Moondrop MIAD01 Mobile Smartphone Dengan Audio HiFi

Hanif 04 Jun 2024 5 Menit 0

Kini ada kabar gembira bagi penggemar musik dan audio, karena Moondrop baru saja merilis MIAD01 sebagai mobile smartphone dengan kemampuan HiFi audio.

Ketika pabrikan ponsel banyak yang menghilangkan jack audio 3.5, Moondrop MIAD01 justru memiliki jack audio, 3.5 mm dan 4.4 BAL. Karenanya, bisa dibilang perangkat ini adalah perpaduan antara smartphone dan DAP (Digital Audio Player).

Jadi, bagi Anda yang memiliki headphone yang membutuhkan jack 4.4 BAL dan power tinggi, Moondrop MIAD01 bisa menjadi digital audio player sekaligus ponsel untuk mendengarkan musik.

ADVERTISEMENT

MIAD01 Ponsel Pertama Keluaran Moondrop

Bagi yang mengikuti dunia audio, brand Moondrop mungkin lebih dikenal dengan produk audionya. Bahkan produknya menjadi salah satu IEM danTWS terbaik yang ada di pasaran.

Namun kini brand audio asal China ini juga mengeluarkan seri ponsel dengan kemampuan Audio luar biasa yang disebut MIAD01.

moondrop miad01

MIAD sendiri adalah singkatan dari Mobile Internet HiFi Audio Device. Jadi, bisa dibilang perangkat ini memiliki kemampuan internet layaknya smartphone sekaligus kemampuan untuk memutar lagu layaknya Digital Audio Player atau DAP.

Dibekali dengan chip DAC (Digital Analog Converter) dari Cirrus Logic yang dilengkapi 6 layer audio circuit yang dibungkus gold sinking independent audio circuit shields, kualitas audio yang dikeluarkan perangkat ini tentu di atas smartphone biasa. Reviewer menyebutkan bahwa perangkat ini memiliki kemampuan audio setara DAP entry-mid range.

Jika DAP dengan sistem Android umumnya tidak memiliki konektivitas GSM, Moondrop hadir dengan sim tray. Tidak tanggung-tanggung, jariangan yang bisa digunakan perangkat ini juga mencakup 5G. Tentunya ini memungkinkan untuk streaming audio dengan kualitas tinggi.

Perangkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk menginstal aplikasi Android, namun karena perangkat ini menggunakan Pure Native Android System, maka Anda perlu mendownload Google Playstore secara manual sebelum bisa menginstal aplikasi pada perangkat ini.

ADVERTISEMENT

Desain Ala Gameboy, Ada Undakan untuk Menyimpan Chip Audio

Ketika pertamakali melihat ponsel HiFi ini, mungkin Anda mengiranya sebagai Gameboy. Wajar saja karena ada tonjolan di bagian atas ponsel ini yang membuuatnya berbeda dari ponsel pada umumnya.

Tonjolan pada bagian atas ponsel ini mnejadi tempat khusus untuk dual flagship DAC dari Cirrus Logic yang dilapisi gold sinking audio circuit shields. Audio yang diproses dari chipeset tersebut bisa langsung tersalurkan melalui output jack 4.4 mm BAL dan 3.5 mm single ended dari bagian atas undakan.

moondrop miad01

Undakan ini juga menjadi tempat untuk modul dual camera 64 MP dan 8 MP. Moondrop sendiri menyebutkan bahwa kamera ini “not good, but it works“.

Di samping kamera, ada grafis dengan text yang menonjolkan brand dengan kesan industrial atau nostromo-esque yang bisa ditemui di anime seperti Evangelion atau Gundam.

Ketika digenggam, undakan ini juga membuatnya lebih nyaman digenggam. Apalagi dengan tekstur plastik yang sedikit kasar, tidak perlu khawatir jatuh ketika menggenggam ponsel ini.

moondrop miad01

Secara keseluruhan, textur plastik dan warna dari perangkat ini memiliki juga unik. Warna abu-abu dan aksen orange pada tombol, menjadikan ponsel ini berbeda dari ponsel yang umum dijumpai di pasaran.

Meski begitu ketika melihat bagian depan terpampang display 6.7 inch AMOLED seperti ponsel high-end. Tidak tanggung-tanggung, resolusi yang diusung adalah 2460x1080p, membuatnya memiliki kerapatan pixel yang cukup tinggi, 400.99 PPI.

Layar dengan bezel yang tidak terlalu tipis maupun tidak terlalu tebal ini juga sudah curved. curved screen ini sudah selayaknya tren ponsel high-end yang kini juga banyak digunakan pada ponsel mid-range.

ADVERTISEMENT

Spesifikasi Moondrop MIAD01

Secara spesifikasi ponsel ini memiliki hardware yang oke punya, simak saja spesifikasi berikut!

  • Processor: Mediatek Dimensity 7050
  • RAM: 12 GB
  • ROM: 256GB UFS 3.1
  • Display: 6.7 inch AMOLED (2460×1080) 120 Hz
  • Kamera belakang: 64 MP + 8 MP
  • Kamera depan: 32 MP
  • Batterai: 5000 mAh
  • NFC: support
  • OTG support

Mengusung processor Mediatek Dimensity 7050 yang merupakan chipset yangbanyak digunakan untuk ponsel kelas menengah ke atas. Dikombinasikan dengan RAM 12 GB, tentunya tidak perlu khawatir lag ketika menjalankan aplikasi.

Selain mendukung jaringan 5G, ponsel ini juga hadir dengan NFC support, jadi Anda bisa benar-benar merasakan fungsionalitas penuh sebuah ponsel.

ADVERTISEMENT

Review Moondrop MIAD01

Ponsel ini terbilang nyaman digenggam, terutama dengan body plastik yang memiliki tekstur serta tonjolan di bagian atas.

Namun, mungkin ketika menggenggam ponsel ini secara horizontal dengan dua tangan anda bisa merasakan undakan.

Tombol-tombol dari ponsel ini memiliki kesan clicky dan responsif. Cukup oke untuk sebuah ponsel kelas mid-range.

moondrop miad01

Pure Native Android System – Bebas Iklan dan Bloatware

Perangkat ini menggunakan pure native Android System, sehingga ketika pertamakali unboxing Anda perlu menginstal playstore sebelum bisa login dengan menggunakan Google Management System.

Android yang digunakan sendiri adalah Android 13, dengan tampilan dan icon-icon khas Moondrop.

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *