Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone, Gunakan Tombol Ini

Hanif 24 Feb 2023 4 Menit 0

Ketika baru menggunakan iPhone, banyak yang belum tahu mengenai cara menghilangkan mode hening di iPhone. Mungkin banyak yang mencarinya di pengaturan ponsel.

Sebenarnya, tombol dering/hening berada pada sisi kiri iPhone. Tombol ini bisa digunakan untuk mengontrol bunyi yang diputar melalui speaker iPhone.

Tapi sebelum membahas letak tombol mode hening iPhone, mungkin belum pada mengetahui beda mode dering dan mode hening?

ADVERTISEMENT

Mode Hening dan Mode Hening pada iPhone

Mode dering dan hening adalah dua opsi suara pada iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol penerimaan panggilan dan notifikasi tanpa mengganggu atau mengganggu orang lain di sekitarnya.

Mode Dering pada iPhone

Mode Dering adalah mode standar di mana speaker iPhone akan berdering ketika ada panggilan atau pesan masuk. Saat mode dering aktif, ponsel akan berdering atau bergetar saat ada panggilan, pesan teks, atau notifikasi lainnya. Mode Dering dapat diatur untuk berdering atau bergetar, dan intensitas getaran juga dapat disesuaikan.

Mode Hening pada iPhone

Sedangkan Mode Hening adalah opsi untuk menghilangkan suara dari iPhone Anda sepenuhnya. Dalam Mode Hening, semua suara di iPhone, termasuk panggilan dan pesan masuk, tidak akan mengeluarkan suara atau bergetar. Namun, notifikasi tetap muncul di layar dan pengguna dapat memeriksa pesan atau panggilan yang masuk kapan saja nanti.

Kedua opsi ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda ingin mematikan suara iPhone, seperti saat rapat atau di tempat umum, namun tetap ingin menerima panggilan dan pesan masuk. Mode Dering dan Hening dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah pada iPhone, dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Mode Hening Lewat Tombol Silent

Sebenarnya, mematikan mode hening di iPhone 7 ke atas cukup mudah. Berbeda dengan ponsel android yang umumnya masuk ke mode hening melalui pengaturan atau tombol volume, iPhone memiliki tombol khusus untuk mengubah ponsel masuk dari mod hening ke mode dering.

Tombol ini disebut silent switch dan terletak di sebelah kiri iPhone, tepatnya di atas tombol volume. Setelah menemukan tombol silent switch, kamu bisa menggesernya.

  • Geser tombol ke arah depan/muka iPhone untuk mengaktifkan mode dering iPhone.
  • Geser tombol ke belakang iPhone untuk mengaktifkan mode hening/silent.

Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone

Begitulah cara mematikan mode hening di iPhone 11. Langkah di atas juga bisa digunakan sebagai cara mematikan mode hening di iPhone 8 ataupun semua iPhone 7 ke atas.

Alternatifnya, bisa juga dengan menggunakan Assistive Touch. Cara mematikan mod hening di iPhone dengan menggunakan Assistive Touch akan dijelaskan di bawah.

ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Mode Hening Lewat Assistive Touch

Assistive Touch adalah fitur bawaan pada iPhone yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu dengan mudah tanpa harus menggunakan tombol atau kontrol fisik pada perangkat iPhone.

Dengan Assistive Touch, pengguna dapat mengakses berbagai fungsi seperti Home, Siri, Control Center, Notifikasi, termasuk pengaturan mode hening. Sebelum bisa mengaktifkan mode hening dan dering menggunakan Assistive Touch, kamu harus mengaktifkan fitur Assistive Touch terlebih dahulu pada iPhone mu.

Cara mengaktifkan assistive touch dan menonaktifkan mode silent di iPhone 6 adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke pengaturan ponsel
  2. Pada bagian aksesibilitas, geser tombol untuk menyalakan “Assistive Touch”
  3. Tap tombol Assistive Touch di layar
    Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone - assistive touch -dr fone

    mengaktifkan Assistive Touch pada iPhone – sc: Dr. Fone

  4. Pilih Device > Mute
    Cara Menghilangkan Mode Hening di iPhone - assistive touch - mute -dr fone

    mute iPhone pada Assistive Touch iPhone – sc: Dr. Fone

Setelah Assistive Touch berupa tombol melingkar muncul di layar, kamu bisa membukanya dan menemukan ikon lonceng untung mengaktifkan mode mute (hening) atau dering.

Setelah nada dering aktif, kamu juga bisa mengubah nada dering sesuai keinginan. Sebelumnya kami sudah pernah membahas Cara Buat Nada Dering WhatsApp Ada Namanya di Android & iPhone.

ADVERTISEMENT

Mengatasi Mode Hening Tidak Bisa Dihilangkan Pada iPhone

Jika kamu sudah mengikuti cara di atas, tetapi iPhone tetap tidak bisa dinonaktifkan, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut.

1. Restart iPhone

Jika sistem ponsel tidak dimulai dengan normal, hal tersebut mampu menyebabkan fungsi mode silent tidak bekerja. Melakukan restart mampu mengembalikan masalah pada daya dan sistem sehingga masalah ini bisa teratasi.

Jika kamu menggunakan iPhone X atau yang lebih baru, kamu bisa menggunakan tombol samping dan volume up atau volume down secara bersamaan.

Namun, jika kamu memiliki iPhone 8 atau lebih lama, cukup tekan dan tahan tombol power. Aksi tersebut akan memunculkan pilihan untuk mematikan ponsel. Setelahnya, kembali tekan dan tahan tombol power untuk restart iPhone

2. Aktifkan Airplane Mode

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengaktifkan airplane mode. cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tombol silent switch yang bermaslaah untuk sementara.

KEtika masuk ke dalam Airplane mode, maka jaringan ponsel akan non aktif, sehingga kamu tidak bise menerima panggilan.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *