WhatsApp sebenarnya sudah menyediakan WhatsApp Business denga fitur greeting, auto-reply, dan quick reply, namun bagi yang belum puas ada juga cara membuat Bot WA.
Dengan cara ini, kerja customer service dan CRM (Customer Relationship Management) bisa lebih optimal. Di era serba otomatis ini, bot WA memegang peran penting dalam membantu kita berinteraksi dengan lebih efisien. Dari berbagai industri hingga kehidupan sehari-hari, bot WA telah membuka berbagai peluang dan kemudahan.
Jadi, apa sebenarnya bot WA ini? Bagaimana cara kerjanya? Dan bagaimana bot ini bisa membantu kita dalam berkomunikasi? Yuk, mari kita bahas lebih lanjut di artikel ini. Ayo, kita mulai!
Apa itu Bot WA?
Ketika menghubungi nomor whatsapp bisnis, pasti pernah mendapatkan pesarn sapaan atau pesan balasan otomatis, kan? yang bunyi pesannya seperti template atau robot. Biasanya pesan ini dikirim dengan menggunakan antara WhatsApp Business atau Bot WA.
Bot WA atau WhatsApp Bot adalah suatu program otomatis yang diintegrasikan dengan layanan WhatsApp, yang dirancang untuk merespon atau mengirim pesan secara otomatis kepada pengguna.
Beberapa programmer kawakan bahkan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memahami dan merespon pesan yang masuk. Bayangkan memiliki customer service atau cusotmer support yang selalu siap setiap saat untuk menjawab pertanyaan atau permintaan. Jadi tidak takut pelanggan kabur, deh.
Baik itu menanyakan jadwal kerja, pesan makanan, sampai mengecek lama pengiriman barang, semuanya bisa dilakukan hanya dengan mengirim pesan ke bot WA ini. Namun, tidak semua WhatsApp bot secanggih ChatGPT, ya. Umumnya WhatsApp Bot memiliki fitur dasar seperti berikut
- AutoReply
- Greeting/Salam Selamat Datang
- Pemberitahuan/Pengingat
- Scheduling/Penjadwalan
- Label Kontak
- Tree chart/flow chart chat
Menarik, bukan? Tapi, bagaimana sih cara kerja bot ini dan bagaimana manfaatnya untuk kita? Ayo kita kupas lebih dalam di bagian berikutnya.
Manfaat Menggunakan Bot WhatsApp
Sebenarnya kan sudah ada WhatsApp Business? Lalu, mengapa perlu menggunakan WhatsApp Bot?
Terkadang bisnis menginginkan fleksibilitas dan fitur tambahan yang tidak bisa didapatkan di WhatsApp Business. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan Bot WhatsApp:
- Layanan Non-Stop
Bot WhatsApp dapat berfungsi 24/7, untuk menyapa pelanggan atau memberitahukan jika sedang diluar jam kerja. - Efisiensi Waktu
Bot dapat merespons pesan secara otomatis dan menyimpan template pesan, membantu menghemat waktu yang terbuang jika harus merespons setiap pesan secara manual. - Peningkatan Produktivitas
Bot memungkinkan Anda untuk melayani lebih banyak orang dalam waktu yang sama. Dengan bot, Anda bisa menangani ratusan atau bahkan ribuan percakapan sekaligus. - Kepuasan Pelanggan
Dengan respon cepat dan akurat, bot dapat membantu meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna. Meski beberapa orang kesal ketika mendapatkan balasan pesan bot, namun di sisi lain ini juga menjadi penanda bahwa bisnis dikelola secara serius dan profesional. - Menyimpan Informasi
Tidak jarang customer service mendapatkan comlpain untuk troubleshooting suatu produk. Chatbot mampu menyimpan jawaban otomatis atau template jawaban untuk dikirimkan dengan mudah kepada pelanggan.
Ingatlah, bot bukanlah pengganti interaksi manusia sepenuhnya, tetapi alat yang membantu memudahkan dan meningkatkan efisiensi komunikasi kita. Jadi, sudah siap untuk merasakan manfaatnya? Mari kita lanjutkan pembahasannya!
Cara Membuat Bot WA dengan Third Party (No Coding)
Mungkin, banyak yang membayangkan jika untuk membuat Bot Wa harus mengerti programming, coding, WhatsApp API dan banyak hal lainnya terkait server. Namun Sebenarnya aad pihak ketiga yang diluar WhatsApp yang menyediakan aplikasi bot WA.
Ini tentunya akan memudahakan pembuatan chatbot WA untuk orang awam yang tidak menguasai programming. Langsung saja, ini dia beberapa layanan yang menyediakan Bot WA.
1. Landbot
Landbot adalah platform pembangun chatbot no coding yang paling powerful, dirancang untuk membantu Anda meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional, dan memuaskan pelanggan.
Dengan fitur seperti WhatsApp Automation, Landbot memungkinkan Anda untuk menciptakan kampanye pemasaran percakapan, melibatkan pelanggan yang ada, dan menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa, semuanya di dalam WhatsApp.
Landbot menggunakan visual chatbot builder yang intuitif, Anda dapat menghemat waktu dan menerapkan chatbot dalam hitungan menit, bahkan tanpa pengalaman pengembangan.
Lebih dari sekedar chatbot, Landbot juga menyediakan alat untuk menganalisis kinerja melalui metrik, laporan, dan analitik channel yang dapat diekspor, layaknya aplikasi CRM.
Seluruh tim Anda dapat bekerja sama menggunakan manajer chat yang dilengkapi dengan aturan pengalihan, alat chat, dan pintasan cepat. Tampilan flowchart chat yang intuitif dari Landbot memudahkan pembuatan chatbot yang responsif dan efektif, menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai kebutuhan bisnis.
Caranya membuat WhatsApp Bot di Landbot seperti berikut
- Download Landbot melalui website resminya
- Jalankan Landbot
- Klik “Build a Chatbot” di kanan atas
- Kemudian Pilih “WhatsApp”
- Kamu bisa membuat chatbot berdasarkan template yang sudah ada atau membuatnya dari awal.
- Kemudian, kamu bisa mebuat tree diagram atau flow chart chat nya
- Test sebelum diluncurkan dengan menghubungkannyadengan WhatsApp
Kamu bisa menggunakan Landbot SandBox secara gratis selamanya. Namun, untuk akses kepada lebih banyak integrasi, kamu perlu menggunakan paket Starter dengan harga 30 Euro per bulan atau sekitar Rp 500.000 per bulan. Ada juga paket Pro dengan biaya 80 Euro per bulan atua sekitar Rp 1.340.000 per bulan.
2. Wotnot
Wotnot menyediakan solusi revolusioner untuk membangun chatbot WhatsApp dalam hitungan menit, tanpa menulis satu baris kode pun, menjadikannya pilihan yang sangat efisien untuk otomatisasi interaksi bisnis.
Melalui bot WA Wotnot, perusahaan dapat mengotomatiskan berbagai tugas bisnis, seperti dukungan pelanggan, pengumpulan umpan balik, pengayaan prospek, dan banyak lagi. Keunggulan ini datang dari WhatsApp, yang menjadi alat perpesanan terpopuler di dunia, sehingga membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas.
Dengan fokus pada pengembangan interaksi WhatsApp, Wotnot menawarkan kesempatan unik untuk mencapai prospek secara proaktif. Otomatisasi WhatsApp oleh Wotnot tidak hanya membantu dalam skala generasi prospek tetapi juga meningkatkan ROI dalam kampanye pemasaran Anda.
Desain chatbot WhatsApp dengan Wotnot menghilangkan hambatan teknis, memungkinkan tim Anda untuk merancang aliran percakapan secara visual. Evaluasi data chatbot Anda melalui dasbor analitik canggih, memberikan wawasan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat untuk hasil dan pengalaman yang lebih baik.
Selain itu, Wotnot menyediakan kemampuan Live Chat untuk mengelola komunikasi pelanggan lintas saluran dan meningkatkan dukungan real-time, serta Bot Builder untuk menciptakan chatbot yang kuat dan responsif tanpa kode.
Penekanan pada teknologi tanpa kode, analitik yang mendalam, dan fungsionalitas Live Chat menunjukkan otoritas Wotnot sebagai pemimpin dalam inovasi chatbot, dengan pendekatan yang ramah dan profesional yang sesuai dengan berbagai kebutuhan bisnis.
Ada paket gratis yang bisa digunakan, namun hanya terbatas 500 chats. Meski gratis, sudah bisa mengakses builder chatbot tanpa kode, dan template dengan dukungan artikel bantuan.
Sementara untuk versi berbayarnya ada Paket BASIC ($49/bulan). Selain semua fitur sebelumnya, ditambah lagi dengan batas chat hingga 2,000 chats, dan integrasi seperti Google Sheets dan Zapier, serta dukungan tiket dan chat.
Paket yang paling Populer, Starter, Mencakup semua fitur pada paket sebelumnya, ditambah 5,000 chats, dan fitur tambahan seperti WhatsApp API, bot external, permintaan HTTP, integrasi Google, dan lebih banyak lagi. Jika masih kurang, ada lagi paket yang lebih tinggi, ($299/bulan) dengan limit 10,000 chats, live chat, pembangun FAQ, integrasi CRM, manajer akun, sembunyikan branding, pelacakan link, dan integrasi tambahan seperti Airtable dan Slack.
Setiap paket dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, mulai dari yang dasar hingga fitur-fitur canggih untuk bisnis yang lebih kompleks.
3. Mekari Kontak
Baca Juga
Mekari Qontak, sebagai Mitra Resmi WhatsApp Business API di Indonesia, memberikan solusi komunikasi yang inovatif dan efisien untuk membantu bisnis meningkatkan penjualan dan pelayanan hingga 85%.
Dengan WhatsApp API, bisnis dapat menjangkau pelanggan secara lebih efisien melalui aplikasi WA, termasuk pengiriman pesan massal ke ribuan kontak sekaligus tanpa risiko diblokir.
Keunggulan utama dari Mekari Qontak meliputi:
- Tanda Centang Hijau Resmi dari API WhatsApp: Ini menambah kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.
- Unlimited Blast WhatsApp: Kirim pesan blast ke ribuan nomor dengan aman dan efektif.
- Chatbot WhatsApp yang Fleksibel: Bot ini mudah disesuaikan untuk melayani pelanggan secara otomatis 24/7.
- Integrasi dengan Aplikasi Populer: Mudah diintegrasikan dengan sistem bisnis apa pun, meningkatkan kolaborasi antar tim dengan akses satu nomor API WhatsApp untuk banyak agen.
Selain itu, Mekari Qontak juga menawarkan fitur agent routing otomatis yang memungkinkan pengaturan urutan jawaban pesan yang efisien. Tanda centang hijau pada WhatsApp API menunjukkan akun terverifikasi, meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.
WhatsApp Business API dari Mekari Qontak adalah alat yang penting bagi bisnis dari semua ukuran. Dengan fitur canggih seperti WhatsApp blast, chatbot otomatis, dan integrasi mudah, ini menjadi solusi yang dapat diandalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara efektif, memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.
Selain ketiga Penyedia Bot WhatsApp di atas sebenarnya masih banyak lagi bisnis yang serupa. Misalnya saja Barantum dan taptalk.io.
Cara Membuat Bot WA dari Awal Melalui Web Console
Jika ingin menekan biaya, atau bahkan ingin membuat bot WhatsApp yang tidak memakan biaya sama sekali, ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu gunakan.
Membuat bot WA (WhatsApp) menggunakan web console bisa menjadi proses yang cukup teknis. Namun, saya akan mencoba menjelaskannya dalam bentuk langkah-langkah yang semudah mungkin. Perlu diingat bahwa Anda harus mematuhi semua kebijakan WhatsApp saat membuat dan mengoperasikan bot.
1. Dapatkan Akses ke WhatsApp Business API
Anda perlu mengajukan permohonan akses ke WhatsApp Business API. Ini bisa dilakukan melalui penyedia layanan resmi yang bermitra dengan WhatsApp.
API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API digunakan untuk memesan operasi atau data dari program lain, sehingga dua perangkat lunak yang berbeda bisa berkomunikasi satu sama lain.
Dengan WhatsApp API, platform WA bisa berinteraksi dengan chatbot yang kamu bangun.
2. Pilih Platform untuk Bot Anda
Ada berbagai platform dan alat yang menyediakan antarmuka berbasis web untuk membangun chatbot WhatsApp. Contohnya termasuk Dialogflow, Twilio, atau bahkan menggunakan WhatsApp Business API secara langsung.
3. Buat Akun & Login ke Web Console:
Daftar dan login ke web console dari platform yang Anda pilih. Web console adalah antarmuka web yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengonfigurasi bot Anda.
Web console adalah antarmuka berbasis browser yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, server, atau platform tertentu melalui web. Web console memberikan cara yang mudah untuk mengelola berbagai aspek dari sistem atau layanan tanpa harus menginstal perangkat lunak khusus.
Contoh Web Console yang umum digunakan untuk Chat Bot adalah Google Cloud Console (GCP), Amazon Web Services (AWS).
Namun, bisa juga mengguankan web console lain seperti Microsoft Azure Portal, Kubernete, dan Twilio.
4. Rancang Percakapan Anda
Biasanya, akan ada pilihan untuk memulai proyek baru atau memilih template yang sudah ada. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Di web console, Anda akan dapat merancang alur percakapan bot Anda. Anda bisa menentukan pertanyaan yang diajukan bot dan jawaban yang diberikan, berdasarkan input dari pengguna.
5. Integrasikan dengan WhatsApp:
Anda akan perlu menghubungkan bot Anda dengan nomor WhatsApp Anda. Cara ini berbeda-beda tergantung platform, tetapi biasanya melibatkan pengaturan seperti token akses, nomor telepon, dll.
6. Uji Bot Anda
Sebelum live, uji bot Anda untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Banyak web console menyediakan alat untuk uji coba.
7.Luncurkan Bot Anda
Setelah Anda puas dengan uji coba, Anda bisa meluncurkan bot Anda. Itu sekarang akan merespons pesan yang dikirim ke nomor WhatsApp Anda.
8. Pantau & Tingkatkan
Gunakan analitik dan laporan (jika tersedia) untuk memantau bagaimana bot Anda berfungsi dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.
Perlu diingat bahwa detail spesifik mungkin berbeda tergantung pada platform yang Anda gunakan, dan beberapa langkah mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam. Selalu ada baiknya untuk membaca dokumentasi platform yang Anda gunakan dan mempertimbangkan bantuan dari seorang pengembang berpengalaman jika Anda merasa perlu.
Akhir Kata
Dan begitulah, seluruh pemaparan mengenai bot WhatsApp, termasuk apa itu bot, kegunaannya, serta manfaat yang dapat diperoleh. Teknologi memang selalu memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan kita, termasuk dalam hal berkomunikasi. Bot WhatsApp merupakan salah satu teknologi yang membantu kita berinteraksi dengan lebih efisien dan efektif.
Namun, selalu penting untuk diingat bahwa teknologi ini bukanlah pengganti komunikasi manusia, melainkan alat bantu untuk memperkaya pengalaman komunikasi kita.
PAda kesempatan ini belum bisa memberikan contoh spesifik mengenai Bot WA. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak cara yagn bisa digunakan untuk membangun bot WA.
Contoh lainnya adalah dengan menggunakan makro programming. Cara ini memungkinkan untuk membuat chatbot WA tanpa API WhatsApp. Meski memiliki limitasi tersendiri, namun cara tersebut bisa menjadi cara membat BOT WhatsApp dengan gratis.
Semoga artikel ini membantu kamu dalam memahami cara membuat BOT WhatsApp secara umum.
Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan PC & Laptopatau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.