Cara Mengatasi Memori Penuh tanpa Menghapus Aplikasi di HP Samsung

Hanif 04 Dec 2023 3 Menit 0

Ketika ada notifikasi ‘Memori Penuh’ pada HP Samsung Anda, cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Samsung ini bisa membantu untuk mengatasinya.

Situasi ini bisa sangat mengganggu, terutama ketika Anda tidak ingin menghapus aplikasi atau foto yang berharga. Tapi jangan khawatir, ada solusi untuk masalah ini!

Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah memori penuh di HP Samsung tanpa perlu menghapus aplikasi favorit Anda.

Dari mengelola cache hingga memanfaatkan penyimpanan cloud, kami akan memberikan tips dan trik yang akan membantu Anda membebaskan ruang memori dan meningkatkan kinerja perangkat.

Jadi, mari kita mulai dan temukan cara untuk menjaga semua aplikasi Anda tetap terinstal sambil menjaga memori perangkat tetap lega.

ADVERTISEMENT

1. Menggunakan Samsung Smart Manager

Smart Manager adalah fitur yang tersedia pada beberapa perangkat Samsung yang memberikan gambaran umum tentang status baterai, penyimpanan, RAM, dan keamanan perangkat Anda.

Untuk membersihkan memori ponsel Samsung dengan menggunakan Samsung Smart Manager, ikuti langkah di bawah.

mengatasi memori penuh
  1. Buka Aplikasi Smart Manager
  2. Pilih menu “Storage”
  3. Tap “analyze”
  4. Tunggu beberapa saat hingga sistem mampu mendeteksi file yang tidak terpakai
  5. Tap “Delete Unnecessary File”

Selesai, dengan cara di atas, memori ponsel Samsung Anda bisa lebih lega. Dengan begitu, ponsel bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

ADVERTISEMENT

2. Memindah File Media ke Cloud atau SD Card

File di ponsel yang memakan memori cukup besar umumnya adalah foto dan video. Karenanya, menghapus foto dan video umumnya mampu membebaskan memori secara signifikan.

Namun, untuk file video atau foto tertentu, Anda mungkin tidak ingin menghapusnya. Tidak perlu khawatir, file atau video penting bisa disimpan ke SD Card atau diunggah ke cloud atau penyimpanan awan.

Berikut beberapa penyimpanan cloud yang bisa digunakan

  • Google Photos
  • Google Drives
  • One Drives
  • DropBox
  • IDrive

Google Drive sering direkomendasikan sebagai solusi penyimpanan awan karena beberapa alasan kuat.

Alasan paling utama adalah penyimpanan Gratis yang besar. Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB, yang dibagi ke Google Drive, Gmail, dan Google Foto.

Ini lebih besar daripada paket gratis dari penyedia penyimpanan awan lainnya.

Penyimpanan di Google Drive dapat diakses dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet, baik komputer, tablet, maupun smartphone. Hal ini sangat memudahkan pengguna yang perlu mengakses file mereka dari berbagai perangkat.

Google Drive memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif yang mudah dinavigasi oleh pemula, namun juga menawarkan alat yang canggih untuk pengguna tingkat lanjut.

Pengguna bisa memulai dengan paket gratis dan meningkatkan penyimpanan mereka sesuai kebutuhan. Google Drive menawarkan berbagai paket yang terjangkau, sehingga cocok untuk penggunaan pribadi dan bisnis dari semua ukuran.

Fitur-fitur ini menjadikan Google Drive sebagai opsi penyimpanan awan yang serbaguna dan mudah digunakan untuk berbagai macam pengguna, mulai dari perorangan hingga perusahaan besar.

Alternatif lainnya, bisa juga dengan memindah foto dari ponsel ke laptop.

ADVERTISEMENT

3. Menghapus Cache Aplikasi

Cara menghatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah dengan menghapus cache.

File cache adalah jenis file sementara yang digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi. Cache menyimpan data yang sering atau baru-baru ini diakses agar dapat dengan cepat diambil kembali ketika dibutuhkan.

Ada beberapa cera yang bisa dilakukan untuk menghapus cache pad ponsel Samsung. Salah satu caranya adalah dengan menghapus cache aplikasi.

Untuk menghapus cache aplikasi, maka perlu masuk ke pangaturan aplikasi terlebih dahulu.

  • tekan ikon tombol aplikasi dan tahan hingga muncul pilihan untuk membuka pengaturan aplikasi.
  • buka pengaturan > pengaturan aplikasi > pilih aplikasi
mengatasi memori penuh

Setelah pengaturan aplikasi terbuka, tap menu hapus data cache.

Hapus cache dari aplikasi yang banyak menggunakan cache untuk mendapatkan hasil maksimal. Jadi, jangan hanya satu aplikasi.

Nah, daripada ribet-ribet, sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Dengan aplikasi pembersih sampah, tidak perlu lagi menghapus memori ponsel satu persatu. Cukup dengan satu ketukan, aplikasi ini akan secara otomatis menghapus memori cache.

ADVERTISEMENT

FAQ

Bagaimana cara agar memori HP tidak penuh?

Selain memindahkan file foto dan video ke SD card maupun menghapus aplikasi yang tidak digunakan, hapus data cache dengan cara di atas.

Bagaimana cara membersihkan memori HP penuh?

Hapus aplikasi yang jarang digunakan melalui menu Settings > Apps > Manage Apps. Hapus cache aplikasi melalui menu Settings > Storage > Cached Data. Hapus file yang tidak penting, seperti foto, video, dan dokumen.

Kenapa file sudah di hapus tapi memori masih penuh?

Penyebabnya adalah data cache yang menumpuk. selain menghpus data cache, non aktifkan fitur auto download pada aplikasi seperti WhatsApp.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah memori penuh pada ponsel Samsung.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami bahas, mulai dari mengelola aplikasi, membersihkan cache, hingga memanfaatkan penyimpanan cloud, Anda dapat secara efektif membebaskan ruang memori di perangkat Anda.

Semoga dengan menerapkan metode-metode ini, memori ponsel Anda bisa menjadi lebih lega, sehingga kinerja ponsel menjadi lebih optimal dan pengalaman penggunaan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Ingat, menjaga kesehatan memori ponsel tidak hanya tentang menghapus file, tetapi juga tentang mengelola sumber daya secara cerdas. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan di kolom komentar. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintartekno.id seputar Android atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silahkan hubungi kami via admin@pintartekno.id


referensi:

  • Tips Hapus Cache di Perangkat Samsung!Memori Auto Lega – https://www.youtube.com/shorts/_VjztqRFZms
  • Cara memaksimalkan fungsi dan fitur Smart Manager pada smartphone Galaxy? – https://www.samsung.com/id/support/mobile-devices/how-do-i-maximize-smart-manager-functions-and-features-on-samsung-galaxy-smartphone/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *