Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO? Jangan Salah Beli

Nasikhun A. 30 Nov 2022 4 Menit 0

Bagi kamu yang baru mempelajari istilah-istilah dalam iPhone, mungkin masih belum tahu apa itu iPhone refurbished, rekondisi, dan CPO.

Seringkali, orang tertarik dengan istilah refurbished saat mengetahui harga gadget besutan Apple ini dengan harga hingga 15% lebih murah.

Apakah benar iPhone refurbished itu HP second? Bedanya dengan iPhone rekondisi apa? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Markimak. Mari kita simak 😉 ~

ADVERTISEMENT

A. Apa itu iPhone Refurbished, Rekondisi, dan CPO?

apa itu iphone refurbished rekondisi dan cpo

Ada beberapa perbedaan antara beberapa istilah tersebut.

ADVERTISEMENT

1. Apa itu iPhone Refurbished?

Secara istilah, refurbished artinya diperbarui. iPhone refurbishedadalah produk yang telah dikembalikan oleh pelanggan kepada Apple karena adanya kecacatan atau kerusakan.

Namun setelah dikembalikan, bukan berarti Apple langsung menjualnya lagi. Sebelum dijual, iPhone tersebut diperbaiki terlebih dahulu oleh pihak Apple.

Berarti apakah iPhone refurbished sama dengan iPhone secondhand? Beda. iPhone dengan kondisi refurbished ini artinya diperbarui hampir keseluruhan bagiannya.

Bagian yang diperbarui antara lain baterai, casing, bahkan hingga aksesorisnya juga diganti dengan yang baru.

Selain itu, iPhone refurbished juga dijual di toko resminya Apple pada halaman tersendiri dan juga tersertifikasi. Jadi iPhone tersebut benar-benar seperti baru.

ADVERTISEMENT

2. Apa itu Rekondisi?

apa itu iphone refurbished rekondisi dan cpo

Mungkin ada di antara kamu yang masih bingung apa bedanya refurbished dengan rekondisi.

iPhone rekondisi sebenarnya sama dengan iPhone refurbished. Hanya saja rekondisi adalah istilah dalam Bahasa Indonesianya.

Pada dasarnya, bukan hanya iPhone yang memiliki produk versi refurbished. Namun semua produk Apple – Mac, Apple iPad Pro, Watch hingga Apple TV, juga ada versi refurbished.

Produk-produk refurbished atau rekondisi ini dapat dibeli melalui official store atau toko resminya Apple dengan label certified refurbished.

ADVERTISEMENT

3. Apa itu CPO?

CPO adalah singkatan dari certified pre-owned yang berarti produk iPhone tersebut telah dites dan diperbaiki oleh dealer berizin Apple.

Produk iPhone CPO ini diinspeksi mulai dari fungsi hardware hingga software-nya, dan jika terjadi masalah, maka akan diperbaiki.

Sehingga produk CPO dapat dijual kembali dengan keadaan yang near-perfect condition atau mendekati sempurna, namun dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, terdapat garansi dari dealer atau toko yang menjual produk CPO, namun garansi tersebut bukan datang dari Apple.

Lantas, khusus kamu yang tertarik dengan iPhone refurbished, bagaimana cara membedakannya dengan iPhone original?

B. Cara Cek iPhone Refurbished atau Bukan

Misalnya kamu membeli iPhone 14 atau iPhone 14 Pro dan bertanya-tanya bagaimana cara melihat apakah produk tersebut refurbished atau bukan, maka tidak perlu bingung.

Untuk memeriksa apakah iPhone tersebut refurbished atau bukan, kamu dapat mengamati ciri iPhone refurbished dengan membuka Pengaturan atau Settings > pergi ke General > buka About.

apa itu iphone refurbished rekondisi dan cpo

Selanjutnya lihat pada bagian Model number; jika diawali dengan kode huruf F, berarti iPhone tersebut adalah produk refurbished dari Apple.

Berikut beberapa kode model number iPhone beserta artinya:

  • M – Jika terdapat huruf M di awal, berarti perangkat tersebut masih baru atau perangkat original yang baru dikeluarkan oleh Apple;
  • F – Jika terdapat huruf F di awal, berarti perangkat tersebut merupakan produk iPhone yang sudah refurbished atau iPhone bekas yang telah diperbaiki oleh Apple resmi;
  • P – Jika terdapat huruf P di awal, perangkat tersebut dijual sebagai perangkat yang telah dipersonalisasi dengan engraving;
  • N – Jika terdapat huruf N di awal, berarti merupakan produk replacement dari iPhone yang mengalami malfunction.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *