Google Maps Update, Kini Immersive View Tampilkan Jalan dengan Lebih Detail

Hanif 30 May 2024 4 Menit 0

Pernah nyasar ketika menggunakan petunjuk dari Google Maps? Melalui Google Street View kini Anda bisa memastikan kalau jalan yang akan dilalui sesuai dengan kendaraan Anda.

Selain mencegah mobil masuk jalan kecil yang hanya bisa dilalui motor, Anda juga bisa memastikan jalan yang digunakan memang sesuai. Misalnya menggunakan jalan raya antar propinsi, alih-alih melewati jalan desa.

Selain, itu, ada juga pembaruan lain yang memudahkan pengguna mobil listrik hingga memudahkan untuk menemukan spot destinasi wisata. Simak pembaruan Google Maps pada awal tahun 2024 ini di bawah!

ADVERTISEMENT

Ketahui Rute Yang Akan Dilalui dengan Immersive View

Berencana untuk melakukan perjalanan jauh melalui jalan yang baru? Kini melalui Google Immersive View Anda bisa mengecek jalan yang akan Anda lalui terlebih dahulu.

Melalui tampilan Google Street View ini, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang akan dilalui, sehingga seolah-olah Anda berada di jalan ini.

Tekan tanda panah untuk bergerak mengikuti arah jalan yang akan ditempuh. Jadi, Anda bisa mengecek apa saja jalan ketika berbelok, atau apakah jalan yang akan dilewati memang sesuai dengan petunjuk arah belokan demi belokan.

google maps update

Gunakan penggeser waktu untuk merencanakan kapan harus berangkat berdasarkan informasi simulasi lalu lintas dan kondisi cuaca. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menghindari berkendara saat cuaca hujan atau lalu lintas padat.

Selain mengurangi kemungkinan tersesat, tidak perlu khawatir juga jika jalan yang Anda lalui ternyata hanya bisa dilalui motor. Namun sayangnya fitur ini belum tersedia untuk semua wilayah di Indonesia, ya!

ADVERTISEMENT

Pahami Sekitarmu dengan mudah Melalui Lens in Maps

Google Maps juga memudahkan Anda untuk memahami lingkungan sekitar begitu Anda tiba di suatu tempat, seperti saat Anda keluar dari stasiun dan perlu menyesuaikan diri. Bisa juga digunakan saat Anda menjelajahi lingkungan baru dan perlu menemukan kedai kopi terdekat.

google maps update

Lens in Maps (sebelumnya disebut Search with Live View) menggunakan AI dan augmented reality untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan cepat – baik saat Anda menjelajahi kota baru atau menemukan hidden gem yang tersembunyi.

Cukup ketuk ikon Lens di bilah pencarian dan angkat ponsel Anda untuk menemukan informasi tentang ATM, stasiun transit, restoran, kedai kopi, dan toko terdekat.

ADVERTISEMENT

Kini Google Maps menghadirkan lebih banyak informasi mengenai kondisi jalan, seperti kemacetan yang akan terjadi melalui kepadatan lalu lintas.

Selain informasi mengenai traffics, pembaruan warna pada peta navigasi juga melingkupi bangunan untuk merefleksikan dunia nyata dengan lebih akurat.

Dan di jalan raya, di mana beberapa tempat ada belokan tersembunyi yang membutuhkan manuver mengemudi yang paling sulit sering terjadi kini juga diliput oleh Google Maps.

Misalnya seperti jalan keluar yang menjengkelkan yang mengharuskan Anda menyeberangi beberapa jalur dengan cepat di jalan tol, Anda akan melihat detail jalur yang lebih baik untuk membantu Anda bersiap-siap.

google maps update

Tidak hanya navigasi di jalan raya, navigasi di dalam gedung tempat umum seperti mall pun juga mendapatkn sentuhan pembaruan.

Kini Anda bisa mengecek di lantai berapa outlet Starbucks berada melalui Google Maps. Ketika menampilkan peta gedung, akan muncul tombol angka untuk masing-masing lantai gedung.

ADVERTISEMENT

Temukan Pengisian Baterai Mobil Listrik dengan EV Information

Bagi pengemudi kendaraan listrik, cek ketersediaan tempat SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan listrik Umum) yang bisa Anda jangkau.

Baik saat Anda sedang dalam perjalanan darat, pergi ke kantor, atau melintasi kota, tidak ada yang lebih buruk daripada tidak tahu di mana Anda dapat mengisi daya di tengah perjalanan.

Bahkan dengan Android Auto yang terpasang di mobil, Anda juga bisa mengetahui sisa kapasitas baterai dan jarak yang bisa ditempuh. Dengan begitu Anda bisa mengetahui lokasi SPKLU sebelum kehabisan daya.

google maps update

Tidak hanya mengenai lokasi SPKLU, namun Google juga menampilkan detail informasi lain, seperti apakah pengisi daya kompatibel dengan kendaraan serta apakah pengisi daya yang tersedia adalah pengisi daya yang cepat, sedang, atau lambat.

Dan karena sekitar 25% dari semua pengisi daya di AS mengalami gangguan pada waktu tertentu, Anda juga dapat melihat kapan pengisi daya terakhir kali digunakan. Tidak ada lagi buang-buang waktu untuk mencari pengisi daya yang tidak rusak.

Informasi pengisian daya mobil listrik juga akan tersedia bagi developer melalui Google Maps Platform di API Places, sehingga perusahaan dapat menampilkan informasi stasiun pengisian daya mobil listrik secara real-time di situs web dan aplikasi mereka.

Temukan Inspirasi Aktivitas dengan Cara Baru

Ketika sampai di tempat baru, mungkin Anda masih belum tahu spot mana yang menarik untuk dikunjungi. Kini Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi di Google Maps untuk menemukan destinasi yang menarik di tempat tersebut.

Kini, saat Anda mencari di Maps untuk hal-hal spesifik seperti tempat terbaik untuk menemukan “animal latte art” atau “pumpkin patch with my dog,” Anda akan mendapatkan hasil foto pertama dari apa yang Anda cari.

Dengan daftar visual tempat ini, Anda dapat menemukan tempat baru yang sesuai dengan apa yang Anda cari. Cukup gulir hasil pencarian, ketuk foto untuk mengetahui lebih lanjut, dan navigasi di sana.

Cara baru untuk mencari di Maps ini mulai diluncurkan di Prancis, Jerman, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat minggu ini, dan kami akan memperluas ke lebih banyak negara lagi dari waktu ke waktu.

Ketika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, misalnya saat Anda mendapatkan libur akhir pekan dadakan, Anda akan segera melihat hasil pencarian yang lebih tertata.

Jadi, jika Anda berada di Tokyo, Anda dapat mencari “things to do in tokyo” untuk melihat saran tempat tematik seperti “anime”, “bunga sakura”, atau “pameran seni”. Ketuk tempat yang menarik minat Anda untuk mempelajari lebih lanjut, dan bahkan menyimpan pilihan ke dalam daftar jika Anda ingin memeriksanya nanti.

google maps update

Sebuah video Google Maps di ponsel menunjukkan seseorang yang sedang mencari “Things to do in tokyo”. Di antara hasil pencarian yang mereka terima, mereka menerima saran kegiatan yang dikelompokkan ke dalam tiga kelompok: Anime, Bunga Sakura, dan Pameran Seni.

Google Maps mengubah cara orang menjelajahi dan menavigasi, dan AI terus memainkan peran penting dalam menghadirkan pengalaman inovatif bagi orang-orang di seluruh dunia.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan di kolom komentar. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintartekno.id seputar PC&Laptop atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silahkan hubungi kami via admin@pintartekno.id


Referensi

  • New Maps updates: Immersive View for routes and other AI features – https://blog.google/products/maps/google-maps-october-2023-update/
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *