Cara Kirim Pengaduan PLN Lewat WhatsApp dan Aplikasi agar Cepat Direspon!

Anisa 10 Dec 2022 4 Menit 0

Demi memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan, Perusahaan Listrik Negara pun akhirnya membagikan solusi paling tepat dengan cara kirim pengaduan PLN lewat WhatsApp.

Keputusan tersebut diambil agar masyarakat mengetahui apa yang harus segera dilakukan setelah terjadi beberapa masalah atau gangguan pada listrik.

Nantinya masyarakat dapat memanfaatkannya untuk beragam kepentingan seperti matinya meteran listrik, tegangan listrik mendadak turun (SAG), voltase yang naik dratis tanpa diketahui penyebabnya (power surge), dan lain-lain.

Lalu bagaimana nih langkah-langkah yang paling tepat mengadu ke PLN?

Kontak Resmi PLN

Kontak resmi PLN dapat diakses oleh pelanggan melalui WhatsApp, nomor telepon, @pln_123 (Twitter), pln123_official (Instagram), PLN 123 (Facebook), pln123@pln.co.id (email) dalam waktu 24 jam.

Selain nomor dan akun di atas, melalui situs resminya, PLN juga tak lupa menyediakan laman khusus Pelanggan bernama LAYANAN ONLINE.

Lewat layanan tersebut, pelanggan dapat mengajukan opsi untuk memasang listrik baru, ingin mengubah daya, memperbaiki sambungan listrik sementara, pengaduan gangguan listrik, melakukan transaksi, dan mencari informasi seputar tagihan & token listrik terbaru.

Selain nomor di atas, kamu wajib berhati-hati terhadap modus penipuan dan tindak kejahatan yang mengatasnamakan PLN ya. Sebab, pihak PLN tidak akan sembarangan meminta uang apalagi menggunakan nomor tak resmi untuk menghubungi customer.

Cara Melakukan Pengaduan PLN lewat WhatsApp

Jika kamu ingin mengirimkan pengaduan ke PLN melalui WhatsApp, maka paling tidak harus menyiapkan terlebih dahulu foto pendukung atau menceritakan masalah listrik yang dihadapi.

Contoh memotret stan meter atau meteran dan menyiapkan nomor kWh terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga harus bersabar bila memilih WhatsApp untuk menghubungi layanan PLN melalui WA. Pasalnya, akun ini merupakan Chat Bot PLN yang bekerja secara otomatis alias tidak dikendalikan langsung oleh seorang admin.

Nah, beginilah cara pengaduan PLN lewat WhatsApp dengan benar agar mesin bot tidak salah dalam memberikan respon!

  1. Buka WhatsApp dan klik ikon pesan atau New Message (Pesan Baru)
  2. Kemudian pilih Kontak Baru dan tambahkan nomor +62812-2123-123
  3. Setelah disimpan, silakan chat nomor tersebut dengan mengetikkan “Halo, selamat siang PLN”
  4. Bot pun akan menjawab dengan menyediakan beberapa opsi pengaduan yang diinginkan.
  5. Silakan ketik 2 untuk mendapatkan menu lengkap lainnya
  6. fitur pengaduan melalui dua menu. Di sini silakan pilih nomor 2
  7. Lanjutkan untuk mengikuti panduan dari PLN berikutnya

Informasi penting:Perlu kamu ketahui jika pengaduan melalui WhatsApp saat ini telah dialihkan ke aplikasi PLN Mobile, sehingga para electriczen (sebutan untuk pelanggan PLN) harus segera beralih untuk mendapatkan fitur dan layanan terpadu yang komplet.

Ditambah lagi layanan swaCAM di PLN 123 juga sedang dalam masa antrian yang memerlukan waktu tidak sebentar.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan PLN Mobile, langsung saja download aplikasinya melalui Google Play Store dan Apple Store.

Ada banyak hadiah yang bisa kamu dapatkan seperti diskon pembelian, cashback, undian, rewards, dan tanpa biaya admin.

Cara Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Nah, karena pengaduan WhatsApp sudah dialihkan ke aplikasi, kamu juga harus tahu nih cara menggunakan PLN Mobile.

Eits, pastikan kamu menggunakan android di atas 7.0 atau gunakan beberapa cara untuk mengatasi lemot di HP android supaya aplikasi dapat berjalan maksimal.

Catat ya, ini dia cara menggunakan aplikasi PLN Mobile, sebuah layanan untuk mengadukan adanya gangguan listrik dan semua yang berkaitan dengan listrik!

  1. Buka Play Store dan Install PLN Mobile atau bisa klik melalui link yang dikirimkan oleh chat bot di WhatsApp
  2. Setelah proses pemasangan selesai, buka aplikasi dan daftarkan akun menggunakan email, password, dan nomor telepon atau bisa juga masuk menggunakan akun Google.
    cara menghubungi pln lewat wa

    source: Goomell Tube

  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
    cara pengaduan ke pln lewat wa

    source: Goomell Tube

  4. Setelah itu klik Masuk dan lengkapi profil kamu dan klik Simpan

    cara pengaduan pln mobile

    source: Goomell Tube

  5. Masuk ke beranda utama dan pilih Pengaduan untuk mengadukan adanya gangguan listrik di rumah
    cara pengaduan pln lewat telepon

    source: Goomell Tube

  6. lalu pilih menu yang sesuai dan klik Kirim. Ingat ya, jangan mengklik Tidak bila kamu enggan untuk membatalkan pengaduan.
    cara menghubungi pln lewat wa online

    source: Goomell Tube

Pengaduan pun masuk dan akan segera diproses oleh sistem. Kamu hanya perlu menunggunya sebentar dan mendapat notifikasi lewat aplikasi PLN Mobile tersebut.

Kelebihan Menghubungi PLN via WhatsApp

Dengan menelepon atau mengirimkan pesan melalui nomor resmi PLN, pelanggan akan mendapatkan pengalaman nyata dalam memanfaatkan layanan yang disediakan oleh PT PLN.

Pelanggan juga bebas memilih menu atau layanan sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi, sehingga masalah cepat terselesaikan.

Keunggulan lainnya dapat kamu rasakan sebagai berikut:

Terhindar dari Penipuan

Dengan memilih cara pengaduan PLN lewat WhatsApp, berarti kamu sedang menyelamatkan diri sendiri dan keluarga dari modus penipuan.

Ya, di luar sana masih ada saja oknum yang mengaku-ngaku sebagai petugas PLN, kemudian memeras bahkan mencuri barang milik pelanggan.

Ciri-ciri petugas resmi PLN sebagai berikut:

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *