Apa Itu Content Credentials? Bukti Dukungan Adobe terhadap Creator

Hanif 25 Nov 2023 3 Menit 0

Content Credentials kini menjadi andalan kreator dalam melindungi kontennya. Terutama di era digital di mana pencaplokan karya seni jamak terjadi, inovasi kreatif ini mampu menjawab tantangan maraknya penyalahgunaan foto.

Dengan memperkenalkan konsep Content Credentials, Adobe tidak hanya menunjukkan dukungannya terhadap creator, tetapi juga berupaya meningkatkan transparansi dan kepercayaan dalam ekosistem digital.

Inisiatif ini membuka jalan bagi era baru dalam verifikasi dan integritas konten, termasuk karya dari Adobe Firefly.

Dngan begitu, karya asli dapat diakui dan dipercaya meski digempur aliran informasi yang tak terbatas di dunia maya.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Content Credentials

Content Credentials merujuk pada informasi digital yang terkait dengan konten kreatif, seperti gambar atau video, yang menyediakan detail tentang asal-usul, pembuat, dan perubahan yang telah dilakukan pada konten tersebut.

Lebih spesifiknya, Content Credentials adalah jenis metadata yang bersifat tamper-evident/anti-rusak yang dapat dilampirkan oleh pencipta pada konten.

Jadi, bisa dibilang Content Credentials adalah paspor untuk karya digital.

Content-credential-banner adobe

Kredensial Konten adalah bagian dari Content Authenticity Initiative (CAI), yang merupakan ekosistem teknologi yang terus berkembang yang didedikasikan untuk memulihkan kepercayaan secara online dengan menciptakan cara standar untuk berbagi konten digital tanpa kehilangan detail kontekstual utama.

Adobe turut mendirikan organisasi pengembangan standar, Coalition for Content Provenance and Authenticity(C2PA), untuk mengembangkan standar global yang terbuka untuk berbagi informasi ini di seluruh platform dan situs web di luar produk Adobe.

Kredensial Konten saat ini tersedia di beberapa aplikasi Adobe, termasuk Photoshop, Lightroom, Firefly Web, Illustrator, dan Adobe Express.

ADVERTISEMENT

Mengapa Content Credentials Penting?

Disamping tujuan utama untuk meningkatkan transparansi dan kepercayaan dalam konten digital, ada beberapa alasan lain yang membuat content credentials penting.

Ini menjadi semakin penting di era AI, dimana pembuatan dan pengubahan gambar semakin mudah dilakukan.

  • Verifikasi Keaslian dan Integritas Konten
    Dengan adanya informasi terperinci tentang pembuat, asal, dan riwayat perubahan konten, Content Credentials memungkinkan pengguna untuk memverifikasi keaslian dan integritas konten. Ini sangat penting di era di mana manipulasi konten digital dan berita palsu menjadi semakin umum.
  • Melindungi Hak Cipta dan Karya Intelektual
    Content Credentials membantu melindungi hak cipta dan karya intelektual dengan menyediakan bukti kepemilikan dan asal-usul kreatif. Dengan begitu para creator dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan pengakuan dan kompensasi yang layak atas karya mereka.
  • Memudahkan PelacakanKonten
    Untuk organisasi dan perusahaan yang mengelola sejumlah besar konten, Content Credentials memudahkan pelacakan dan manajemen konten, termasuk pemantauan penggunaan dan distribusi konten.
  • Mendukung Etika dan Tanggung Jawab
    Dengan menyediakan cara yang jelas untuk melacak dan menampilkan informasi tentang konten, Content Credentials mendorong etika dan tanggung jawab dalam penciptaan dan distribusi konten.

Secara keseluruhan, Content Credentials memainkan peran kunci dalam memastikan lingkungan digital yang lebih aman, transparan, dan dapat dipercaya, yang menguntungkan baik pembuat maupun konsumen konten.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Content Credentials bekerja?

Content Credentials melampirkan informasi tambahan pada konten saat diekspor atau diunduh, disimpan dalam serangkaian metadata khusus yang tahan terhadap perusakan yang disebut Kredensial Konten

Kredensial Konten menyertai konten terkait ke mana pun konten tersebut pergi, sehingga memungkinkan setiap orang untuk menikmati konten dan konteks secara bersama-sama.

Content Credentials umumnya secara otomatis menerapkan infomrasi berikut pada aset yang dihasilkan dengan fitur Adobe Firefly:

  • Output thumbnail
  • Issuer
  • Content summary
  • Connections to pre-existing Content Credentials

Kredensial Konten dapat disimpan dengan dua cara: dilampirkan ke file secara langsung atau dipublikasikan ke cloud Kredensial Konten publik, yang terpisah dari penyimpanan file cloud yang disertakan dalam paket Adobe Anda

Jika mereka pernah dihapus dari konten Anda, mereka dapat dipulihkan dengan Verifikasi

ADVERTISEMENT

Akhir Kata

Content Credentials muncul sebagai solusi inovatif dan penting dalam menghadapi tantangan keaslian dan integritas dalam era digital yang terus berkembang.

Dengan menyediakan metadata terperinci yang tersemat dalam konten digital, Content Credentials tidak hanya meningkatkan transparansi dan memudahkan verifikasi keaslian, tetapi juga memberikan perlindungan yang sangat dibutuhkan bagi hak cipta dan karya intelektual para creator.

Inisiatif ini, yang didukung oleh pemimpin industri seperti Adobe, menandai langkah maju yang signifikan dalam membangun kepercayaan dan etika dalam dunia digital.

Content Credentials, oleh karena itu, bukan hanya tentang melindungi konten, tetapi juga tentang memelihara lingkungan digital yang lebih aman dan lebih transparan untuk semua.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Desain, Artificial Intelligence atau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *