Tips Upgrade Storage Laptop & PC, Makin Lega & Sat-Set!

Hanif 11 Jan 2024 5 Menit 0

Bagaimana cara upgrade storage laptop? Bagi kalian yang hobi koleksi film, TV series, drama Korea, atau game AAA, pasti butuh penyimpanan yang besar.

Selain kapasitas, upgrade memory penyimpanan laptop atau PC ini juga bisa memberikan nafas segar bagi perangkat lama yang masih menggunakan HDD.

Kini, SSD mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 20X lebih cepat dibandingkan HDD. Jadi, cukup upgrade SSD saja bisa membuat laptop atau komputer lama jadi lebih gesit dan sat-set.

Namun, tentu saja soket dan teknologi juga harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan cara upgrade memory PC di bawah ini.

Mengapa Upgrade Storage

Ada dua alasan mengapa mengganti storage, yaitu untuk:

  1. Menambah kapasitas penyimpanan laptop/PC
  2. Membuat komputer lama menjadi lebih cepat (upgrade SSD)

Menambah Kapasitas Penyimpanan

Menambah kapasitas penyimpanan pada laptop atau PC merupakan alasan penting lainnya untuk melakukan upgrade hard disk.

Di era digital saat ini, di mana jumlah dan ukuran file seperti video beresolusi tinggi, foto berukuran besar, aplikasi, dan game terus meningkat, kapasitas penyimpanan yang memadai menjadi kebutuhan esensial.

Membuat Komputer Lama Lebih Cepat

Jika laptop atau komputer lama Anda masih menggunakan HDD, melakukan upgrade ke Solid State Drive (SSD) adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan kehidupan baru pada sistem komputer lama Anda.

Dibandingkan dengan Hard Disk Drive (HDD) tradisional, SSD menawarkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat.

Sebagai contoh, HDD 5400 RPM biasanya menawarkan kecepatan baca/tulis sekitar 100 MB/detik, sedangkan SSD SATA dapat mencapai kecepatan hingga 550 MB/detik.

Lebih jauh lagi, SSD NVMe menggunakan antarmuka PCIe untuk menyediakan laju transfer yang sangat tinggi, sering kali melebihi 2000 MB/detik, dan dalam beberapa kasus, mencapai 3500 MB/detik atau lebih.

Ini tidak hanya membantu ketika proses copy paste, tetapi juga ketika browsing di file explorer, menjalankan program, dan termasuk juga proses booting Windows yang jadi lebih cepat.

Ini karena semua proses di atas membutuhkan loading dari memori storage. Jadi, upgrade dari HDD ke SSD ini bisa memberikan nafas baru bagi perangkat lama agar tetap bisa berfungsi mengikuti perkembangan zaman.

Pertimbangan Ketika Upgrade Storage

Sebelum membeli SSD atau hardisk untuk upgrade PC, tentu saja ada beberapa hal ayng perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, seperti:

  1. Slot dan ruang yang tersedia
  2. Harga
  3. Kapasitas yang dibutuhkan

1. Slot dan ruang yang tersedia

Bagi pengguna komputer, biasanya ini menjadi hal yang tidak terlalu dikhawatirkan karena umumnya motherboard keluaran terbaru sudah menyertakan banyak slot yang bisa digunakan sebagai ekstensi SSD atau HDD.

Namun, bagi pengguna laptop, belum tentu ada slot penyimpanan tambahan yang tersedia. Sehingga pengguna laptop lama terkadang perlu mengorbankan optical drive dan menggantinya dengan HDD caddy.

Namun, beberapa laptop keluaran terkini juga menyediakan slot M.2 NVMe atau SATA sebagai ekstensi untuk upgrade. Jadi, storage drive lama masih bisa dipertahankan.

Kamu bisa membuka casing PC atau membongkar untuk membuka motherboard laptop untuk melihat apakah ada slot yang tersedia. Bisa juga dengan melihat manual books.

2. Harga

HDD menawarkan perbandingan harga dan kapasitas yang lebih baik, misalnya HDD dengan kapasitas 1tb bisa didapatkan dengan harga Rp 400 ribuan.

Namun, dengan harga yang sama, kapasitas yang didapatkan untuk SSD hanya 512 GB.

Jadi, HDD cocok bagi yang ingin upgrade sistem yang sudah menggunakan SSD untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar dan tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi.

Tapi bagi yang ingin merasakan performa terbaik dari sebuah PC, SSD menjadi pilihan yang harus dibayar dengan lebih mahal.

3. Kapasitas yang dibutuhkan

Pertimbangkan jumlah data yang saat ini Anda miliki dan perkiraan pertumbuhan data di masa depan. Jika Anda sering menyimpan file besar seperti video beresolusi tinggi, foto berkualitas tinggi, atau game AAA besar, Anda mungkin memerlukan kapasitas yang lebih besar.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *