Waduh! WhatsApp Tidak Bisa Lagi Dipakai di Ponsel Ini Per Akhir Oktober 2022

Nasikhun A. 10 Oct 2022 2 Menit 0

Eksistensi WhatsApp telah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat global. Tak ayal jika aplikasi ini masuk dalam 3 teratas aplikasi paling populer.

Menurut data Statista (2022), WhatsApp adalah aplikasi berkirim pesan paling populer berdasarkan pengguna aktif bulanan.

Pengguna bulanan aktif WhatsApp mencapai 2,000 juta, menjadikannya aplikasi messenger nomor wahid, diikuti WeChat dan Facebook Messenger di urutan ke 2 dan ke 3.

Terlebih fitur-fitur sederhana WhatsApp yang mudah digunakan, seperti cara mengaktifkan centang biru di WhatsApp, tentu membuat user-nya betah.

Dengan pengguna yang melimpah, WhatsApp terus meng-upgrade layanannya. Namun ini berdampak pada beberapa jenis ponsel yang tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Misalnya saja, bagi pengguna iPhone dengan sistem operasi di bawah versi iOS 12, nantinya tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi besutan negeri Paman Sam ini.

Jadi jika kamu pengguna iPhone iOS 11 atau yang lebih lama, per tanggal 24 Oktober 2022 harus meng-upgrade OS tersebut.

ADVERTISEMENT

Model iPhone Apa Saja yang Terdampak?

Bagi user iPhone 5s, iPhone 6, dan iPhone 6s masih mungkin bisa menggunakan WhatsApp, namun perlu memperbarui sistem operasinya menjadi iOS 12.

iPhone yang akan sangat terdampak adalah model iPhone 5 dan 5c. Hal ini dikarenakan kedua versi iPhone tersebut menggunakan sistem operasi iOS 11 dan tidak bisa di-upgrade.

Sementara itu, jenis iPhone yang lebih lama, yakni iPhone 4 dan 4s tentu juga mengalami kasus yang sama. Karena tidak kompatibel untuk di-upgrade ke iOS lebih tinggi lagi.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Nasib Pengguna Android?

Pengguna Android dengan OS 4.1 atau Jelly Bean akan mengalami hal yang sama, tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp per tanggal 24 Oktober 2022 mendatang.

Hal ini dikarenakan sistem aplikasi WhatsApp mengalami perkembangan dan penyesuaian fitur yang tidak memungkinkan dioperasikan di Android lama.

Sehingga ponsel sekelas Samsung Galaxy S3 Mini hingga Samsung Galaxy Ace 2 tidak dapat menggunakan WhatsApp.

ADVERTISEMENT

Mengapa WhatsApp Tidak Bisa Digunakan Sekarang?

Bagi kamu yang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini, kemungkinan itu bukan dampak dari pemblokiran seperti yang terjadi pada ponsel dengan iOS 11 ke bawah.

Karena finalisasi kebijakan pemblokiran penggunaan WhatsApp tersebut masih akan dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2022 mendatang.

Namun ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab WhatsApp kamu tidak berfungsi.

Karena WhatsApp merupakan aplikasi berbasis internet, ada kemungkinan jika gangguan tersebut dikarenakan koneksi internet yang bermasalah.

ADVERTISEMENT

Sudah Cek HP Kamu Bakal Terdampak atau Tidak?

Untuk mengecek versi sistem operasi di HP kamu, kamu bisa membuka Pengaturan > gulir ke paling bawah, dan klik About Phone.

Di sana akan kamu temui informasi mengenai jenis Android di ponsel kamu. Pastika bahwa HP-mu aman, ya.

Nah, dari penjelasan ini, ada nggak sih yang masih belum kamu pahami atau kamu mengalami kendala dalam prosesnya? Atau malah kamu menemukan cara yang berbeda?

Jika ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke email kami di contact@tonjoo.com atau meninggalkan pesan di kolom komentar.


Baca juga artikel dan berita menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Tutorial Android, Gadget atau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.

Diperbarui: 11/01/2023


Sumber:

  • https://tech.co/news/whatsapp-stop-working-iphone
  • https://www.statista.com/topics/2018/whatsapp/#topicHeader__wrapper
Bagikan ke:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *