Bagaimana Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11, Selamat Tinggal Notifikasi Penggangu!

Hanif 10 Jan 2024 3 Menit 0

Bagaimana sih cara menonaktifkan OneDrive di Windows 11? Tenang saja di sini akan dibahas caranya agar fitur Windows ini tidak muncul lagi.

Mungkin Anda kesal dengan notifikasi yang terus-menerus muncul dari OneDrive di Windows. Pasti tidak sedikit juga yang ingin sistem Windows nya dapat berjalan dengan lebih efisien tanpa adanya OneDrive di start up.

Padahal mungkin Anda sendiri tidak menggunakan layanan OneDrive. Tidak perlu khawatir, pada artikel ini kami akan membahas mengenai:

  • Cara stop update OneDrive backup
  • Cara unlink OneDrive
  • Cara disable OneDrive pada startup Wndows

Lansung saja, simak caranya di bawah ini.

1. Stop Update OneDrive

Jika sebelumnya sudah memasukkan akun microsoft dengan OneDrive, mungkin Anda tidak sengaja menggunakan fitur ini.

Sebenarnya ini adalah fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengamankan file penting. Namun bagi yang tidak menggunakannya mungkin ini cukup mengganggu.

Langkah-langkah ini digunakan untuk menghentikan atau menonaktifkan fitur pencadangan (backup) yang terhubung dengan OneDrive di Windows.

  1. Klik icon OneDrive di Windows tray pada samping task bar
  2. Buka OneDrive Setting dengan klik gear pada kanan atas panel
  3. Buka pengaturan update dengan membuka panel “back up” dan kemudian klik “manage backup”
  4. Klik “stop back up” atau set ke “off”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan menghentikan pencadangan file dari komputer ke OneDrive. Microsoft 365 atau Ms. Office

Pastikan Anda memahami konsekuensi dari tindakan ini sebelum melanjutkan, karena file yang tidak dicadangkan tidak akan tersedia di OneDrive Anda, kecuali jika Anda menghidupkan kembali pencadangan tersebut nantinya.

Mirip seperti langkah sebelumnya, ini perlu dilakukan bagi kalian yang sudah menghubungkan Windows dengan OneDrive.

One Drive yang terhubung ke Windows ini mampu memberikan fungsionalitas update otomatis antara folder di Windows dengan penyimpanan di OneDrive.

Namun, bagi yang tidak emnggunakan fitur ini, Anda bisa menonaktifkannya dengan mengikuti langkah di bawah.

  1. Klik pada ikon awan OneDrive atau ikon OneDrive itu sendiri. Jika ikon tersebut tidak tampak, Anda bisa mengklik pada “show hidden icons” di taskbar.
  2. Klik kanan pada ikon OneDrive dan pilih “Settings” atau “Pengaturan“.
  3. Dalam jendela pengaturan OneDrive yang muncul, pilih tab atau bagian “Account” (Akun).
  4. Pada bagian akun, cari opsi untuk melakukan unlink atau pemutusan tautan. Mungkin akan ada tombol atau pilihan bertuliskan “Unlink this PC” atau sesuatu yang serupa. Pilih opsi ini.
menonaktifkan onedrive di windows 11

Perlu diperhatikan setelah unlink Microsoft Office atau Microsoft 365, maka layanan penyimpanan awannya juga terputus.

Selesai begitulah cara unlink OneDrive dari Windows. Dngan cara ini OneDrive akan berhenti melakukan integrasi antara folder di Window dengan penyimpanan di OneDrive.

3. Disable OneDrive pada StartUp di TaskManager Windows

Terakhir cara ini mungkin kamu perlukan bagi yang ingin agar sistem Windows bisa berjalan degnan lebih efisien.

Cara ini bisa dilakukan baik bagi yang sudah pernah mendaftarkan akun OneDrive ke Windows ataupun bagi yang belum. Jadi, ketika baru menginstal Windows 11, Anda juga bisa melakukan hal ini.

Caranya cukup mudah, ikuti saja langkah di bawah ini.

  1. Buka task manager misalnya dengan klik kanan icon windows
  2. Buka tab “Startup” dan cari OneDrive.
  3. Klik kanan pada OneDrive dan pilih “Disable” untuk mencegahnya berjalan secara otomatis saat komputer dihidupkan.

Selesai begitulah cara untuk mendisable OneDrive pada StartUp Windows. Dengan cara ini Windows bisa berjalan tanpa memulai OneDrive pada awal menyalakan komputer.

FAQ

Bagaimana cara menonaktifkan OneDrive di laptop?

Nonaktifkan OneDrive pada Windows dengan mengubah pengaturan “stop update” OneDrive, kemudian lakuakan unlink OneDrive dari Windows, dan terakhir disable OneDrive pada startup Windows.

Apakah Microsoft OneDrive bisa dihapus?

Microsoft OneDrive bisa dinonaktifkan atau disable sehinga tidak berjalan pada sistem.

Kenapa OneDrive laptop penuh?

OneDrive memiliki kapasitas tertentu untuk menyimpan file, umumnya untuk akun gratis adalah 5GB. Jika file yang masuk ke OneDrive memiliki ukuran sebesar kapastias penyimpanannya, maka akan penuh.

Apa fungsi OneDrive pada laptop?

OneDrive berfungsi sebagai penyimpanan awan atau cloud storage, artinya file yang disimpan dalam folder tertentu akan diupload ke penyimpanan onedrive di Internet. ini berguna untuk backup file penting.

Apakah OneDrive bisa digunakan offline?

File yang sudah didownload di folder yang diintegrasikan ke OneDrive bisa diakses dan diedit secara offline. Update atau sinkronisasi akan dilakukan ketika komputer online.

Akhir Kata

Dalam artikel ini, kami telah membahas bagaimana cara untuk menonaktifkan OneDrive dari Windows.

Penghentian sementara atau bahkan permanen dari integrasi OneDrive dapat menguntungkan beberapa pengguna, terutama bagi yang kesal dengan notifikasi OneDrive yang cukup intrusif.

Ada juga yang memiliki kekhawatiran tentang penggunaan sumber daya komputer, atau hanya ingin mengatur penyimpanan data mereka dengan cara yang berbeda.

Ini bisa menjadi salah satu cara mempercepat Windows 10 dan 11 dengan mudah.

Terlepas dari apakah Anda memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan OneDrive, penting untuk terus menjaga keamanan dan privasi data Anda dengan bijak, dan mengelola penyimpanan dan sinkronisasi file sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang berguna dalam pengambilan keputusan Anda terkait dengan penggunaan OneDrive di Windows.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan di kolom komentar. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintartekno.id seputar Windows atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silahkan hubungi kami via admin@pintartekno.id


Referensi

  • How To Disable OneDrive On Your Windows 11 | Stop Syncing a Folder in OneDrive (NEW) – https://www.youtube.com/results?search_query=disable+one+drive
  • How To Disable OneDrive On Your Windows 10 | Stop syncing a folder in OneDrive – https://www.youtube.com/watch?v=cJ6m64dUPkM&t=45s
Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *