ASUS Perkenalkan Zenbook Pro 16X OLED (2023) & Vivobook Pro 16X 3D OLED, Makin Powerful dengan RTX A4000 Series

Hanif 05 Jan 2023 3 Menit 0

Pada event CES 2023, ASUS memperkenalkan beberapa laptop yang akan menjadi andalannya pada tahun 2023 ini, Zenbook Pro 16X OLED, Vivobook Pro 16X OLED, dan Pro Art Studiobook 16 3D OLED.

Event CES 2023 ini menjadi ajang berbagai brand dan pabrikan teknologi untuk menunjukkan inovasi produk terbaru dan produk yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Pada kesempatan tersebut, pabrikan laptop terkemuka dari Taiwan ini akhirnya menampilkan laptop Zenbook terbaru sekaligus yang paling powerful.

ADVERTISEMENT

Zenbook Pro 16X OLED – Apa Saja yang Baru?

Sekilas, seri Zenbook terbaru ini tidak terlihat berebeda dari seri Zenbook sebelumnya. Namun dari keyboard, ada perubahan konfigurasi keyboard yang membuatnya unik.

Alih-alih menggunakan keyboard yang menjadi satu dengan frame laptop, Zenbook terbaru ini menggunakan keyboard yang bisa terangkat. Mekanisme ini dinamai ASUS Active Aerodynamic System Ultra (AAS Ultra).

Tujuannya, aliran udara untuk pendinginan jadi lebih baik, sekaligus memperbaiki ergonomi keyboard.

ASUs zenboook pro 16x oled

Selain keyboard yang bisa terangkat, ASUS juga menyematkan dial di sisi kiri yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan aplikasi, misalnya ketika menggunakan Adobe Catalog. di sebelah kanannya ada haptic touchpad yang juga bisa digunakan sebagai ASUS NumberPad.

Beralih ke bagian display, Zenbook mengusung monitor 16 inch 3,2K LED Touchscreen dengan 120Hz Refresh rate.

Dengan teknologi OLED, warna yang ditampilkan tidak kalah cemerlang dibandingkan dengan layar IPS sekalipun.

ADVERTISEMENT

Zenbook Pro 16X OLED – Paling Powerful dengan Supernova SoM

Meski secara desain tidak banyak perubahan dibandingkan dengan generasi Zenbook sebelumnya, namun soal jeroan ada loncatan teknologi besar yang membuat Zenbook ini jauh lebih powerful.

Mulai dari Processor terbaru Intel CPU Onboard yang khusus didesain ASUS, motherboard laptop ini mengecil hingga 38%. sehingga memberikan ruang untuk pendinginan sekaligus GPU NVIDIA GeForce RTX 4000 series di dalamnya.

Teknologi CPU onboard ini disebut ASUS sebagai Supernova SoM (System on Module). Meski belum ada informasi resmi, kabarnya Asus menggunakan basis Intel Gen 13 Raptor Lake untuk teknologi Supernova ini.

Selain processor onboard yang lebih ringkas, untuk pendinginan ASUS juga beralih ke liquid metal compound untuk mendinginkan internal nya. Sehingga laptop bisa digeber dengan beban berat pada suhu yang lebih stabil.

Status “Zenbook paling powerful” juga didukung dengan 32GB LPDDF5X DRAM. Lebih dari laptop gaming, laptop ini cocok untuk penggunaan 3D rigging dan 4K video rendering.

ADVERTISEMENT

Asus Vivobook Pro 16X 3D OLED – Sensasi 3D tanpa Kacamata Khusus

Ada dua perangkat 3D tanpa kacamata, Asus ProArt Studiobook 16 3D OLED dan Asus Vivobook Pro 16X 3D OLED.

Keduanya menggunakan Asus Spatial Vision yang merupakan teknologi 3D OLED tanpa kacamata pertama di dunia.

Dengan menggunakan lensa lenticular khusus (“lenticular” biasa ditemui pada hologram/efek 3D yang ada pada Film DVD) dan teknologi eye-tracking camera untuk menciptakan gambar 3D autostereoskopis.

Teknologi ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan, jadi beralih antara tampilan 2D dan 3D bisa dilakaukan dengan mudah.

Layarnya memiliki rasio kontras 1.000.000:1, waktu respons 0,2 ms, dan tingkat refresh 120 Hz, merupakan sebuah peningkatan dari refresh rate 90 Hz pada generasi sebelumnya.

Belum ada informasi apakah layar nya mampu menampilkan semua konten 3D yang tersedia saat ini, tetapi ASUS menjanjikan ada aplikasi eksklusif untuk menonton film, bermain game, hingga mengerjakan model 3D mu sendiri.

Kedua perangkat akan memiliki GPU Laptop NVIDIA GeForce RTX 4000 Series, prosesor Intel Core i9 ke-13, dan sistem pendingin yang diperbarui untuk memungkinkan “daya desain termal 150W untuk dikeluarkan dengan aman”.

Vivobook Pro 16X 3D OLED akan memiliki RAM 64GB, jadi sudah dapat dipastikan ini akan menjadi laptop gaming yang bagus juga, jika Anda ingin membangun game selama hari dan memainkannya pada malam hari.

ADVERTISEMENT

Harga dan Tanggal Rilis Zenbook Pro 16X OLED & Vivobook Pro 16X 3D OLED

Asus belum mengungkap banyak mengenai harga dan kapan laptop terbarunya ini akan diluncurkan ke pasaran. Namin yang jelas, raksasa elektronik asal Taiwan ini berencana merilis laptop tersebut pada kuartal kedua tahun 2023.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Berita dan PC & Laptop atau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • Asus’ new Zenbook Pro 16X OLED has a Supernova inside – https://www.tomsguide.com/news/asus-new-zenbook-pro-16x-oled-packs-a-novel-new-supernova-cpu-design
  • Glasses-free 3D OLED displays among 2023 Asus laptops at CES -https://www.gadgetguy.com.au/glasses-free-3d-oled-displays-among-2023-asus-laptops-at-ces/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *