5 Cara Melamar Kerja lewat WA sampai Dipanggil Interview [+Contoh]

Anisa 29 Dec 2022 4 Menit 0

Mencari pekerjaan sekarang sudah banyak dilakukan lewat sistem online seperti WhatsApp. Tapi gimana sih cara melamar kerja lewat WA yang baik dan benar biar bisa dipanggil sampai tahap interview?

Nah ternyata nih, ada beberapa hal yang mempengaruhi pelamar bisa diterima kerja dan ditolak oleh HRD perkara chat aja lho!

Makanya, kalau kamu berada di posisi yang sama, usahakan untuk memperhatikan penulisan, struktur tulisan, waktu pengiriman, dan beberapa hal penting lainnya.

Lebih jelasnya lagi, kamu dapat membaca secara detail poin penting berikut sekaligus tata caranya.

ADVERTISEMENT

Cara Melamar Kerja lewat WA yang Baik dan Benar

Sebelum melamar kerja melalui WhatsApp, kamu harus memastikan agar mengirimkan pesan saat jam kerja berlangsung.

Sebab, pada dasarnya lamaran kerja yang diketik di WA tidak berbeda jauh dengan lamaran yang dikemas via email.

Jadi, buat setulus dan sebaik mungkin serta hindari menggunakan fitur ChatGPT atau OpenAi untuk memudahkan pekerjaan tersebut.

ADVERTISEMENT

1. Buka WhatsApp dan Kirim Salam Pembuka

cara bikin lamaran kerja lewat whatsapp

Pertama-tama, silakan kamu update WhatsApp ke versi terbaru terlebih dahulu.

Setelah itu buka aplikasi WhatsApp dan kirim salam pembuka seperti ini

“Selamat Pagi, Bapak/Ibu HRD PT. ABATA Internasional”

Usahakan menyapa dengan sopan dan formal. Jangan menggunakan bahasa alay, mengetik ‘p’, sok akrab, dan sejenisnya yang bikin perusahaan merasa ilfeel.

ADVERTISEMENT

2. Perkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Setelah memberikan ucapan salam, langkah selanjutnya kamu bisa memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, lulusan, pengalaman kerja, dan alasan tertarik bergabung dengan perusahaan yang kamu inginkan.

Contoh sederhananya seperti ini:

cara chat lamaran kerja lewat wa

“Perkenalkan, saya Dedi Mahendra lulusan Pendidikan Ilmu Teknologi dan Komputer dari Universitas Putra Bangsa tahun 2020 dengan sejumlah pengalaman di beberapa bidang Teknologi.

Saya tertarik melamar pekerjaan di perusahaan Anda karena saya merasa sangat cocok dengan deskripsi pekerjaan sekaligus kualifikasi yang dicantumkan oleh PT. ABATA Internasional melalui iklan di lokerjogja.id.

Sebelumnya saya telah berhasil menyelesaikan berbagai project di bidang IT dan komunikasi sesuai dengan deadline atau waktu yang telah ditentukan klien. Beberapa perusahaan yang sempat bekerja sama dengan saya antara lain, PT Flame For Tbk, PT Candi Mulya, CV Mudajaya Yogyakarta, dan beberapa lainnya.

Apabila Bapak/Ibu berkenan, apakah saya bisa mengirimkan CV dan beberapa dokumen lainnya melalui WhatsApp secara langsung atau adakah rekomendasi seperti alamat email dan platform lainnya?”

Setelah mengirimkan pesan tersebut, tunggu pihak HRD atau perwakilan perusahaan membalas pesan.

ADVERTISEMENT

3. Kirim Berkas Lamaran dengan Tepat

Pihak HRD tiap perusahaan memiliki kecenderungan dan budaya kerja yang berbeda.

Ada yang mempersilakan pelamar mengirim dokumen lewat WA, ada pula yang mengharuskan melalui email.

Jika HRD meminta kamu untuk langsung menyertakannya lewat WhatsApp, maka pastikan nama file sudah sesuai permintaan (misalnya nama pelamar diikuti kode/tanggal memasukkan lamaran, dan lain-lain sesuai permintaan perusahaan).

Siapkan juga aplikasi PDF terbaik apabila nanti HRD memintamu untuk menyunting atau membubuhkan tanda tangan.

Periksa sebelum mengirimkan dokumen tersebut dan jangan biarkan ada satu pun yang kadaluarsa, sehingga tidak HRD kesulitan membukanya.

Ya, meskipun ada cara mendownload file kadaluarsa di WA, akan tetapi ketidaktelitianmu akan menambah nilai minus di mata perusahaan.

cara kirim lamaran kerja lewat wa

Bagaimana cara melamar kerja lewat WA selanjutnya? Usahakan untuk memberikan sematan subjek atau kata-kata penjelas seperti ini:

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *