Cara Mengatasi Windows Error Recovery atau Tidak Bisa Masuk Windows 10

Hanif 22 Feb 2023 4 Menit 0

Ketika baru mau menggunakan laptop atau komputer, tetapi malah error tentunya sangat mengesalkan. Ada beberapa cara mengatasi Windows Error Recovery yang bisa dilakukan ketika hal tersebut terjadi.

Ketika masuk ke bluescreen Windows dan menemukan pesan Windows Error Recovery muncul, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini dan mengembalikan sistem operasi Windows ke kondisi normal.

Untuk mengetahui penyebab munculnya Windows Error Recovery dan cara mengatasinya, simak terus artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Windows Error Recovery

Windows Error Recovery adalah pesan kesalahan yang muncul pada layar komputer atau laptop ketika sistem operasi Windows Anda tidak dapat memulai dengan normal. Pesan ini biasanya ditampilkan pada layar hitam atau biru setelah Anda menyalakan komputer Anda.

Windows Error Recovery menyediakan beberapa opsi pemulihan, seperti memulihkan sistem dengan menggunakan titik pemulihan sistem, melakukan pemindaian virus, atau memulihkan sistem ke konfigurasi pabrik.

Tujuan dari Windows Error Recovery adalah untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan sistem operasi Windows tidak dapat memulai dengan normal dan mengembalikan sistem ke kondisi normal. Meskipun dapat menyebabkan kekhawatiran bagi pengguna, Windows Error Recovery biasanya dapat diatasi dengan beberapa langkah yang tepat.

windows error - Cara Mengatasi Windows Error Recovery

tampilan Windows Recovery – Windows Central

Penyebab Windows Error Recovery

Windows Error Recovery terjadi ketika sistem operasi Windows Anda tidak dapat memulai dengan normal dan kemudian mencoba untuk memperbaiki dirinya sendiri. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk:

  • Gangguan pada proses booting: Proses booting dapat terganggu karena berbagai alasan, seperti perangkat keras yang tidak terpasang dengan benar, kerusakan pada file sistem atau registri Windows, atau kerusakan pada file boot Windows.
  • Kegagalan hardware: Kegagalan perangkat keras, seperti hard drive yang rusak atau RAM yang rusak, dapat menyebabkan masalah booting pada komputer Anda.
  • Masalah pada driver: Driver yang rusak atau tidak sesuai dengan perangkat keras dapat menyebabkan masalah pada sistem operasi Windows Anda dan menyebabkan masalah booting.
  • Malware: Virus atau malware dapat menyebabkan kerusakan pada file sistem dan menyebabkan masalah booting pada komputer Anda.
  • Pemutusan daya: Pemutusan daya yang tidak terduga saat sistem operasi Windows Anda sedang berjalan dapat menyebabkan masalah booting ketika Anda mencoba untuk menghidupkan komputer kembali.

Semua faktor di atas dapat menyebabkan masalah booting pada komputer Anda dan memicu munculnya pesan Windows Error Recovery di layar.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Setelah mengetahui faktor penyebab yang mungkin menyebabkan error recovery, Berikut adalah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi Windows Error Recovery.

1. Restart Komputer

Terkadang masalah ini bisa diselesaikan dengan melakukan restart perangkat komputer. Ketika halaman ini muncul, terkadang ada pilihan untuk restart.

Restart mampu mengembalikan data yang error atau bug yang mungkin terjadi ketika proses booting Windows. Selain itu, restart juga bisa membersihkan cache dan menghilangkan masalah sementara.

Namun, jika Windows Recovery masih juga muncul, ikuti langkah di bawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

2. Lepaskan Hardware atau Perangkat Keras yang Terhubung

Setelah masuk ke halaman Windows Recovery, matikan komputer dan cobalah untuk melepas perangkat yang terhubung. Misalnya Anda dapat melepas webcam, RAM, Harddisk, dan baterai (jika menggunakan laptop).

Jika menggunakan komputer, lepas power supply. Tunggu beberapa detik dan pasang kembali komponen tersebut pada tempatnya, kemudian, nyalakan komputer/laptop.

3, Jalankan Windows Repair

Cara lain untuk mengatasi tidak bisa booting Windows adalah dengan memilih repair your computer. Ketika Widows Error Recovery muncul, pilih menu “Repair Your Computer”.

Kemudian, pada halaman Recovery Option, Anda dapat memilih “Startup Repair”.

Windows akan menjalankan System Repair yang secara otomatis mencari penyebab yang menyebabkan kegagalan untuk booting Windows dan memperbaikinya. Proses ini bisa saja berlangsung cepat maupun lama.

4. System Restore

System Restore adalah fitur Windows yang memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan pengaturan pada waktu tertentu. Sehingga jika ada perubahan pengaturan yang menyebabkan Windows gagal booting bisa dikembalikan ke keadaan ke pengaturan sebelumnya yang masih normal.

Untuk masuk ke halaman ini, restart PC kemudian tekan F8 hingga muncul Recovery options. Pada pilihan menu yang muncul, pilih system restore dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Pada saat ditampilkan restore point, yang tersimpan, Anda dapat memilih tanggal ketika komputer tersebut bisa booting Windows dengan lancar.

5. Gunakan LKGC (Last Known Good Configuration) untuk Booting

Mirip seperti cara sebelumnya, LKGC akan mengembalikan Sistem Windows ke pengaturan yang baik secara otomatis. Untuk memunculkan pilihan ini caranya pun juga mirip.

Restart kemudian tekan F8 hingga Advanced Boot Option Muncul. PAda pilihan yang muncul, pilih menu “Las Known Good Configuration”

Secara Otomatis, Komputer akan melakukan booting dengan menggunakan pengaturan sistem boot yang sebelumnya berhasil.

6. Command Prompt

Command Prompt bisa digunakan untuk memberikan perintah perubahan mengenai sistem Windows. beberapa perintah yang bisa diberikan mulai dari perintah rebuild file BCD hingga ignore boot failure.

Tapi sebelum memasukkan perintah tersebut, tentunya Anda perlu masuk ke command prompt.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *