Rest in Peace! 5 Produk Apple Pensiun Tahun Ini, 2023 Tinggal Kenangan

Nasikhun A. 17 Nov 2022 3 Menit 0

Mungkin bakal menjadi kabar sentimental untuk beberapa pengguna setia; sejumlah produk Apple tidak lagi diproduksi di akhir tahun 2022 ini.

Kejadian ini awalnya sudah diprediksi oleh ZDNET (6/1/2022), bahwa akan ada beberapa produk Apple yang bakal pensiun.

ZDNET membuat ramalan tersebut berdasarkan pola Apple yang sebelumnya, yakni di tahun 2021, dalam menghentikan penjualan beberapa produknya.

Produk-produk seperti iMac Pro, Apple TV 4K generasi pertama, Apple Watch Series 6, iPad mini 5th-gen hingga HomePod tidak lagi diproduksi di tahun 2021.

Dengan mengantongi data semacam historical analysis tersebut, ZDNET cukup yakin bahwa beberapa produk Apple lainnya juga bakal dihentikan pemasarannya tahun ini.

Di tahun 2022, produk seperti iPhone 13 Pro, Apple Watch Series 7, iMac 27 inci, Mac Pro, iPod touch generasi ke-7, masuk dalam daftar ZDNET.

Sepuluh bulan kemudian, seolah memvalidasi analisis ZDNET, MacRumors (9/11/2022) memberitakan bahwa lima produk Apple bakal dihentikan tahun ini, menyusul banyak produk baru lainnya yang telah rilis.

Apa saja produk yang bakal pensiun dan tidak lagi diproduksi Apple tahun ini? Berikut kami telah merangkum lima produk dan aksesori tersebut untuk kamu.

ADVERTISEMENT

1. iMac 27 Inci

produk apple berhenti beredar

MacRumors

Melansir dari laman MacRumors (8/3/2022) Apple menghentikan produksi iMac 27 inci tahun ini, menyusul launching-nya produk baru, yakni Mac Studio dan Studio Display.

Pasca berhentinya produksi iMac Pro tahun lalu, bersama dengan iMac 24 inci dengan chip M1, iMac 27 inci menjadi satu-satunya komputer desktop all-in-one yang dijual Apple dengan prosesor intel.

ADVERTISEMENT

2. iPod Touch

iPod Touch, berdasarkan pengumuman resmi Apple, dihapus dari website resmi Apple di bulan Juni 2022.

Alasan Apple menghapuskan iPod dari daftar penjualan resminya lantaran fungsinya sudah digantikan oleh perangkat lainnya seperti iPhone dan iPad.

iPod Touch adalah perangkat terakhir dari lini iPod yang diproduksi, dan sebenarnya sudah tidak update lagi sejak tiga tahun terakhir, yakni 2019.

ADVERTISEMENT

3. Apple Watch Edition

produk apple berhenti beredar

MacRumors

Berdasarkan berita yang ditulis di MacRumors (7/9/2022), Apple Watch – di hari yang sama dengan terbitnya berita itu, menghentikan produksi Apple Watch Edition.

Telah tersedia sejak 2015, yang berarti sekitar delapan tahun pasca produksi pertamanya, keberadaan Apple Watch Edition telah digantikan dengan Apple Watch Series 8 dan Ultra.

Untuk opsi luxury, Apple masih menawarkan Apple Watch Hermès dengan casing terbuat dari material unik seperti emas dan keramik.

ADVERTISEMENT

4. Apple TV HD

Selanjutnya, keberadaan Apple TV HD juga digantikan oleh produk yang lebih canggih, yakni Apple TV 4K gen 3 yang baru resmi launching di bulan Oktober tahun ini.

Alhasil, kamu tidak akan lagi menemukan TV HD yang diluncurkan sejak tahun 2015 di official store-nya Apple.

Penghentian ini didasari oleh rasionalitas bahwa Apple TV HD kurang ada dukungan resolusi hingga 2160p, HDR10 dan Dolby Vision, yang telah ada di Apple TV 4K.

5. Adaptor Daya 5W

produk apple berhenti beredar

MacRumors

Dengan alasan lambatnya pengecasan menggunakan adaptor 5W USB, produk ini tidak lagi masuk dalam kategori penjualan di toko resmi Apple.

Jenis adaptor 5W ini juga termasuk jadul, lantaran masih menggunakan jenis USB-A yang tidak mampu melakukan fast-charging.

Menurutmu, produk Apple di atas masih dibutuhkan atau tidak, sih? Atau dengan rilisnya produk-produk baru sudah cukup memenuhi kebutuhan pencinta Apple?

Jika ada pendapat, masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan ke meninggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di contact@tonjoo.com.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Gadgetatau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Predictions: Apple products that will be discontinued in 2022 – https://www.zdnet.com/article/apple-products-that-will-be-discontinued-in-2022/
  • Apple Discontinued These Five Products in 2022 – https://www.macrumors.com/2022/11/09/apple-discontinued-products-2022/
  • Apple Discontinues 27-Inch iMac – https://www.macrumors.com/2022/03/08/apple-discontinues-27-inch-imac/
  • Apple Discontinues iPod Touch – https://www.macrumors.com/2022/05/10/apple-discontinues-ipod-touch/
  • Apple Discontinues Apple Watch Edition – https://www.macrumors.com/2022/09/07/apple-discontinues-apple-watch-edition-2/
  • Apple Announces New Apple TV 4K With A15 Bionic Chip and HDR10+ for $129 – https://www.macrumors.com/2022/10/18/apple-announces-apple-tv-with-a15-and-hdr10-for-129/
  • Apple’s Slowest iPhone Charger No Longer Available in Some Countries – https://www.macrumors.com/2022/08/15/apple-5w-iphone-charger-sold-out-some-countries/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *