Nokia C12 Seharga Satu Jutaan Anti Air, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

Nasikhun A. 19 Jan 2023 2 Menit 0

Membuka tahun 2023, Nokia merilis ponsel terbaru yakni Nokia C12 yang bakal semakin melengkapi portfolio ponsel series C, bersama dengan Nokia C31 dan C21 Plus.

Ponsel ini hadir dengan memperkenalkan Android 12 Go Edition yang memiliki fitur pendukung segmen entry level seperti membuka aplikasi tanpa download, sehingga hemat storage dan internet.

Selain itu, jenis Android ini digadang-gadang dapat menghemat penggunaan daya dengan cara membuat aplikasi yang sedang tidak digunakan otomatis hibernasi.

Lantas, seperti apa detil spesifikasi Nokia C12 yang seharga satu jutaan ini? Berikut ini ulasan dari segi estetika dan fungsi yang perlu kamu pertimbangkan!

ADVERTISEMENT

Kamera, Desain, dan Display

nokia c12

Nokia C12 didukung dengan kamera utama sebesar 8MP dan kamera depannya 5MP. Untuk kemapuan videografi, ponsel ini dibekali resolusi 1080p@30fps.

Dari segi ukuran, Nokia C12 memiliki dimensi 160.6 x 74.3 x 8.8 mm dengan berat 177 gram. Jadi cukup compact dan ringan untuk kebutuhan sehari-hari.

Ponsel yang memiliki tipe waterproof berupa splash resistant ini didesain dengan layar IPS LCD berukuran 6.3 inci dengan resolusi 720 x 1600px.

Dengan tingkat kepadatan pixel 278 PPI, secara fungsi layar sudah sangat cukup jika penggunanya adalah anak-anak sekolah, terutama untuk melakukan Zoom.

Untuk modelnya sendiri, Nokia C12 menawarkan tiga pilihan warna yakni Charcoal, Dark Cyan, dan Light Mint dengan tekstur permukaan ponsel yang elegan.

ADVERTISEMENT

Dapur Performa, Memory, dan Baterai

Meski termasuk ponsel entry-level, namun Nokia C12 ini memiliki performa GPU yang cukup handal, yakni menggunakan Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 + 4×1.2 GHz Cortex-A55).

Dilihat dari segi GPU-nya sendiri, Nokia C12 menggunakan IMG8322 yang memiliki base speed hingga 550 MHz dengan arsitektur PowerVR Rogue.

Ponsel ini dibekali dengan kapasitas RAM 2GB dan internal storage 64GB, sehingga penggunaan jenis OS Android 12 Go sangat berdampak dan membantu penggunanya.

Untuk baterainya sendiri, ponsel yang dikembangkan dan dipasarkan oleh HMD Global ini memiliki kapasitas baterai Li-Po 3000 mAh yang bisa diganti alias removable.

Apabila kamu tertarik membelinya di Indonesia, harganya mulai dari Rp1,9 juta. Kamu bisa menemukannya di marketplace atau gerai ponsel terdekat yang bisa kamu temukan.

Jika ada pendapat, masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa kamu sampaikan dengan meninggalkan pesan di kolom komentar atau email kami di contact@tonjoo.com.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita, Tutorial Android, iOSatau artikel lainnya dari Moch. Nasikhun Amin. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Nokia C12 specification, a small mobile phone on the Android 12 Go system, waterproof and dustproof, priced around 4,300 baht –
    https://time.news/nokia-c12-specification-a-small-mobile-phone-on-the-android-12-go-system-waterproof-and-dustproof-priced-around-4300-baht/
  • Nokia C12 – https://www.gizmochina.com/product/nokia-c12/
  • PowerVR GE8322 / IMG8322 – https://www.notebookcheck.net/PowerVR-GE8322-IMG8322-GPU-Benchmarks-and-Specs.426941.0.html
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *