Bocoran iPhone 16 Akan Gunakan Hole Punch, Smart Island jadi Mengembang

Mufid Hanif 17 Jan 2023 2 Menit 0

Bagian riset dan pengembangan dari seri Apple iPhone 15 kini mulai berakhir setelah kini ponsel tersebut mulai memasuki masa produksi.

Menurut informasi terbaru dari Howtoisolve, team internal Apple sudah mulai mengembangkan model iPhone 16 Pro.

Menurut laporan tersebut, Apple akan mengurangi “pill area” sebesar 50%, dengan begitu area display smart island akan mengembang semakin besar.

Howtoisolve melanjutkan, Apple sedang meriset teknologi FaceID di bawah layar selama beberapa tahun terakhir. Klaim lainnya, iPhone 16 akan mengenakan beberapa komponen di bawah layarnya.

Mengikuti regulasi Uni-Eropa, iPhone 16 akan menggunakan USB Type-C

Pada saat ini, Apple sedang mengerjakan solusi soal dua pengisian daya untuk seri iPhone 16. Salah satunya adalah pergantian untuk menggunakan USB Type-C agar produk ini bisa dijual di pasar Eropa. Kemungkinan lainya adalah tidak menggunakan port fisik, dan bergantung sepenuhnya pada MagSfe magnetic Wireless charging.

Howtoisolve membeberkan, kemungkinan bahwa iPhone 16 akan hadir tanpa port sanggatlah kecil.

Kembali ke iPhone 15, chip yang digunakannya adalah A17 Bionic Chip yang menggunakan teknologi 3nm proses yang diproduksi oleh TSMC.

Perbaikan utama pada chip tersebut bukan soal performa, namun pada pengurangan konsumsi energi dan memperpanjang umur baterai. iPhone 16 juga dikabarkan akan mengoptimasi umur baterai dan meningkatkan efisiensi ponsel.

Bicara soal memori, kapasitas penyimpanan memori iPhone 16 Pro tersedia mulai dari 256GB hingga maximum memory nya 2TB.

iPhone 16 akan menggunakan kamera depan model Hole Punch

Sumber lain juga memberikan rumor yang sama. Grapevine membeberkan bahwa Dynamic Island akan mengalami evolusi pada iPhone 16 Pro. Bukannya menggunakan desain dual-cutout seperti pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple akan meletakkan hardware FaceID di bawah display.

Hasil akhirnya, tampilan display hanya memiliki kamera selfie sebagai satu-satunya potongan. tentunya, ini akan membuat pengalaman menggunakan layar ponsel makin melegakan.

Seperti yang sebelumnya sudah dilaporkan, Apple akan membekali semua iPhone 15 model dengan menggunakan dynamic island berbentuk pill. Sebelumnya bentuk dynamic island ini sudah digunakan pada iPhone 14 Pro yang rilis tahun lalu.

Bentuk tersebut tidak akan ditemui pada iPhone 16. Rumornya, model iPhone yang akan dirilis pada 2024 ini akan menggunakan Dynamic Island yang berbeda.

Menurut bocoran dari Korea, Elec, teknologi Face ID yang dibenamkan di bawah layar ponsel untuk membuat tampilan layar lebih bersih. Teknologi ini akan diterapkan pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Bentuk Pill pada iPhone 14 Pro ini berperan sebagai pengisi ruang agar ruang antara kamera selfie dan kamera Face ID terisi.

Untuk mengatasi tampilan tersebut, Apple akan membenamkan semua hardware FaceID di bawah layar, sehingga hanya ada selfie camera yang nampak di layar ponsel.

Perlu diingat, teknologi ini akan pertama kali digunakan pada model iPhone 16 Pro, sebagaimana Dynamic Island hanya digunakan pada iPhone 14 Pro.

Namun, seperti tren teknologi iPhone lainnya, FaceID yang terletak di bawah layar ini bisa dipastikan hadir di iPhone 17 reguler.

Masih akan rilis tahun depan, simak terus update perkembangan rancangan iPhone ini.


Baca juga artikel menarik seputar teknologi di Pintar Tekno yang terkait dengan Gadgetatau artikel lainnya dari Mufid Hanif. Untuk informasi lebih lanjut atau kebutuhan lainnya, kamu bisa menghubungi kami melalui admin@pintartekno.id.


Sumber:

  • IPHONE 16 PRO SMART ISLAND WILL EXPAND: THE PILL AREA WILL SHRINK – https://www.gizchina.com/2023/01/16/iphone-16-pro-smart-island-will-expand-the-pill-area-will-shrink/
  • Rumor | Apple iPhone 16 Pro models to sport a hole punch thanks to under-display Face ID – https://www.notebookcheck.net/Apple-iPhone-16-Pro-models-to-sport-a-hole-punch-thanks-to-under-display-Face-ID.680837.0.html
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published.