5 Cara Membuat Link WhatsApp Sendiri, Bisa Langsung Chat Tanpa Ribet!

Anisa 08 Nov 2022 3 Menit 0

Bagaimana cara membuat link WhatsApp agar bisa langsung chat tanpa harus menambahkan nomor secara manual? Nah, sekarang kamu bisa memilih beberapa metode.

Mulai dari menggunakan wa.me seperti anjuran official WhatsApp, pakai software generator, dengan cara manual, dan beberapa trik lainnya.

Eh, memangnya se-worth it itu ya memasang link WhatsApp di media sosial? Tentu saja. Bagi pelaku bisnis yang ingin melayani konsumen, memperkenalkan produk lebih dalam, dan aktivitas usaha lainnya pasti menggunakan link WA.

Nah, agar lebih jelasnya, kita cari tahu dulu yuk kegunaan dan langkah-langkahnya!

ADVERTISEMENT

Pada umumnya link WhatsApp memang digunakan oleh sebagian besar pelaku bisnis, terutama online shop (olshop) dan e-commerce yang ingin selalu terhubung dengan pelanggan-pelanggannya.

Link WhatsApp biasanya dicantumkan atau ditempel di bio/profil Instagram, fanspage Facebook, header atau banner YouTube, akun TikTok, dan media sosial lainnya yang berpotensi mengundang pelanggan baru.

Mengapa penting mencantumkan link WhatsApp?

  • Supaya pembeli atau pelanggan terhubung langsung ke chat room penjual
  • Sebagai sarana komplain atas produk dan barang yang dijual
  • Mencegah adanya tindak penipuan oleh oknum tak bertanggung jawab
  • Untuk mengundang peserta sebuah acara seperti seminar, greeting, meeting, dan beberapa event lainnya, baik resmi maupun tidak

Jadi, sekali pengunjung mengklik tautan WhatsApp tersebut, mereka akan dialihkan ke chat WA secara langsung oleh sistem. Entah mereka mengaksesnya lewat android, iPhone, maupun lewat Web.

ADVERTISEMENT

Beginilah tutorial lengkap cara membuat link WhatsApp yang kami rekomendasikan bagi kamu para pemula. Cepat, ringkas, dan langsung bisa ditempel di akun media sosial lainnya!

ADVERTISEMENT

Mengapa disebut umum? Karena jenis link WA yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha, pemilik olshop, dan beberapa pihak guna melancarkan kegiatan bisnisnya.

Selain itu, opsi pertama ini juga direkomendasikan oleh pihak WhatsApp secara resmi melalui laman mereka FAQ mereka.

Pengguna hanya diminta untuk mengikuti format https://wa.me/<nomor WhatsApp yang aktif> kemudian bagian nomor dapat diisi dengan tidak menyertakan angka 0 di dalamnya serta hilangkan tanda kurung pembuka dan penutupnya.

Contoh: nomor WA kamu 0813366789987, kemudian ingin dibuat URL WhatsApp. Jadilah https://wa.me/62813366789987

Mengapa angka 0 diubah menggunakan 62? Karena angka 62 merupakan kode Indonesia dalam format Internasional.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya membuat link WA dengan isi pesan. WhatsApp sendiri juga telah menambahkan informasi perihal ini bagi pengguna agar tampak seperti layanan profesional.

Caranya juga mudah, pengguna hanya perlu menambahkan parameter teks di dalam link WA tersebut dan bubuhkan kata atau pesan yang diinginkan.

Link harus mengandung ASCII (American Standard Code for Information Interchange) karakter yang menggunakan %20 tanpa spasi. Langsung saja yuk kita coba!

Pertama, siapkan isi pesannya terlebih dahulu. Contoh: “Hai, bagaimana cara membayar produk ini?”. Setelah itu, langsung saja tambahkan pada nomor WA dengan rincian sebagai berikut:

https://wa.me/62813366789987?text=Hai,%20bagaimana%20cara%20membayar%20produk%20ini?

Dengan mengklik link tersebut, pelanggan dapat memulai obrolan di chat room penjual menggunakan pesan praisi yang dinilai lebih efektif.

Selain cara membuat Link WhatsApp pakai rumus seperti di atas, kamu juga dapat memanfaatkan software online milik pihak ketiga.

Tips ini terbilang paling cepat dan sat-set-sat-set, karena kamu tidak perlu memasukkan rumus apalagi menuliskan kode teks secara manual.

Lebih daripada itu, kamu hanya perlu memasukkan nomor WA kemudian klik “Get a Link” dan salin URL tersebut. Berikut deretan WA Generator yang kami rekomendasikan:

Beberapa generator WA yang kami cantumkan juga memberikan opsi bagi pengguna yang ingin menambahkan teks seperti tutorial pada 5.2. Hanya saja langkah-langkahnya lebih cepat.

Dengan adanya fitur baru WhatsApp yang lengkap dan kekinian, admin pengelola grup bisa membuat undangan lewat tautan lho!

Cukup ikuti langkah-langkahnya seperti yang kami tuliskan:

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *