Cara Mendapatkan Emoji Baru di WhatsApp HP Android dan iPhone 2023

Anisa 21 Dec 2022 3 Menit 0

Kamu nggak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga apalagi ilegal buat dapetin emoticon WA lho! Sebab, cara mendapatkan emoji baru di WhatsApp yang terbaru saat ini jauh lebih mudah dan cepat.

Hanya menggunakan beberapa teknik saja kamu sudah bisa menemukan beragam emoji baru dari Meta.

Langkah-langkahnya juga cukup berbeda dengan cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsAppyang memerlukan aplikasi helper untuk mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian ekstrak, dan sebagainya.

Penasaran kan, gimana caranya? Baca dulu yuk sampai tuntas, biar nggak bingung lagi!

ADVERTISEMENT

Apa itu Emoji WhatsApp?

Dalam Bahasa Jepang Emoji (emoticon) merupakan sebuah karakter atau gambar unik yang digunakan untuk mempresentasikan dan mengekspresikan reaksi maupun mimik seseorang dalam menanggapi sesuatu.

Sebelum kemunculan aplikasi WhatsApp, emoji telah digunakan untuk pesan teks biasa seperti SMS, kemudian makin variatif ketika dikembangkan oleh platform media sosial BBM, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

WhatsApp pun menyediakan ratusan emoji dengan beragam kategori. Mulai dari emoji wajah, hewan, tanaman, perkakas, food and beverage, transportasi, hobi, bangunan, bendera, perasaan, dan masih banyak lagi.

Emoji atau emot tersebut terus bertambah seiring berjalannya WhatsApp merilis fitur baru bagi pengguna.

Contoh saja Toko Avatar WhatsApp di Indonesia yang belum lama ini diluncurkan dan mulai digunakan oleh sejumlah pengguna untuk mengekspresikan gaya mereka masing-masing.

Lalu bagaimana cara mendapatkan emoji baru di WhatsApp tanpa harus mengunduh aplikasi seperti Wemoji, Facemoji, dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

Cara Mendapatkan Emoji Baru di WhatsApp

Sebenarnya kamu tidak perlu download WhatsApp GB untuk menikmati segudang emoji keren yang ada di aplikasi multimedia ini.

Cukup update WhatsApp ke versi terbaru di HP android atau iPhone dan dapatkan emoji-emoji paling anyar yang sudah ditambahkan oleh Meta.

Inilah langkah-langkah cara mendapatkan emoji baru di WhatsApp yang bisa kamu ikuti:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan mulai ketikkan apa saja ke teman atau ke nomor kamu sendiri
    emoji baru di whatsapp
  2. Kemudian klik ikon emoji di layar sudut kiri bagian bawah
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp
  3. Setelah itu, kamu klik ikon kaca pembesar
    tutorial mendapatkan emoji baru WA
  4. Baru deh, ketikkan nama ekspresi atau emoji WA yang kamu inginkan. Misalnya: senang, lelah, mengantuk, sedih, marah, dan sebagainya.
  5. Terakhir klik emoji tersebut dan kirim deh ke teman kamu.

Nah, begitulah cara mendapatkan emoji baru di WA Android saat ini. Mudah sekali kan? Kamu tidak perlu download WhatsApp Mod atau lainnya, karena pakai aplikasi resminya saja sudah bisa menikmati aneka emoji yang lucu-lucu dan menggemaskan.

ADVERTISEMENT

Cara Mendapatkan Emoji Baru WA di iPhone Terbaru

Tutorialnya hampir sama dengan cara-cara di atas, hanya saja bagi pengguna iPhone harus memastikan telah mengatur Software Update ke versi terbaru agar dapat melihat emoji terbaru di WA.

Jika kamu pengguna baru dan belum tahu caranya, penting banget nih baca panduan lengkapnya berikut:

  1. Buka Settings atau Pengaturan
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

  2. Kemudian, scroll ke bawah dan klik Umum atau General

    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

  3. Lalu, silakan kamu pilih opsi Papan Ketik (Keyboard) dan klik lagi Papan Ketik
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

  4. Setelah itu, atur dengan memilih Bahasa Indonesia atau English (Opsional), kemudian klik Tambah Papan Ketik Baru (Add New Keyboard)
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

  5. Kamu ketikkan emoji di kolom pencarian dan klik saja Emoji untuk menambahkan keyboard emoji di WhatsApp versi iPhone
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

  6. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp dan kamu klik ikon emoji di sudut layar kiri bagian bawah
    cara mendapatkan emoji baru di whatsapp

    source: YouTube.com/unlockforce2023

Dengan begitu, kamu dapat menerapkan atau menggunakan emoji WA terbaru lewat iPhone.

Biasanya emoji iPhone lebih variatif dan agak berbeda dari emoticon WhatsApp pada android.

ADVERTISEMENT

Penyebab Emoji Baru Tidak Muncul di WhatsApp

Pernah nggak sih kamu mempertanyakan “kenapa emoji baru tidak muncul di iPhone?” atau “kok susah ya cari nama emoji WhatsApp meski sudah mengetikkan berbagai kata kunci ekspresi?”

Eits, perlu kamu ketahui nih, jika ada beberapa penyebab emoji baru tersebut tidak muncul di WhatsApp.

Inilah faktor-faktor tersebut!

  • Kamu memilih pengaturan Bahasa Indonesia untuk HP kamu dan juga WhatsApp, sehingga ketika mengetikkan nama emoji dengan Bahasa Inggris, karakter tersebut tidak muncul. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan pengaturan yang kamu pilih. Begitu pula sebaliknya.
  • WhatsApp belum kamu update ke versi terbaru atau update otomatis di HP kamu matikan, sehingga yang muncul masih emoji-emoji lawas

Kedua faktor di atas paling sering dialami oleh pengguna baru atau mereka yang belum sempat mengutak-atik pengaturan di ponselnya.

Padahal usai WhatsApp merilis 21 emoji baru di bulan Desember tahun ini, ada beberapa karakter baru lagi lho bila kamu memperhatikannya!

Sebut saja seperti emoji wajah dan tangan memegang mulut yang mengekspresikan rasa terkejut sekaligus tertegun di waktu bersamaan, emoji saluting face, dan total 107 lebih emoticon baru yang telah ditambahkan WhatsApp menjelang akhir 2022 kali ini.

FAQ

Akhir Kata

Nggak sulit kan untuk menemukan emoji baru yang telah dirilis oleh Meta? Kamu bahkan hanya memerlukan beberapa trik saja agar bisa mendapatkan ekspresi yang sesuai dengan keinginanmu.

Jika ada tata cara mendapatkan emoji baru di WhatsApp selanjutnya, kami akan segera menambahkannya.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintartekno on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintartekno.id seputar media sosial dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Cara menampilkan emoji di keyboard iphone – https://www.youtube.com/watch?v=XFSSkFLzyMA
  • Sebagian cara di atas dipraktikkan secara mandiri oleh Tim Pintartekno.id untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dan realistis
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *