juga memiliki lensa aspherical. Jenis lensa khusus ini berkontribusi pada kualitas gambar yang lebih baik, ukuran dan bobot lensa yang lebih ringan, serta kemampuan pengumpulan cahaya yang disempurnakan.

Kamera ini menjadi salah satu perbedaan Vivo Y100 5G Indonesia dengan versi global yang cukup mencolok.

Sekilas, versi Indonesia mungkin tidak secanggih versi global yang menggunakan kamera 64 MP dengan OIS, namun hasil kamera Vivo Y100 ini masih bisa diadu dengan ponsel 4 jutaan lainnya.

Terbukti, hasil foto Vivo Y100 5G nampak tajam, jernih, dan jelas dalam berbagai kondisi. Komposisi warnanya juga terlihat baik.

vivo y100 5g
hasil foto Vivo Y100 5G Indonesia –

ADVERTISEMENT

Spesifikasi Unggulan

Dibalik tampilannya yang stylish, ponsel ini memiliki jeroan yang mantap. Bagaimana tidak, ponsel ini mengusung chipset Snapdragon 4 Gen 2 (4nm), satu-satunya yang masuk ke Indonesia untuk saat ini.

Chipset kelas atas ini dipadukan dengan RAM 8+8, atau 8 GB RAM dengan tambahan RAM extension hingga 8 GB. Ini berarti ponsel dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar, bahkan yang memerlukan banyak memori.

Hardware yang canggih ini dikombinasikan dengan software yang mantap. Melalui Fun Touch OS 14 yang terkenal dengan antarmuka yang ramah, Vivo menghadirkan pengalaman menggunakan ponsel yang nyaman dan mulus.

Pengujian Gadgetin menggunakan ponsel ini untuk bermain Mobile Legend menunjukkan ponsel ini bisa mendapatkan frame rate 60 fps, sementara untuk game Genshin Impact bisa mendapatkan 40 fps.

4 Tahun Proteksi Baterai

Yang mengesankannya lagi, Vivo memberi garansi khusus untuk baterai Vivo 100 Y. Pabrikan ini berani menjamin bahwa battery health tidak akan turun lebih dari 80% dalam 4 tahun.

Jika terbukti turun, pengguna bisa mengajukan pergantian baterai secara gratis. Tentunya ini adalah bukti dedikasi Vivo terhadap pelangganya.

ADVERTISEMENT

Keterediaan dan Harga Vivo Y100 5G di Indonesia

Ponsel ini hadi secara resmi dalam dua varian, yaitu dengan memori storage 128 GB dan memori storage 256 GB.

  • Vivo Y100 5G storage 128 GB – harga Rp 3.899.000
  • Vivo Y100 5G storage 256 GB – harga Rp 4.199.000

Spesifikasi keduanya tidak jauh berbeda, karena sama-sama memiliki RAM 8+8.

Telah dirilis secara resmi pada 25 Januari lalu, Vivo Y100 5G ini bisa didapatkan secara online melalui website resminya maupun Shopee dan Akulaku. Ponsel ini juga bisa didapatkan melalui peritel resmi Vivo yang tersebar di Indonesia.

Akhir Kata

Sebagai penutup, Vivo Y100 5G ini dengan jelas menetapkan dirinya sebagai ponsel stylish yang serba bisa atau ‘all-rounder’ yang mampu memenuhi kebutuhan beragam pengguna.

Dengan fitur-fitur lengkap yang ditawarkannya, mulai dari NFC hingga dual speaker, ponsel ini tidak hanya menawarkan kenyamanan dan efisiensi dalam transaksi sehari-hari, tetapi juga pengalaman multimedia yang mengesankan.

NFC, yang semakin menjadi kebutuhan dalam era digital saat ini, memungkinkan pembayaran tanpa kontak yang cepat dan aman, serta pertukaran data yang mudah.

Sementara itu, dual speaker-nya memberikan pengalaman audio yang kaya dan mendalam, baik untuk menikmati musik, menonton video, atau bermain game.

Dengan menggabungkan teknologi canggih, desain yang elegan, Vivo membuktikan bahwa slogan Mantap Y memang benar-benar merepresentasikan kemantapan ponsel VivoY100 5G ini.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan di kolom komentar. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintartekno.id seputar Ponsel, Gadget atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silahkan hubungi kami via admin@pintartekno.id


Referensi

  • vivo Y100 5G – https://www.vivo.com/id/products/y100-5g/
  • Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU! Review vivo Y100 5G – https://www.youtube.com/watch?v=e7c3c_jPDrc
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *