Cara Video Call WhatsApp di Laptop, Memangnya Bisa Tanpa Aplikasi?

Anisa Juniardi 07 Dec 2022 4 Menit 0

Memangnya bisa ya membuat panggilan video WhatsApp di PC? Rupanya begini lho cara video call WhatsApp di laptop!

Mungkin kamu juga sempat bingung karena tidak ada menu apalagi daftar panggilan masuk dan keluar di sebelah kolom chat.

Padahal jika melihat pengaturan WA messenger di HP, fitur VC sangat mudah ditemukan dan bisa langsung digunakan. Hal ini

Makanya, simak dulu yuk cara menggunakan WhatsApp Web di komputer atau laptop beserta tutorial membuat panggilan video yang benar agar berhasil tampil di layar monitor.

Tentang Video Call di WhatsApp Web

Sejak WhatsApp merilis fitur baru beberapa bulan belakangan ini, banyak perubahan yang dirasakan oleh pengguna WA messenger di HP maupun WA web juga desktop.

Salah satunya yakni WhatsApp akhirnya merilis fitur video call khusus versi desktop.

Pengguna yang ingin mencoba fitur tersebut harus mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop terlebih dahulu di Microsoft Store, Apple Store, Google Store, dan sebagainya. Jadi, nggak bisa nih hanya mengandalkan web browser saja, tapi harus instal aplikasinya dulu.

Nah, Video Call yang dirilis untuk WhatsApp Web ini dapat dijalankan di laptop dengan sistem operasi Windows 64-bit versi 1903 dan yang terbaru serta MacBook 10.13 ke atas.

Dengan kata lain pengguna harus mengetahui cara melihat versi Windows, 7, 8, dan 10 terlebih dahulu dan mencocokkan; apakah fitur Video Call WhatsApp dapat dioperasikan pada perangkat yang sedang digunakan saat ini?

Jika saat mengklik fitur kamera tetapi tidak ada opsi Video Call, berarti sistem operasi Windows belum mendukung untuk aktivitas tersebut.

Terus gimana dong? Mau nggak mau, pengguna harus menggantinya dengan perangkat baru.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop Windows 10

Tahukah kamu? Video Call di WhatsApp ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video tetapi juga untuk panggilan suara seperti biasanya dalam sebuah grup atau komunitas.

Fitur yang telah disempurnakan oleh Meta ini juga aman dan sudah terenkripsi layaknya kode keamanan WhatsApp seperti biasanya, sehingga pihak WA juga tidak akan bisa mendengar, bahkan melihat pengguna yang sedang melakukan panggilan baik melalui smartphone maupun PC.

Lalu, bagaimana cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator?

Pertama-tama, kamu harus meng-install terlebih dahulu WhatsApp desktop. Ingat ya, WA versi dekstop bukan WhatsApp Web.

cara mengaktifkan video call di whatsapp di laptop

Selanjutnya, buka WA di HP dan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas untuk menuju ke berbagai menu. Silakan pilih menu Perangkat Tertaut untuk scan QR Code WhatsApp.

cara video call whatsapp web di laptop tanpa aplikasi

Pilih TAUTKAN PERANGKAT dan arahkan kamera ponsel ke gambar barcode yang muncul di layar laptop atau komputer. Pastikan layar tidak kotor, sehingga QR Code terpindai dengan cepat dan sempurna.

video call whatsapp di laptop tidak ada suara

Tunggu proses sinkronisasi selesai dan kamu pun berhasil membuka tampilan utama WhatsApp.

cara agar whatsapp di laptop bisa video call

source: Serba Serbi Tutorial on YouTube

Berikutnya, kamu klik salah satu nama kontak di daftar chat dan klik ikon video di sudut kanan atas (di samping ikon panggilan suara).

cara whatsapp web di laptop bisa video call

source: Serba Serbi Tutorial on YouTube

Udah deh, panggilan video berhasil dan kamu dapat bertatap muka secara online dengan teman-teman yang lain!

Gampang kan cara video call WhatsApp di laptop? Terpenting laptop atau notebook kamu sudah mendukung untuk menggunakan fitur tersebut.

Kelebihan Video Call WhatsApp di Laptop bagi Pengguna

Melakukan video call lewat WhatsApp desktop sangat berguna bagi para pencari kerja yang sedang mengikuti wawancara online, mengobrol dengan teman sembari bekerja, dan lain-lain.

Selain itu fitur Video Call WhatsApp versi desktop ini juga dibekali oleh beberapa fitur yang memudahkan serta mendukung aktivitas pengguna seperti:

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Leave a Reply

Your email address will not be published.